Menu

Mode Gelap
Bongkar Kotak Amal Masjid di Perumahan Arda Prabumulih, Dua Pemuda Ditangkap Miris! 3 Tahun Dianggarkan Milyaran Rupiah, Gedung Baru PDAM Tirta Prabujaya Belum juga Difungsikan Viral Aksi Ojol Prabumulih Gerak Cepat Tambal Jalan Berlubang, Warganet Ramai Sindir Pemerintah Diduga Pengedar Narkoba, Aji Malik Ditangkap BNNK Prabumulih Nyaris Dihakimi Warga, Maling Motor di Gunung Ibul Prabumulih Ini Diamankan Polisi

Nasional · 26 Des 2021 WIB ·

Potret Kemiskinan di Prabumulih, Mbah Sarikun Hidup Sebatang Kara Satu Atap dengan Kandang Ayam


 Mbah Sarikun saat dikunjungi oleh tim ACT Kota Prabumulih dikediamannya yang berada di Kelurahan Cambai Kota Prabumulih belum lama ini. (Foto : Ist/KSdotcom) Perbesar

Mbah Sarikun saat dikunjungi oleh tim ACT Kota Prabumulih dikediamannya yang berada di Kelurahan Cambai Kota Prabumulih belum lama ini. (Foto : Ist/KSdotcom)

Sungguh memilukan..
Tak semua orang bisa menghabiskan masa tuanya di rumah yang layak dan dikelilingi oleh orang-orang terkasihnya. Jalan hidup seperti inilah yang harus dirasakan oleh seorang kakek bernama Mbah Sarikun berikut ini..

Mbah Sarikun saat dikunjungi oleh tim ACT Kota Prabumulih dikediamannya di Kelurahan Cambai Kota Prabumulih belum lama ini. (Foto : Ist/KSdotcom)

Berdasarkan informasi diterima KSdotcom, beliau kini berusia sekitar 70 tahun dan sehari-harinya hanya membantu pekerjaan tetangga sekitarnya. Beliau hidup seorang di usianya yang sudah tak lagi muda, agar dapat makan dan memenuhi kebutuhan hidupnya, ia pun dibantu oleh keponakannya.

Dari penelusuran dilakukan tim Aksi Cepat Tanggap (ACT) Kota Prabumulih, Mbah Sarikun kini hidup sebatang kara setelah anak-anaknya pergi entah kemana. Beliau sekarang tinggal sendirian di rumahnya yang berada di wilayah Kelurahan Cambai Kecamatan Cambai, Kota Prabumulih.

Mbah Sarikun tinggal di sebuah rumah papan yang terbilang cukup kumuh. Bahkan, beliau harus hidup satu atap dengan kandang ayam. Bau yang tak sedap pun tak beliau hiraukan asalkan bisa beristirahat.

“Lokasi rumah Mbah Sarikun di Cambai dekat rumah makan siang malam. Dari jalan masuk sebelum siang malam, lurus bae sebelah kanan ikutin jalan,” kata Talitha, salah satu perwakilan tim ACT Kota Prabumulih melalui pesan singkat aplikasi WhatsApp kepada KSdotcom, Minggu (26/12/2021).

Terpantau rumah berukuran 2,5 meter X 3 meter tersebut terbuat dari papan yang sudah usang. Bagian bawah dinding rumah yang terbuat dari papan itu terlihat sudah rusak. Bahkan rumah tersebut terlihat hampir roboh.

Kondisi tempat tinggal Mbah Sarikun yang ditemui tim ACT Kota Prabumulih (Foto: Ist/KSdotcom)

Sedangkan di bagian atas, atap rumah tersebut dari seng bekas. Satu-satunya pintu untuk masuk ke rumah itu juga sudah rusak dan tidak bisa ditutup dengan sempurna.

Masuk ke dalam rumah, tidak ada barang berharga yang terlihat. Di dalam rumah itu ada tempat tidur dengan kelambu yang sudah usang, satu lemari, dan meja makan yang penuh dengan barang-barang. Di meja makan juga terlihat ada tempat menanak nasi tanpa ada lauk.

Kondisi di dalam rumah sangat lembab dan pengap. Berbagai barang tertata sangat berantakan. Bahkan, bagian ruang belakang pun adalah kandang ayam.

Mbah Sarikun saat dikunjungi oleh tim ACT Kota Prabumulih dikediamannya di Kelurahan Cambai Kota Prabumulih belum lama ini. (Foto : Ist/KSdotcom)

Di tengah pandemi seperti ini, penghasilan beliau yang hanya dengan membantu pekerjaan tetangganya tak menentu. Kondisi perekonomian Mbah Sarikun semakin memprihatinkan apalagi beliau menggantungkan hidupnya pada seorang keponakannya.

Mari kita bantu Mbah Sarikun dengan menyisihkan sebagian rezeki kita agar beliau bisa makan dan juga hidup layak. Donasi untuk Mbah Sarikun bisa disalurkan melalui rekening BSI 717 888 2222 an.Aksi Cepat Tanggap.

Informasi lebih lanjut dan konfirmasi donasi bisa menghubungi telepon seluler ke 0811-7872-723 atau tim ACT Kota Prabumulih.

Semoga Mbah Sarikun selalu diberikan kesehatan dan dilancarkan rezekinya agar beliau bisa makan dan hidup dengan layak. Terima kasih orang baik, mari lebih peduli kepada sesama yang membutuhkan.

(*)

Artikel ini telah dibaca 111 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

Menengok Warga Penderita Kanker Tulang, Demokrat Prabumulih Beri Motivasi dan Santunan

24 September 2022 - 10:42 WIB

Ambulance DPC Demokrat Prabumulih Siap Layani Masyarakat 24 Jam

23 September 2022 - 13:06 WIB

Partai Demokrat Mulai Buka Pendaftaran Bakal Caleg Kota Prabumulih pada Pemilu 2024

21 September 2022 - 17:08 WIB

Antusias Penonton Membludak Saksikan Final Voli AHY Cup DPC Demokrat Prabumulih

21 September 2022 - 13:58 WIB

Hello Kitty Jadi Jawara Turnamen Voli AHY Cup DPC Demokrat Prabumulih

20 September 2022 - 21:21 WIB

PLN Kenalkan Inovasi Mobil dan Motor Listrik ke Pemkot Prabumulih

20 September 2022 - 16:10 WIB

Trending di Nasional