Home Nasional Lifestyle Viral Keluhan Pelayanan Puskesmas Prabumulih Barat, Dewan Angkat Bicara

Viral Keluhan Pelayanan Puskesmas Prabumulih Barat, Dewan Angkat Bicara

0
38
Wakil Ketua I DPRD Kota Prabumulih, H Ahmad Palo SE (Foto: dok/KSdotcom)
PRABUMULIH, KS – Wakil Ketua I DPRD Kota Prabumulih, H Ahmad Palo SE meminta Dinas Kesehatan (Dinkes) agar mengevaluasi pelayanan di setiap Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) di Kota Prabumulih.

Hal ini dikarenakan, buntut viralnya di media sosial (medsos) atas keluhan warga soal pelayanan kesehatan di Puskesmas Prabumulih Barat beberapa hari lalu.

Menurutnya, masalah ini harus mendapat perhatian serius karena menyangkut kelangsungan hidup dan keselamatan masyarakat. Terutama pengelolaannya harus lebih profesional.

“Apalagi dalam hal pelayanan kesehatan yang seharusnya hal ini tidak boleh terjadi. Untuk itu, kepada dinas kesehatan agar memanggil pihak Puskesmas Prabumulih Barat,” ujar Palo ketika dibincangi awak media, Rabu (13/10/2021).

Sekretaris Jenderal (Sekjen) DPW PPP Sumsel ini juga mengaku prihatin dengan kejadian tersebut.

“Tidak hanya Puskesmas Prabumulih Barat tapi kepala Puskesmas yang lain, agar pelayanan terhadap masyarakat itu harus maksimal,” terang dia.

Menurut Palo, tidak seharusnya petugas Puskesmas ataupun Rumah Sakit (RS) menganggap enteng pasien, apalagi dalam kondisi gawat darurat.

“Tidak boleh hal ini kembali terjadi, dokter tidak ada, pelayanan kurang baik seperti itu tidak boleh kembali terjadi,” katanya.

“Kami juga mau membahas mengenai APBD tahun 2022 karena nanti juga akan bertemu komisi I dengan dinas kesehatan, ini akan kami ingatkan lagi hal ini jangan sampai terjadi lagi,” tukasnya.

Seperti diketahui, viral pasien beberkan keluhan pelayanan di Puskesmas Prabumulih Barat, yang terjadi pada Minggu (10/10/2021) lalu.

Postingan akun Facebook bernama Desy Ketty mendadak viral di jagat dunia maya. Pasalnya, postingan tersebut menceritakan keluh kesahnya terhadap pelayanan di Puskesmas Prabumulih Barat yang dinilai acuh dan lamban saat menangani anaknya.

Dalam akunnya, Desy menyayangkan pelayanan oleh dua petugas pria dan wanita di Puskesmas Prabumulih Barat saat anaknya yang masih berusia 8 bulan sedang mengalami panas tinggi. Kedua petugas tersebut dinilainya sangat lamban dalam menangani pasien.

“Pengalaman aku pagi ini mohon pk ridho yahya, dinas kesehatan kepala puskesmas barat  perhatian nyo soal pelayanan di puskes barat pagi ini jam 5 aku ke puskes barat bawak anak aku umur 8 bulan oleh panas tinggi dan badanyo la bedejit dejit cak nak step sampe di puskes barat ado perawat lanang dengan perawat betino trus aku di suruh nunggu anak aku masih ku gendong sambil ku kompres dak lamo perawat lanang keluar lagi ngukur panas anak aku hasil nyo panas nyo 38 trus aku di suruh nunggu lagi sementaro anak aku la jat jit badan nyo la sekitar 20 menit nunggu keluar la perawat betino tadi sambil ngomong dak katek dokter yang biso di hubungi jadi kalu galak jam 8 pagi gek ngulang lagi trus ke b kompres nyo”

“denger itu emosi aku langsung naek langsung ku kato ke apo cak ini pelayannan masyarakat ni kalu soal di enjuk obat panas samo kompres la dari kemaren sangkan di bawak ni olh la jat jit takut kalu step kami ni datang olh nak mintak penangan jangan sampe step bukan cuma nk ngukur panas bae di perikso lagi idak jangan ke di perikso di pegang atau di suruh guling ke di tempat teduk lagi idak nah”

“mohon pak ridho,kepala puskesmas barat dengan dinas terkait perhatian nyo apo memang cak ini pelayanannyo mentang kami rakyat biaso laju dak di peduli ke samo sekali memang nyo katek dr jago apo di puskesmas barat tu yg uji melayani masyarakat 24 jam”

(dn)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here