Menu

Mode Gelap
Bongkar Kotak Amal Masjid di Perumahan Arda Prabumulih, Dua Pemuda Ditangkap Miris! 3 Tahun Dianggarkan Milyaran Rupiah, Gedung Baru PDAM Tirta Prabujaya Belum juga Difungsikan Viral Aksi Ojol Prabumulih Gerak Cepat Tambal Jalan Berlubang, Warganet Ramai Sindir Pemerintah Diduga Pengedar Narkoba, Aji Malik Ditangkap BNNK Prabumulih Nyaris Dihakimi Warga, Maling Motor di Gunung Ibul Prabumulih Ini Diamankan Polisi

Nasional · 29 Agu 2021 WIB ·

PKB Targetkan 100 Kursi DPR RI pada 2024


 Wakil Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Jazilul Fawaid atau Gus Jazil) (Foto: Ist/KSdotcom) Perbesar

Wakil Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Jazilul Fawaid atau Gus Jazil) (Foto: Ist/KSdotcom)

JAKARTA, KS – Wakil Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Jazilul Fawaid atau Gus Jazil melakukan pendampingan dan pelatihan Program Pencalegan Dini DPC-DPC se-Indonesia.

Upaya tersebut bertujuan mewujudkan target perolehan 100 kursi DPR pada pemilihan umum (pemilu) 2024. Pelatihan perdana dilakukan di Provinsi Sulawesi Tenggara, bersamaan dengan pengukuhan dan penandatanganan pakta integritas DPC PKB se-Sultra.

Sebagaimana dikutip dari portal Republika, Gus Jazil menjelaskan bahwa kegiatan tersebut penting mengingat tahapan Pemilu 2024 sudah dimulai pada Januari 2022.

“Ini rezim pemilu serentak, eksekutif dan legislatif diselenggarakan bersama-sama. Sesuai dengan mandat Muktamar Bali, PKB pada 2024 harus memenangkan pemilu, minimal juara dua,” ujar Gus Jazil lewat keterangan tertulisnya, minggu (29/8/2021).

Untuk mencapai target 100 kursi DPR, langkah terpenting yang dilakukan PKB adalah dengan menyiapkan calon legislatif (caleg) terbaik. Proses rekrutmen caleg sudah harus dilakukan mulai sekarang.

“Untuk mencapai 100 kursi DPR RI, di Indonesia ada 80 dapil. Di 33 dapil, PKB masih kosong, termasuk Sultra, tapi Sultra sudah masuk list 2024,” ujar Gus Jazil.

“Kalau ada provinsi dapil yang masih kosong, tingkat dua ada yang kosong, harus segera diisi. Ini yang disebut pencalegan dini yang harus dilakukan pemetaan,” sambungnya.

Jika ditemukan caleg potensial, PKB selanjutnya akan dilakukan proses seleksi, pendampingan, serta uji kelayakan dan kepatutan. Termasuk cara memenangkan pemilihan di 2024 nanti.

“Kita akan siapkan masing-masing wilayah untuk diberikan pembekalan caleg di setiap level, ilmu-ilmu, cara untuk memenangkan pemilihan. Inilah pentingnya program pencalegan dini,” ujar wakil ketua MPR itu.

(*)

 

 

 

 

 

 

 

 

Editor : dhino
Sumber : Republika.co.id
Artikel ini telah dibaca 36 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

Usman Firiansyah: Akan Ada 50 Relawan Anies di Setiap Desa/Kelurahan di Kota Prabumulih

30 Juni 2022 - 21:09 WIB

Progres Pengerjaan Flyover Patih Galung Prabumulih Capai 73,02 Persen

30 Juni 2022 - 18:03 WIB

Kejari dan BPN Kota Prabumulih Teken MoU, Ini Tujuannya

29 Juni 2022 - 19:06 WIB

KSAD Dudung Temui Keluarga Prajurit yang Meninggal Saat Latihan Mortir di Rejowinangun

24 Juni 2022 - 14:28 WIB

Ketua Terpilih DPC PD Prabumulih Tuntas Ikuti Fit and Proper Test, DV: Siap Kembalikan Kejayaan Demokrat di 2024

24 Juni 2022 - 11:04 WIB

Isu Bagi-bagi ‘Kue Proyek’ di DPRD Prabumulih, Ini Tanggapan FITRA Sumsel

20 Juni 2022 - 20:29 WIB

Trending di Hukum dan Kriminal