Menu

Mode Gelap
Bongkar Kotak Amal Masjid di Perumahan Arda Prabumulih, Dua Pemuda Ditangkap Miris! 3 Tahun Dianggarkan Milyaran Rupiah, Gedung Baru PDAM Tirta Prabujaya Belum juga Difungsikan Viral Aksi Ojol Prabumulih Gerak Cepat Tambal Jalan Berlubang, Warganet Ramai Sindir Pemerintah Diduga Pengedar Narkoba, Aji Malik Ditangkap BNNK Prabumulih Nyaris Dihakimi Warga, Maling Motor di Gunung Ibul Prabumulih Ini Diamankan Polisi

Foto News · 26 Sep 2021 WIB ·

Taman Edu Agro Ekologi GIB Prabumulih, Dari Tempat Sampah Jadi Taman Edukasi yang Indah


 Taman Edu Agro Ekologi GIB Prabumulih, Dari Tempat Sampah Jadi Taman Edukasi yang Indah (Foto: Ist/KSdotcom) Perbesar

Taman Edu Agro Ekologi GIB Prabumulih, Dari Tempat Sampah Jadi Taman Edukasi yang Indah (Foto: Ist/KSdotcom)

PRABUMULIH, KS – Kekompakan yang dilakukan oleh warga serta pemerintah Kelurahan Gunung Ibul Barat Kota Prabumulih layak diacungi jempol. Dimotori oleh Lurah Gunung Ibul Barat, Joko Arif Trianto Amd mengubah tempat penuh sampah liar jadi taman wisata edukatif yang indah, Taman Edu Agro Ekologi.

Munculnya taman yang terletak di Lingkungan RW 03 RT 03 Jalan Pakjo Kelurahan Gunung Ibul Barat (GIB) Kecamatan Prabumulih Timur Kota Prabumulih ini memang tidak lepas dorongan dari pihak luar yang telah ikut berkontribusi untuk merenovasi taman Edu Agro Ekologi tersebut.

Salah satunya bantuan bahan material untuk renovasi taman yang diberikan pihak Yayasan E-Troopers Action Erick Thohir. Dalam kegiatan renovasi yang dilakukan lebih kurang satu minggu terakhir, telah dilaksanakan acara serah terima pada Sabtu (25/9/2021) pukul 16.00 WIB.

Hadir pada kesempatan itu, Manager Mutu E-Troopers Action, Muhammad Adriano beserta rombongan, Lurah Gunung Ibul Barat, Joko Arif Trianto Amd, para staf kelurahan, serta diikuti sejumlah ibu-ibu KWT GIB dan Ketua RT/RW setempat.

Selain itu, campur tangan dan ide-ide inovasi baru yang dilakukan Lurah Gunung Ibul Barat, Joko Arif Trianto Amd. Meski banyak aktivitas Pemerintahan Kelurahan yang dikerjakan, Arif ternyata masih punya waktu untuk peduli pada lingkungan di wilayahnya.

Bahkan beliau rela mendukung dana dan tenaga maupun mengajak pihak lain tanpa harus menggunakan dana APBD untuk membuat lingkungan yang penuh sampah menjadi tempat wisata yang indah dan nyaman.

Bukan hanya itu saja, Taman Edu Agro Ekologi yang ada diperuntukkan untuk anak-anak sekolah supaya bisa belajar maupun warga masyarakat supaya bisa terangkat ekonominya, terutama di saat pandemi Covid-19 seperti sekarang ini. Jiwa sosialnya sudah tumbuh dari kecil.

Bagaimana mengetahui konsep kerja Joko Arif Trianto, KSdotcom berkesempatan mewawancarainya:

Latar Belakang Muncul Taman Wisata Ini?

Saya melihat tempat ini, tidak terurus, sangat kotor, banyak sampah, orang buang sampah di sembarang tempat, juga di sepanjang parit ini. Padahal kalau ini dikelola dengan baik, itu bisa bermanfaat buat kita, pertama tempat ini jadi bersih. Lalu tempat ini bisa dijadikan tempat rekreasi atau suatu kegiatan positif lainnya. Dengan begitu otomatis sungai dibersihkan.

Kenapa Dinamakan Taman Edu Agro Ekologi?

