Menu

Mode Gelap
Bongkar Kotak Amal Masjid di Perumahan Arda Prabumulih, Dua Pemuda Ditangkap Miris! 3 Tahun Dianggarkan Milyaran Rupiah, Gedung Baru PDAM Tirta Prabujaya Belum juga Difungsikan Viral Aksi Ojol Prabumulih Gerak Cepat Tambal Jalan Berlubang, Warganet Ramai Sindir Pemerintah Diduga Pengedar Narkoba, Aji Malik Ditangkap BNNK Prabumulih Nyaris Dihakimi Warga, Maling Motor di Gunung Ibul Prabumulih Ini Diamankan Polisi

Empat Lawang · 17 Jun 2021 WIB ·

Susun Masterplan Smart City Pemkab Empat Lawang MoU Bersama UGM 


 Susun Masterplan Smart City Pemkab Empat Lawang MoU Bersama UGM  (Foto : Ist/KSdotcom) Perbesar

Susun Masterplan Smart City Pemkab Empat Lawang MoU Bersama UGM  (Foto : Ist/KSdotcom)

EMPAT LAWANG, KS – Dalam penyusunan Masterplan Smart City, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Empat Lawang, MOU bersama Universitas Gadjah Madah (UGM) Yogyakarta.

Bahkan tim dari UGM Yogyakarta datang langsung dan menjadi narasumber pada kegitan Forum Group Discussion (FGD) Masterplan Smart city dengan UGM, diruang rapat Madani, Kamis (17/6/2021).

Bupati Empat Lawang H Joncik Muhammad melalui PJ Sekda Empat Lawang Indra Supawi dalam sambutannya mengatakan, pada dasarnya tujuan Smart City ini untuk mengoptimalkan fungsi kota, dan mendorong pertumbuhan ekonomi serta meningkatkan kualitas hidup warganya dengan menggunakan teknologi pintar dan analisis data.

“Penerapan Smart City ini sendiri tidak lepas dari tantangan, baik dari sisi infrastruktur maupun keamanan,” ungkap PJ Sekda Empat Lawang.

Untuk mengatasi tantangan dan menerapkan Smart City ini lanjut mantan Camat Pasemah Air Keruh (Paiker) tersebut, ada beberapa tahapan penerapan solusi Smart City secara terarah dan optimal.

Solusi tersebut mencakup masterplan, implementasi hingga sosialisasi ke masyarakat. Maka dengan tahapan-tahapan tersebut, implementasi Smart City ini dapat berjalan dengan lebih optimal sehingga dapat membantu pemerintah menerapkan Daerah yang lebih cerdas dan berkelanjutan.

“Saya berharap dengan diadakannya kegiatan ini penerapan konsep Smart City benar-benar dapat diintegrasikan di Kabupaten Empat Lawang. Yaitu melalui FGD kegiatan Penyusunan Masterplan Smart City,” harapnya.

Sementara Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Empat Lawang Agus Rochaman Basuki mengatkan, kegiatan penyusunan masterplan smart city ini diharapkan dapat digunakan sebagai pedoman dan dasar, dalam pengembangan smart city di Empat Lawang.

Dengan begitu melalui kegiatan ini, Empat Lawang dapat melengkapi dan menindaklanjuti kajian-kajian sebelumnya. Serta dapat mendukung kebijakan, program dan kegiatan di Kabupaten Empat Lawang khususnya terkait dengan Pengembangan terwujudnya Smart City.

FGD Masterplan Smart City ini sambung Kadis Kominfo, bertujuan untuk menyusun grand desain dalam bentuk Masterplan Smart City Empat Lawang melalui pengembangan Infrastruktur cerdas yang memanfaatkan teknologi.

Serta Menciptakan Inovasi cerdas masyarakat dan membantu dalam membangun wilayah yang lebih berkelanjutan di bidang ekonomi, sosial, dan budaya.

” Dan Pemerintahan Kabupaten Empat Lawang mampu mempersiapkan serta mengimplementasikan konsep Smart City dengan baik sesuai dengan karakter dan potensi yang dimiliki,” ujarnya. (*)

Artikel ini telah dibaca 11 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

Ada Pungutan Biaya Perpisahan Siswa SD Rp 350 Ribu, Ini Respon Wawako Prabumulih

6 Juni 2022 - 19:00 WIB

Resmikan Pojok Baca Percha Leanpuri, Gubernur Sumsel : Harapan Kedepan Danau Shuji juga Ada Pocadi

4 Juni 2022 - 20:29 WIB

Kejari Sosialisasikan Nilai Kebangsaan bersama Disdik Prabumulih

27 Mei 2022 - 10:56 WIB

Disdik Prabumulih Sanksi Tegas Bagi Kepsek dan Guru Terlibat Praktek ‘Menjual Beli Kursi’

27 Mei 2022 - 10:35 WIB

Rapat Koordinasi Penggunaan Dana BOS oleh Kejari dan Disdik Prabumulih

23 Mei 2022 - 10:57 WIB

Danau Shuji Lembak Kembali Buka Saat Libur Lebaran

1 Mei 2022 - 14:45 WIB

Trending di Lifestyle