Menu

Mode Gelap
Bongkar Kotak Amal Masjid di Perumahan Arda Prabumulih, Dua Pemuda Ditangkap Miris! 3 Tahun Dianggarkan Milyaran Rupiah, Gedung Baru PDAM Tirta Prabujaya Belum juga Difungsikan Viral Aksi Ojol Prabumulih Gerak Cepat Tambal Jalan Berlubang, Warganet Ramai Sindir Pemerintah Diduga Pengedar Narkoba, Aji Malik Ditangkap BNNK Prabumulih Nyaris Dihakimi Warga, Maling Motor di Gunung Ibul Prabumulih Ini Diamankan Polisi

Empat Lawang · 5 Mar 2021 WIB ·

Selain HM Zahir Madjid, Ini 8 Nama Tokoh yang Diabadikan Menjadi Nama Jalan di Kabupaten Empat Lawang


 Selain HM Zahir Madjid, Ini 8 Nama Tokoh yang Diabadikan Menjadi Nama Jalan di Kabupaten Empat Lawang Perbesar

EMPAT LAWANG – Ternyata ada banyak tokoh bersejarah berasal dari wilayah Kabupaten Empat Lawang, yang namanya mengharumkan hingga dijadikan sebagai nama jalan untuk mengenang jasanya.

Salah satunya, Drs HM Zahir Madjid, nama salah satu tokoh bersejarah asal Kecamatan Muara Pinang Kabupaten Empat Lawang tersebut, kini ditetapkan sebagai nama jalan di wilayah daerah setempat.

Nama Drs HM Zahir Madjid disepakati menjadi salah satu nama jalan di wilayah Kecamatan Muara Pinang tersebut, karena dinilai telah berjasa atas berdirinya SMP Negeri 1 Muara Pinang dan SMA 1 Muara Pinang, Empat Lawang.

Camat Muara Pinang, Sapardi Najoly dikonfirmasi wartawan, Jumat (5/3/2021), membenarkan beberapa nama tokoh bersejarah di wilayahnya itu telah ditetapkan dan disepakati bersama untuk dijadikan sebagai nama jalan.

Menurutnya, penetapan nama-nama tokoh bersejarah tersebut telah melalui proses pengusulan oleh masyarakat, tokoh masyarakat, tokoh agama sejak lama.

“Ini sudah lama diusulkan, Alhamdulillah sekarang terealisasi,” katanya.

Penetapan nama-nama tokoh itu, lanjut dia merupakan sebuah penghormatan atau penghargaan bagi jasa-jasa yang sudah diberikan untuk kemajuan negeri, khususnya daerah di Kabupaten Empat Lawang.

“Satu poin penting adalah untuk mengingatkan pada anak cucu tepatnya generasi sekarang atas jasa para tokoh-tokoh bersejarah itu. Terutama, para penerus bangsa di wilayah desa Muara Pinang Baru ini,” terang Sapardi seraya menambahkan, nama-nama tokoh yang sudah ditetapkan tersebut akan segera disampaikan ke Dinas Perhubungan Empat Lawang.

Diketahui juga, selain nama Drs HM Zahir Madjid, ada beberapa nama tokoh bersejarah lainnya yang juga dijadikan sebagai nama jalan di wilayah Muara Pinang antara lain, Pangeran Abim, Pasirah Asy’Ari, Guru Among, Depati Anang, Pembarap Burhan, Pasirah Sani, Pasirah Yai dan Guru Romli. (*)

Artikel ini telah dibaca 17 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

Front LSM Ungkap Temuan BPK RI Senilai Rp 3,6 Miliar di Kabupaten Empat Lawang

12 Februari 2022 - 10:18 WIB

Dua Atlet Bulutangkis Empat Lawang Lolos ke Grand Final Gubernur Super Series Badminton

24 Juni 2021 - 22:15 WIB

Susun Masterplan Smart City Pemkab Empat Lawang MoU Bersama UGM 

17 Juni 2021 - 20:52 WIB

Pemkab Empat Lawang Ikuti Webinar Literasi Digital bersama Kementrian Kominfo

17 Juni 2021 - 20:48 WIB

Kapolda Sumsel Apresiasi Program Pol PP Desa

7 Juni 2021 - 17:44 WIB

SMSI Empat Lawang Susun Program Kerjasama dengan Kesbangpol

4 Maret 2021 - 10:17 WIB

Trending di Empat Lawang