Edu (edukasi) → Semoga dapat memberikan pendidikan, cara bercocok tanam, cara memelihara ikan, dan lingkungan, sampai dapat didirikan taman baca, dan posyandu untuk edukasi kesehatan.

Agro (agrowisata) –> Tak sekedar bercocok tanam tapi pusat kunjungan rekreasi keluarga terutama wilayah sekitar. Sehingga meningkatkan pendapatan sekitar baik UMKM, maupun sektor penunjang lainnya.

Ekologi –> Memanfaatkan lingkungan yang ada, dengan menjaga kelestarian dan keseimbangan lingkungan, sehingga tertata lingkungan yang bersih dan sehat

Bagaimana Mendesain Tempat Ini Jadi Wisata Edukasi?

Membangun sarana tanpa membangun pola pikir itu akan menjadikan tempat yang dibuat tidak akan bertahan. Jadi desain awal itu sendiri adalah membuat mindset dan pola pikir masyarakat sekitar dahulu. Baru ke sarana penunjang seperti taman. Yang dulunya parit, tempat pembuangan sampah, dan semak belukar.

Dana Pengembangan Dari Mana?

Sejauh ini banyak dilakukan gotong royong. Alhamdulillah, ketertarikan beberapa perusahaan atau yayasan sebagai donatur itu karena kekuatan gotong royong masyarakat sekitar. Mereka yang tertarik membantu.

Proses Taman Edu Agro Ekologi GIB Prabumulih dari semak belukar penuh dengan sampah, dan kini menjadi taman edukasi yang indah (Foto: Ist/KSdotcom)

Yayasan E-Troopers action yang lebih banyak kontribusi ke pembangunan fisik, selanjutnya selama kami berproses ada sedikit bantuan PT Perta Samtan Gas, Winro, RS Bunda, Inagri, Elnusa.

Untuk bibit, tanaman dan gerakan, ada juga dibantu Yon Zipur 2/SG, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Prabumulih, DKP, Disperta, dan BPBD.

Rencana Kedepan?

Semoga taman ini dengan kepengurusannya tetap kompak dan akan menjadi kebanggaan GIB, maupun Kota prabumulih, dan tidak tergantung dengan lurah maupun RT RW.

Harapan Kita Ke Depan?

Lebih banyak yang peduli dengan lingkungan, peduli dengan kegiatan yang positif, dan banyak lagi perusahaan yang dapat membantu taman ini.

Dengan membantu taman Insya Allah membantu ekonomi, sosial, dan pendidikan terutama bagi warga yang ada disekitarnya.

Visi Misi?

Pertama, lingkungan yang ada beda dengan yang lain. Untuk mendongkrak ekonomi warga sekitar supaya lebih terbantu UMKM-nya, berharap masyarakat disini bisa berhasil. Sebenarnya mereka punya potensi, bisa berkreasi, tapi mungkin belum menemukan alurnya, tidak bisa menyalurkan. Kita akan bantu disini, apa yang bisa masuk dari kreasi mereka, olahan makanan, olahan produk dan sebagainya.

Yang kedua, masyarakat ikut merasakan adanya Taman Edu Agro Ekologi ini. Dan yang tidak kalah penting menjadikan lingkungan bersih, sehat dan nyaman.

(*)

Artikel ini telah dibaca 649 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

500 Peserta Dewan Pengawas Syariah Hadiri Workshop Pra Ijtima Sanawi

29 September 2022 - 10:58 WIB

Pemkot Prabumulih akan Lakukan Pemecahan Rekor Muri Baksos Pelayanan Kesehatan Serentak

28 September 2022 - 09:25 WIB

Bantu Warga, Demokrat Prabumulih Sediakan Ambulance Gratis 24 Jam

28 September 2022 - 08:38 WIB

Perluasan dan Renovasi Masjid Ar-Rahman SMA Negeri 3 Kota Prabumulih

27 September 2022 - 17:27 WIB

Sayap Demokrat AMPD Bagikan Paket Sembako di Prabumulih

25 September 2022 - 11:57 WIB

Menengok Warga Penderita Kanker Tulang, Demokrat Prabumulih Beri Motivasi dan Santunan

24 September 2022 - 10:42 WIB

Trending di Politik