Menu

Mode Gelap
Bongkar Kotak Amal Masjid di Perumahan Arda Prabumulih, Dua Pemuda Ditangkap Miris! 3 Tahun Dianggarkan Milyaran Rupiah, Gedung Baru PDAM Tirta Prabujaya Belum juga Difungsikan Viral Aksi Ojol Prabumulih Gerak Cepat Tambal Jalan Berlubang, Warganet Ramai Sindir Pemerintah Diduga Pengedar Narkoba, Aji Malik Ditangkap BNNK Prabumulih Nyaris Dihakimi Warga, Maling Motor di Gunung Ibul Prabumulih Ini Diamankan Polisi

Nasional · 15 Jun 2022 WIB ·

Rapat Paripurna DPRD Prabumulih Tak Penuhi Kuorum hingga Ditunda, Isu Berkembang ‘Kue Proyek’ Belum Terbagi


 Rapat Paripurna DPRD Prabumulih Tak Penuhi Kuorum hingga Ditunda, Isu Berkembang 'Kue Proyek' Belum Terbagi (Foto: KSdotcom) Perbesar

Rapat Paripurna DPRD Prabumulih Tak Penuhi Kuorum hingga Ditunda, Isu Berkembang 'Kue Proyek' Belum Terbagi (Foto: KSdotcom)

PRABUMULIH, KS – Rapat Paripurna pengesahan jadwal pembahasan RAPBD TA 2023 dan penyampaian nota pengantar Wali Kota terhadap pembahasan Laporan Pertanggungjawaban (LPJ) pelaksanaan APBD TA 2021 yang digelar di gedung DPRD Prabumulih, Rabu (15/6/2022), sedianya dilakukan 10.00 WIB dan dihadiri 25 anggota dewan.

Namun hingga dibukanya rapat sekira pukul 10.45 WIB, anggota dewan yang menghadiri rapat tidak memenuhi kuorum.

Berdasarkan pantauan PRsumsel, rapat paripurna hanya dihadiri oleh Ketua DPRD Sutarno SE dan Wakil Ketua I H Ahmad Palo SE. Sedangkan, 23 orang anggota DPRD lainnya diketahui tidak hadir.

Rapat akhirnya diskors sampai jadwal waktu yang belum ditentukan kembali setelah diskors atau ditunda dua kali.

Pertama diskors selama 10 menit pada pukul 10.55 WIB hingga 11.00 WIB.

Lalu diskors kembali selama 10 menit hingga pukul 11.10 WIB untuk menunggu anggota partai lain yang dapat bergabung.

Ketidakhadiran para wakil rakyat dalam rapat paripurna inipun berkembang isu karena disinyalir belum adanya kejelasan pembagian ‘kue proyek’ hingga banyak anggota legislatif tersebut tak hadir.

Dalam rapat paripurna, Wakil Ketua DPRD Prabumulih, H Ahmad Palo SE menjelaskan, paripurna baru dihadiri 2 orang, sehingga diskors sepuluh menit untuk menunggu terpenuhinya kuorum.

“Sebelum saya skors saya ingin membacakan ada tiga fraksi PBB, Fraksi Gerindra, Nasional Demokrat (Nasdem) yang juga tergabung di Fraksi PDIP sedang melaksanakan tugas partai melaksanakan kegiatan bimbingan teknis di Jakarta sehingga izin kepada pimpinan dan tidak dapat hadir dalam rapat ini,” ujarnya.

Senada disampaikan oleh Ketua DPRD Prabumulih, Sutarno SE yang menyebutkan sesuai aturan paripurna dijadwalkan dan digelar.

“Anggota dari tiga fraksi dan tiga partai ada tugas partai mengikuti Bimtek ke jakarta, PDI Perjuangan, Partai Gerindra dan Nasdem sementara lainnya menurut informasi izin,” ucapnya saat dibincangi awak media.

Terkait isu yang beredar ketidakhadiran anggota DPRD itu karena belum adanya pembagian ‘kue proyek’, Sutarno memilih tidak memberikan komentar. Sepengetahuan dirinya, kata dia, para dewan tidak hadir karena Bimtek dan izin sakit.

“Kalau hal-hal diluar aturan saya tidak tahu dan no komen, silahkan tanya langsung ke dewan yang tidak hadir,” tegasnya.

Sementara itu, Wali Kota Prabumulih Ir H Ridho Yahya MM juga mengaku tidak terlalu mempersoalkan. Karena, menurutnya, pihak eksekutif sejauh ini sudah melalui atau sesuai dengan aturan yang diberlakukan.

“Kita diundang dan kita datang, masalah dia tidak kuorum tanyakan sama kawan unsur pimpinan dewan,” tuturnya.

“Kita juga akan buat surat ke Gubernur dan ke Mendagri bahwa kita sudah datang dan tidak kuorum, nanti kalau sampai pertengahan Agustus belum juga kuorum akan kita lampirkan kami sudah memberitahukan kepada dewan dan mohon petunjuk kepada pak gubernur dan Mendagri,” bebernya. (dn)

Artikel ini telah dibaca 62 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

Gerakan Berbagi Sarapan Demokrat Prabumulih, Bagi-bagi Kebahagiaan Dimulai dari Pagi Hari

25 November 2022 - 13:43 WIB

Tiga Komisioner Bawaslu Prabumulih Tersangka Korupsi Dana Hibah Pilkada Rp 5,7 M

23 November 2022 - 16:20 WIB

Peduli dan Berbagi, Demokrat Prabumulih Salurkan Bantuan untuk Korban Kebakaran di Kelurahan Muara Dua

22 November 2022 - 19:10 WIB

Jumat Berbagi Door to Door, Demokrat Prabumulih Bersama Orsap Sasar Kelurahan Prabu Jaya

18 November 2022 - 21:29 WIB

Kejari Prabumulih Luncurkan Mobil Keliling Bantuan Hukum, Ini Sasarannya

15 November 2022 - 09:14 WIB

Keluarga Terpidana Korupsi KMK BRI di Prabumulih Kembalikan Uang Pengganti Rp 497 Juta

14 November 2022 - 19:39 WIB

Trending di Hukum dan Kriminal