PRABUMULIH, KS – Sebanyak 30 wartawan dari berbagai media yang biasa meliput di Kota Prabumulih mengikuti vaksinasi Covid-19, Kamis (4/3/2021). Vaksinasi ini dilakukan di Puskesmas Delinom Karang Raja Kecamatan Prabumulih Timur Kota Prabumulih.

Kepala Puskesmas Delinom Karang Raja, Prabumulih, H Nofrinain SST MSi mengatakan, setiap wartawan akan memperoleh dua dosis vaksin. Untuk penyuntikan dosis kedua, katanya akan dilakukan dua minggu kedepan.

“Sesuai prosedur menjalani vaksinasi, harus melalui beberapa tahapan. Peserta vaksinasi mendaftar secara online dan kalau manual membawa KTP untuk didata, kemudian ke meja dua untuk diperiksa screening kesehatan,” terangnya.

Pada tahapan berikutnya, lanjut Nofrinain, peserta mulai dilakukan penyuntikan dosis vaksin pertama. Lalu setelah disuntik, setiap peserta yang mendapat vaksin akan melewati masa observasi selama 30 menit.

Dia menjelaskan, masa observasi ini bertujuan untuk mengetahui reaksinya masing-masing. Sehingga, jika ditemukan ada yang mengalami reaksi bisa secepatnya ditangani.

BACA JUGA : Nadiem Makarim Targetkan Pembelajaran Tatap Muka Mulai Juli, Pakai Sistem Rotasi

BACA JUGA : 24 Wartawan di Lubukinggau Divaksin Dosis Pertama

“Setelah diperiksa dokter, ada tidaknya keluhan, maka harus menjalani observasi selama 30 menit terlebih dahulu dan setelah itu diberikan kertas tanda selesai vaksin dan diperbolehkan pulang,” tandasnya seraya menambahkan observasi dilakukan karena daya tahan masing-masing orang berbeda. (dn)

Tentang Penulis

Menginspirasi Berita Menggugah Fakta

Anda mungkin juga menyukai:

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *