Home Nasional Lifestyle Rifki Baday Didapuk Sebagai Narasumber Diklatsar Mapala SKY Ke-X YPP Prabumulih

Rifki Baday Didapuk Sebagai Narasumber Diklatsar Mapala SKY Ke-X YPP Prabumulih

0
23
Rifki Baday Didapuk Sebagai Narasumber Diklatsar Mapala SKY Ke-X YPP Prabumulih (Foto: Ist/KSdotcom)
PRABUMULIH, KS – Rifki Baday SH MKn, Tokoh Pemuda sekaligus Notaris Kota Prabumulih, didapuk menjadi narasumber seminar Pendidikan dan Latihan Dasar (Diklatsar) Mahasiswa Pecinta Alam (Mapala) SKY angkatan ke-X di Kampus YPP Kota Prabumulih.

Seminar Diksar Mapala SKY ke-X ini digelar pada Minggu (10/10/2021) sekira pukul 09.00 WIB, dengan mengulas tema ‘Tangguh dalam kemanusiaan, kuat dalam kebersamaan’.

Kegiatan tersebut juga dihadiri sejumlah calon anggota baru Mapala SKY serta para Dewan Pengurus Harian Mapala SKY YPP Prabumulih.

Dalam seminar ini, Rifki Baday menyampaikan tentang dasar kepemimpinan dalam organisasi pecinta alam. Dikatakan dia, pemimpin pada dasarnya adalah orang yang mampu menggerakan sumber daya (terutama manusia) untuk bekerja bersama untuk mencapai tujuan.

“Kemampuan seorang pemimpin dibuktikan pertama dari bagaimana dia mampu meyakinkan orang-orang yang dipimpinnya untuk memahami visi dan misi organisasi untuk kemudian mau bersama-sama mengupayakan tujuan organisasi tersebut,” ujarnya.

Ketua Majelis Pimpinan Cabang (MPC) Pemuda Pancasila Kota Prabumulih ini lebih jauh mengatakan, menjadi seorang pemimpin tentu harus memiliki visi jauh kedepan, dan sanggup mengadopsi perubahan.

Begitu juga, sambungnya, dalam melaksanakan pekerjaanya pemimpin sangat fleksibel dan tidak boleh kaku.

“Pemimpin inilah yang mendorong dan menggerakan orang lain agar mau bekerja sama mencapai tujuan yang telah ditentukan,” terang dia.

Fungsi ini penting, kata Rifki, sebab bagaimanapun juga baiknya perencanaan, tertibnya organisasi dan tepatnya penempatan orang dalam organisasi, belum berarti menjamin geraknya organisasi menuju sasaran dan tujuan.

Ia menambahkan, kepemimpinan sangat menentukan keberhasilan atas manajemen, dan lebih dari itu adalah menentukan keberhasilan administrasi.

“Ini berarti bahwa akan menentukan tercapainya atau tidaknya tujuan,” pungkasnya. (dn)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here