Menu

Mode Gelap
Bongkar Kotak Amal Masjid di Perumahan Arda Prabumulih, Dua Pemuda Ditangkap Miris! 3 Tahun Dianggarkan Milyaran Rupiah, Gedung Baru PDAM Tirta Prabujaya Belum juga Difungsikan Viral Aksi Ojol Prabumulih Gerak Cepat Tambal Jalan Berlubang, Warganet Ramai Sindir Pemerintah Diduga Pengedar Narkoba, Aji Malik Ditangkap BNNK Prabumulih Nyaris Dihakimi Warga, Maling Motor di Gunung Ibul Prabumulih Ini Diamankan Polisi

Lifestyle · 13 Mei 2021 WIB ·

VIDEO: Hari Pertama Lebaran, Warga Prabumulih Ramai Ziarah ke TPU


 Tangkapan layar video Hari Pertama Lebaran, Warga Prabumulih Ramai Ziarah TPU Taman Baka, Kamis (15/5/2021). (Foto: Ist/KSdotcom) Perbesar

Tangkapan layar video Hari Pertama Lebaran, Warga Prabumulih Ramai Ziarah TPU Taman Baka, Kamis (15/5/2021). (Foto: Ist/KSdotcom)

PRABUMULIH, KS – Umat Islam memiliki kebiasaan melakukan ziarah kubur baik sebelum Ramadhan maupun hingga perayaan Idul Fitri. Tak terkecuali di Bumi Seinggok Sepemunyian ziarah kubur ini sudah menjadi tradisi.

Tradisi ziarah kubur masih dapat ditemui di sebagian besar daerah di Kota Prabumulih, seperti halnya di lokasi Tempat Pemakaman Umum (TPU) Taman Baka Kelurahan Wonosari dan TPU Kelurahan Muara Dua, Kecamatan Prabumulih Timur pada hari pertama perayaan Idul Fitri 1442 Hijriah, Kamis (13/5/2021). 

Tidak heran kebanyakan orang memanfaatkan lebaran pertamanya untuk datang berziarah bersama-sama. Beberapa anggota keluarga berbondong-bondong sejak siang, mengunjungi makam dan mendoakan sesepuh maupun orang tuanya yang sudah meninggal dunia.

Menurut juru jaga makam Kelurahan Muara Dua, Toni, tradisi ini sudah turun temurun dilaksanakan warga setempat khususnya dalam menyambut bulan suci Ramadhan maupun saat Hari Raya Idul Fitri.

“Kalau menjelang puasa atau hari pertama lebaran seperti ini, ada sekitar ratusan pengunjung yang datang ke pemakaman disini. Sebagian besar warga setempat, ada juga orang sini tapi tinggalnya di luar daerah,” terang Toni belum lama ini.

Meski para pengunjung tak begitu berdesakan, namun kata dia pihaknya selalu mengimbau untuk tetap menerapkan protokol kesehatan dan menggunakan hand sanitizer.

“Cukup ramai, tapi kami ingatkan kepada warga untuk tidak berdesakan dan menggunakan masker,” kata dia.

Pantauan di lapangan, berbagai lantunan doa dipanjatkan untuk keluarga yang telah meninggal dunia dan dikubur di pemakaman. Tidak kelewatan juga para peziarah juga melakukan perawatan makam keluarga mereka.

“Kesini ziarah dan berdoa yang rutin kami sekeluarga lakukan dengan membersihkan makam orang tua kami agar tidak cepat rusak,” ungkap Ferry, salah seorang warga yang tinggal di Perumnas GPI, Gunung Ibul Kota Prabumulih ini. (dn/ad)

Artikel ini telah dibaca 161 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

Gerakan Berbagi Sarapan Demokrat Prabumulih, Bagi-bagi Kebahagiaan Dimulai dari Pagi Hari

25 November 2022 - 13:43 WIB

Tiga Komisioner Bawaslu Prabumulih Tersangka Korupsi Dana Hibah Pilkada Rp 5,7 M

23 November 2022 - 16:20 WIB

Peduli dan Berbagi, Demokrat Prabumulih Salurkan Bantuan untuk Korban Kebakaran di Kelurahan Muara Dua

22 November 2022 - 19:10 WIB

Jumat Berbagi Door to Door, Demokrat Prabumulih Bersama Orsap Sasar Kelurahan Prabu Jaya

18 November 2022 - 21:29 WIB

Kejari Prabumulih Luncurkan Mobil Keliling Bantuan Hukum, Ini Sasarannya

15 November 2022 - 09:14 WIB

Keluarga Terpidana Korupsi KMK BRI di Prabumulih Kembalikan Uang Pengganti Rp 497 Juta

14 November 2022 - 19:39 WIB

Trending di Hukum dan Kriminal