Menu

Mode Gelap
Bongkar Kotak Amal Masjid di Perumahan Arda Prabumulih, Dua Pemuda Ditangkap Miris! 3 Tahun Dianggarkan Milyaran Rupiah, Gedung Baru PDAM Tirta Prabujaya Belum juga Difungsikan Viral Aksi Ojol Prabumulih Gerak Cepat Tambal Jalan Berlubang, Warganet Ramai Sindir Pemerintah Diduga Pengedar Narkoba, Aji Malik Ditangkap BNNK Prabumulih Nyaris Dihakimi Warga, Maling Motor di Gunung Ibul Prabumulih Ini Diamankan Polisi

Lubuklinggau · 23 Jul 2021 WIB ·

Rumah Sakit Penuh, Wali Kota Lubuklinggau Siapkan RS Khusus Pasien Covid-19


 Rumah Sakit Penuh, Wali Kota Lubuklinggau Siapkan RS Khusus Pasien Covid-19 (Foto: Ist/KSdotcom) Perbesar

Rumah Sakit Penuh, Wali Kota Lubuklinggau Siapkan RS Khusus Pasien Covid-19 (Foto: Ist/KSdotcom)

LUBUKLINGGAU, KS – Penyebaran virus corona saat ini semakin mengganas, setiap hari pasien terkonfirmasi positif dan pasien covid meninggal dunia di Kota Lubuklinggau terus bertambah.

Rumah sakit yang ada sudah tak mampu menampung pasien covid, tabung oksigen makin sulit dicari dan tenaga kesehatan mulai tumbang terpapar virus, hal ini membuat Walikota Lubuklinggau berupaya mendirikan rumah sakit khusus covid 19 di RSUD Petanang.

Penyebaran virus covid 19 di Kota Lubuklinggau semakin mengganas, saat ini kota lubuklinggau masuk kategori zona merah atau daerah beresiko tinggi. Pemerintah kota lubuklinggau dalam waktu dekat akan menyiapkan rumah sakit khusus covid 19 di RSUD Maha Prana di kelurahan petanang.

Pendirian rumah sakit khusus ini akan dikoordinasikan terlebih dengan aparat penegak hukum dan BPKP terkait anggaran agar tidak menimbulkan persoalan hukum dikemudian hari.

Walikota Lubuklinggau, H SN Prana Putra Sohe mengatakan, upaya pemerintah kota lubuklinggau dalam waktu dekat dan secara bertahap rsud petanang telah dilakukan survei dan kajian untuk dijadikan rumah sakit rujukan covid 19.

Dikatakan Walikota, hingga saat ini pemerintah kota lubuklinggau terus mengupayakan anggaran untuk rehab ringan dan rehab berat pada RSUD petanang, yang nantinya akan dilaksanakan oleh dinas PUPR, dan persiapan kelengkapan medis yang dilakukan oleh dinas kesehatan.

Saat ini Pemerintah Kota Lubuklinggau sedang melakukan upaya minta pendapat hukum dari BPKP dan aparat penegak hukum yakni kajari dan polres lubuklinggau, sehingga kegiatan tersebut nantinya tidak menimbulkan permasalahan dikemudian hari.

Walikota menjelaskan bahwa kota lubuklinggau saat ini sudah masuk kategori zona merah dan juga keterisian tempat tidur atau bor disemua rumah sakit yang ada dilubuklinggau sudah penuh sehingga masyarakat yang membutuhkan pelayanan diluar covid 19 terganggu .

Walikota juga menerangkan bahwa masyarakat saat ini membutuhkan oksigen dan bergejala yang harusnya dirawat dirumah sakit, namun karena rumah sakit sudah tidak tertampung sehingga mereka terpaksa melakukan isolasi mandiri dengan segala keterbatasan yang ada.

Dalam mewujudkan itu, Walikota berkomitmen pemerintah akan berusaha dengan maksimal dan dalam waktu secepat mungkin bekerja siang dan malam untuk menyelesaikan rumah sakit khusus covid 19 tersebut dalam waktu satu bulan akan selesai, dan apabila proses pendapat hukum cepat maka akan segera dikerjakan.

Walikota juga menerangkan bahwa bersama dirinya dan kapolres diikuti dinkes meninjau kesiapan Rumah Sakit Siti Aisyah membuat ruang isolasi covid khusus ibu hamil yg bisa menampung 8 pasien.

Walikota meminta agar direktur rumah sakit utk membuka kembali ruang isolasi dan segera merekrut dokter dan perawat utk menunjang operasional penambahan ruang tersebut.

Nanan mengakui saat ini banyak sekali tenaga kesehatan yang terpapar sehingga kesulitan bagi rumah sakit yang ada di kota lubuklinggau utk menambah ruang/tempat tidur utk pasien covid.

Nanan juga minta bantuan tenda darurat TNI dan telah terpasang 2 unit di RS siti aisyah dan rencananya 2 unit lagi akan di pasang di RSUD petanang tenda dari brimob petanang.

Tetapi dlm upaya ini seharusnya diikuti dengan kesadaran masyarakat yang tinggi juga utk mengikuti prokes yg selalu disosialisasikan pemerintah. (*)

Artikel ini telah dibaca 40 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

Pemeliharaan Jalan SP Priok-Rahma Lubuklinggau Belum Dilakukan, Kadin PUPR Sebut Rusak Akibat Faktor Cuaca

18 Mei 2022 - 19:41 WIB

Terpilih Secara Aklamasi “Elpan Black” Nakhodai Karang Taruna Lubuklinggau

14 Maret 2022 - 11:17 WIB

Jelang Porprov XIII Sumsel, Atlet Lubuklinggau Jalani Seleksi

26 Agustus 2021 - 22:42 WIB

Oknum Panitia BGL 2021 Jual Kupon, Kadispar : Itu Ilegal, Kalau Ada Laporkan ke Saya

27 Juli 2021 - 22:40 WIB

KPID Sumsel bersama SMSI Gelar Literasi Media

11 Juni 2021 - 10:48 WIB

Kejurda Tenis Meja Gubernur Cup, PTMSI Kota Lubuklinggau Kirim Dua Atlet 

5 Juni 2021 - 17:48 WIB

Trending di Lifestyle