PERKARA tidur tepat waktu bukan hal mudah bagi sebagian orang. Sulitnya memejamkan mata untuk akhirnya tertidur lelap bisa disebabkan oleh berbagai kondisi. Dan sudah tentu setiap orang punya kondisi yang berbeda-beda. Meski begitu, masalah ini hendaknya gak dibiarkan begitu saja. Hanya karena sulit, bukan berarti kamu gak bisa mengubah kebiasaan begadang.

Nah, begadang ternyata berdampak buruk bagi wanita. Apa aja bahayanya? Pahami betul 5 bahaya sering begadang bagi wanita berikut ini. Usahakan stop kebiasaan begadang mulai dari sekarang.

1. Menyebabkan penuaan dini

Tidur yang cukup berada di kisaran durasi 8 jam. Jika terus begadang, waktu tidur yang kamu miliki berkurang. Selain rugi waktu, begadang juga menjadi penyebab penuaan dini.

Menurut studi yang dipimpin Dr. Elma Baron dengan Skin Study Center, orang yang kurang tidur cenderung menunjukkan tanda penuaan pada kulit dibanding dengan mereka yang punya waktu tidur cukup. Kalau mau pertahankan kulit wajah awet muda, mau gak mau kamu harus berhenti begadang.

2. Mempengaruhi Kesuburan

Kesuburan yang terganggu turut menjadi salah satu bahaya sering begadang bagi wanita. Hal ini berefek pada siklus menstruasi yang mulai gak teratur. Bukan hanya sekadar masalah haid, wanita yang hobi begadang setiap malam juga cenderung sulit punya anak jika dibanding dengan mereka yang menjaga pola tidur. Memang susah awalnya, tapi kebiasaan begadang ini mesti kamu coba hilangkan demi terjaganya kesuburan.

3. Rawan Obesitas

Studi yang dilaksanakan Professor Lora V. Hooper dari University of Texas Southwestern Medical Center membuktikan bahwa begadang tiap malam ada sangkut pautnya dengan obesitas. Ketika kamu begadang, mikrobiota pada usus ikut terpengaruh.

Hal tersebut sebabkan peningkatan asupan asam lemak serta penyimpanan lemak. Inilah yang memicu terjadinya obesitas pada tubuh.

4. Memicu Kanker Payudara

Sejauh ini, sudah banyak penelitian yang membuktikan bahwa kurang tidur dalam jangka panjang dapat meningkatkan resiko wanita terkena kanker payudara. Bisa dibilang gak ada alasan bagi kamu untuk ogah menetapkan pola tidur yang cukup.

Ketika mendapat istirahat berkualitas, besar kemungkinan kamu bangun lebih pagi. Berbanding terbalik dengan kurangnya tidur, wanita yang bangun lebih pagi memiliki resiko kanker payudara yang jauh lebih rendah.

5. Resiko pada Kehamilan

Bagi wanita yang sedang hamil, segalanya yang terkait dengan pola hidup sehat mesti dijaga. Gak terkecuali soal menyoal durasi dan kualitas tidur. Sebab wanita yang memaksakan diri buat begadang sehingga waktu tidur berkurang bisa mengalami masalah dalam persalinan. Selain itu, risiko keguguran dan lahir prematur juga termasuk efek yang disebabkan dari begadang.

Mengetahui dengan jelas bahaya sering begadang bagi wanita seolah memberi pesan tersendiri untuk kamu yang kerap melek hingga larut malam, bahkan hingga dini hari. Ini tentunya membuka kesadaranmu untuk mulai terapkan pola tidur yang cukup serta teratur.

Rasakan sensasi bangun tidur dengan tubuh dan pikiran yang lebih fresh saat meninggalkan kebiasaan begadang.

(*)

 

 

 

 

 

 

Editor : dhino
Sumber : IDN Times

Tentang Penulis

Menginspirasi Berita Menggugah Fakta

Anda mungkin juga menyukai:

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *