JAKARTA, KS – Untuk menjaga kesehatan, ada berbagai cara. Salah satunya adalah dengan berolahraga.

Selain itu, menjaga asupan makanan, serta keseimbangan nutrisi juga perlu diperhatikan.

Penting untuk makan banyak buah dan sayur. Agar serat untuk tubuh terpenuhi.

Nah, ngomong-ngomong soal buah. Rupanya ada salah satu jenis buah-buahan yang kaya manfaat untuk tubuh, yakni buah Pisang.

Buah pisang mengandung karbohidrat yang diperlukan oleh tubuh yang berfungsi untuk melancarkan metabolisme tubuh. Dilansir dari laman boldsky.com, Portal media ini menemukan fakta menarik tentang buah Pisang, selain buah satu ini juga mengandung zat lainnya seperti serat, vitamin dan mineral.

Wah, apa saja ya kira-kira?

 

  1. Serat Tinggi

Pisang kaya serat yang akan membantu proses pencernaan kamu. Kalau kamu punya masalah sembelit, bagus banget nih konsumsi pisang.

  1. Menambah Energi

Buah pisang sangat mudah dicerna tubuh.

Kandungan gula dalam pisang bisa membantu menambah energimu.

Manfaat magnesium yang terkandung dalam buah pisang untuk tubuh juga sering dikaitkan dengan kesehatan tulang. Hal ini karena tubuh membutuhkan magnesium untuk membangun sel tulang yang baru. 

Manfaat magnesium juga berperan dalam membantu aktivasi vitamin D dalam mengatur kebutuhan kalsium dan fosfat guna menunjang pertumbuhan dan pembentukan tulang.

  1. Menyehatkan Jantung

Karena kaya serat, pisang bisa membantu mengendalikan kolesterol tubuh. Selain itu, mengkonsumsi pisang juga baik untuk menurunkan risiko penyakit kardiovaskular.

  1. Sangat Baik untuk Kehamilan

Selain memiliki rasa yang manis, pisang memiliki banyak manfaat untuk ibu hamil. 

  • Mencegah Sembelit

Untuk mengatasinya, Bunda dianjurkan untuk mengonsumsi serat sebanyak 25 hingga 30 gram per hari. Pisang bisa dipilih sebagai sumber serat harian, karena pada 1 buah pisang berukuran sedang terdapat sekitar 2.5 gram serat.

  • Meringankan Morning Sickness (meringankan mual dan muntah di awal kehamilan)

Pisang dipercaya bisa meringankan mual dan muntah, sebab mengandung vitamin B6. Selain itu, pisang juga mudah dicerna dan cukup mengenyangkan.

  • Menangkal Radikal Bebas

Asupan vitamin C yang dianjurkan untuk ibu hamil adalah sekitar 80-85 mg per hari. 

  • Menurunkan Risiko Bayi Lahir Cacat

Asam folat sangat dibutuhkan oleh ibu hamil untuk mencegah cacat lahir pada bayi, khususnya cacat pada tabung saraf dan otak. Hal ini biasanya terjadi di 3-4 minggu awal kehamilan pada ibu yang kekurangan asam folat.

Jadi, Bumil perlu mengonsumsi makanan yang kaya akan asam folat, seperti buah pisang. Untuk mengurangi resiko cacat pada tabung saraf janin, ibu hamil disarankan untuk mengonsumsi sekitar 400 mikrogram asam folat setiap harinya.

  • Meringankan Kram Kaki

Kalium di dalam pisang dapat membantu meringankan kram kaki yang cukup sering dikeluhkan oleh ibu hamil. Selain itu, kalium juga berperan untuk menjaga keseimbangan elektrolit dalam tubuh, serta membantu kerja otot dan saraf.

  1. Mengobati Anemia

Pisang banyak mengandung zat besi. Mengkonsumsinya secara teratur dapat memenuhi kebutuhan zat besi pada wanita. Dan menghindarkan dari resiko anemia.

  1. Menjaga Tekanan Darah

Kandungan potasiumnya dapat membantu menjaga kestabilan tekanan darah kamu.

Vitamin B6 yang terkandung dalam pisang juga berfungsi memperlancar sirkulasi darah dalam tubuh sehingga menghasilkan sel darah merah yang sehat. Pisang juga mengandung mangan yang membantu dalam proses pencernaan dan mencegah penyakit tulang.

  1. Meningkatkan Kekuatan Otak 

Buah pisang memiliki nutrisi yang penting bagi fungsi dan perkembangan saraf otak. Vitamin B6 juga berperan dalam produksi hormon serotonin, melatonin dan norepinefrin.

Makan pisang setiap hari dapat membantu kinerja otak anda. Selain itu juga bisa meningkatkan kekuatan hafalan loh..

 

Nah, sekarang sudah tahu apa saja manfaat pisang kan? Yuk, mulai tambahkan buah ini ke dalam menu harian atau camilan sehari-hari.

Selain nikmat dimakan langsung, buah ini juga bisa diolah menjadi salad, smoothie, jus, atau menjadi campuran Oatmeal.

(*)

Tentang Penulis

Menginspirasi Berita Menggugah Fakta

Anda mungkin juga menyukai:

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *