Menu

Mode Gelap
Bongkar Kotak Amal Masjid di Perumahan Arda Prabumulih, Dua Pemuda Ditangkap Miris! 3 Tahun Dianggarkan Milyaran Rupiah, Gedung Baru PDAM Tirta Prabujaya Belum juga Difungsikan Viral Aksi Ojol Prabumulih Gerak Cepat Tambal Jalan Berlubang, Warganet Ramai Sindir Pemerintah Diduga Pengedar Narkoba, Aji Malik Ditangkap BNNK Prabumulih Nyaris Dihakimi Warga, Maling Motor di Gunung Ibul Prabumulih Ini Diamankan Polisi

Lifestyle · 4 Jun 2022 WIB ·

Resmikan Pojok Baca Percha Leanpuri, Gubernur Sumsel : Harapan Kedepan Danau Shuji juga Ada Pocadi


 Resmikan Pondok Baca Percha Leanpuri, Gubernur Sumsel : Harapan Kedepan Danau Shuji juga Ada Pocadi (Foto: Ist/KSdotcom) Perbesar

Resmikan Pondok Baca Percha Leanpuri, Gubernur Sumsel : Harapan Kedepan Danau Shuji juga Ada Pocadi (Foto: Ist/KSdotcom)

MUARA ENIM, KS – Perhatian Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel), H Herman Deru dalam meningkatkan minat baca warganya memang harus diakui sangat tinggi. Selain langsung mengukuhkan Duta Literasi di Kabupaten Muara Enim, ia juga trengginas mendukung berbagai kegiatan demi menumbuhkan kemauan masyarakat untuk membaca.

Salah satunya adalah ditandai dengan diresmikannya pojok baca ‘Percha Leanpuri’ yang berada di destinasi wisata Danau Shuji Desa Lembak Kecamatan Lembak Kabupaten Muara Enim, Sabtu (4/6/2022) sekira pukul 14.00 WIB.

Kehadirannya di objek wisata bersejarah Bumi Serasan Sekundang kali ini, Gubernur Sumsel bersama Duta Literasi Sumsel, Hj Ratu Tenny Leriva yang tak lain putri bungsu Herman Deru. Serta didampingi oleh Pelaksana Harian (Plh) Bupati Muara Enim, Kurniawan AP MSi dan Komandan Kodim (Dandim) 0404/ME, Letkol Arh Rimba Anwar, S.I.P.,M.I.P.

Dan untuk mendukung meningkatkan minat baca di Kabupaten Muara Enim, orang nomor satu di provinsi Sumsel ini juga melaunching program Medali (Muara Enim Digital Library) dan Story Telling milik Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Muara Enim.

Gubernur Sumsel, H Herman Deru mengungkapkan meski terlihat sederhana peresmian pojok baca di Danau Shuji ini sebenarnya luar biasa. Karena tidak ada sesuatu yang besar tanpa melakukan langkah-langkah kecil termasuk upaya memperbanyak pondok baca seperti di Danau Shuji ini.

“Mudah-mudahan dengan adanya pondok baca disini bisa menambah dan membangun ilmu pengetahuan bagi pengunjungnya yang membaca. Dan melengkapi varian dari klaster-klaster wisata ini juga, iya dengan bersantai atau sambil makan mungkin bisa membaca,” katanya.

Oleh karenanya, Gubernur HD juga sangat mengapresiasi pengelola Danau Shuji yang telah berkontribusi terhadap pemberantasan masalah kurang informasi di kalangan warga.

“Kita berterima kasih sekali karena ini bisa menekan ‘penyakit’ kurang informasi di Sumsel dengan mendorong minat baca. Harapan kedepan di Danau Shuji ini juga ada Pocadi-nya (pondok baca digital),” harap Gubernur Sumsel.

Sementara itu, Plh Bupati Muara Enim, Kurniawan AP MSi juga menuturkan, peran perpustakaan dalam peningkatan kualitas hidup dan kesejahteraan rakyat adalah pendekatan inklusif kepada masyarakat dengan mendorong minat baca warga, seperti adanya pondok baca di lokasi destinasi Danau Shuji.

“Mudah-mudahan dengan adanya launching hari ini bisa bermanfaat bagi masyarakat khususnya di destinasi Danau Shuji ini,” tuturnya.

Sehingga, sambung dia, pojok baca tersebut mampu menjadi ruang terbuka bagi warga untuk memperoleh solusi dalam upaya meningkatkan kualitas hidup dan kesejahteraan tersebut.

“Kita ketahui Danau Shuji ini di tahun 2021 pernah mendapatkan penghargaan, otomatis ini menjadi kebanggaan bagi kita khususnya kabupaten muara enim. Kedepan kita juga owner bersama untuk melengkapi prasarana maupun sarana di destinasi ini,” tandasnya. (dn)

Artikel ini telah dibaca 28 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

SKK Migas-Pertamina EP LSKKimau Panen Raya di Muara Enim: Dukung Ketahanan Pangan Nasional

29 Juli 2022 - 14:22 WIB

Danrem 044/Gapo dan Bupati Muara Enim Tinjau Langsung Kinerja Satgas TMMD ke-113 Kodim 0404

3 Juni 2022 - 07:45 WIB

Pertamina EP Resmikan Stasiun Pengumpul, Tingkatkan Produksi Gas Hingga 15 MMSCFD

30 Mei 2022 - 23:41 WIB

Waaster Kepala Staf TNI AD Tinjau TMMD ke-113 di Ujan Mas Muara Enim

24 Mei 2022 - 18:10 WIB

Video Conference, Peresmian Sumur Bor Oleh KASAD di Desa Ulak Bandung Muara Enim

20 Mei 2022 - 08:14 WIB

Pertamina Berhasil Temukan Cadangan Migas Baru di Sumatera Selatan

9 Mei 2022 - 13:03 WIB

Trending di Muara Enim