Menu

Mode Gelap
Bongkar Kotak Amal Masjid di Perumahan Arda Prabumulih, Dua Pemuda Ditangkap Miris! 3 Tahun Dianggarkan Milyaran Rupiah, Gedung Baru PDAM Tirta Prabujaya Belum juga Difungsikan Viral Aksi Ojol Prabumulih Gerak Cepat Tambal Jalan Berlubang, Warganet Ramai Sindir Pemerintah Diduga Pengedar Narkoba, Aji Malik Ditangkap BNNK Prabumulih Nyaris Dihakimi Warga, Maling Motor di Gunung Ibul Prabumulih Ini Diamankan Polisi

Nasional · 18 Jun 2022 WIB ·

Penjelasan Resmi PLN Prabumulih soal Sering Padamnya Listrik


 Penjelasan Resmi PLN Prabumulih soal Sering Padamnya Listrik (Foto: Ist/KSdotcom) Perbesar

Penjelasan Resmi PLN Prabumulih soal Sering Padamnya Listrik (Foto: Ist/KSdotcom)

PRABUMULIH, KS – Aliran listrik di sejumlah wilayah di Kota Prabumulih, Sumatera Selatan (Sumsel) sering kali dilaporkan mati. Menanggapi hal ini, Manager PLN Cabang Kota Prabumulih, Helmi Lazuardi melalui Supervisor (Spv) Teknik, M Ramadhany Aprianto mengatakan hal itu sering terjadi akibat gangguan pada tanam tumbuh, hewan, cuaca, dan material.

Ditambah lagi lanjut, Ramadhany Aprianto, pada Juni ini suplai dari IPP PLTMG yang sedang melakukan pemeliharaan tahunan yang biasa beroperasi sebanyak 2 unit menjadi 1 unit.

Hal inilah membuat transfer energi sering mengalami kegagalan dan diikuti trip seluruh pembangkit di sejumlah sisi wilayah kota Prabumulih.

“Mohon maaf sebelumnya kami mewakili dari pihak PLN terkait laporan dan keluhan masyarakat. Kami sebenarnya dari pihak pengennya listrik itu hidup terus, karena menjadi tanggung jawab kami menjaganya,” ungkap M Ramadhany Aprianto, dalam keterangan resmi yang diterima KSdotcom, Sabtu (18/6/2022).

“Padamnya listrik bukan kehendak kami tapi karena gangguan itu semua penyebabnya dari tanam tumbuh, hewan, cuaca, dan material,” tambahnya.

Dia melanjutkan, jika pihak PLN khususnya ULP Prabumulih saat ini berupaya agar pasokan listrik tersebut bisa dinikmati warga seperti biasanya, maka pihaknya manuver ke jaringan lain.

“Sekali lagi kami meminta maaf dan pastinya support serta masukan dari pelanggan yang kami butuhkan saat ini biar kami bisa memberi pelayanan yang lebih baik lagi, baik dari keandalan jaringan listrik ataupun informasi ke masyarakat yang tepat sasaran dan waktu,” jelasnya.

Pria yang akrab disapa Dany ini lebih jauh menjelaskan, pihak PLN Prabumulih juga sudah menjalankan sesuai dengan SOP yang ada, namun terkadang kondisi petugas di lapangan sering mengalami kendala, seperti halnya eksekusi tanam tumbuh dekat dengan jaringan PLN yang tidak memberikan izin oleh pemiliknya.

“Karena mayoritas di lingkungan jaringan listrik prabumulih ini masih banyak tanam tumbuh nya mas,” ucapnya.

Adapun Padam Listrik Itu Dibagi 2 Aspek :

1. Padam Terencana, perihal pemeliharaan jaringan listrik ataupun defisit daya atau pengurangan beban, dan ini sertai info pemadaman dan durasi padam sesuai jadwal yg sudah diinfokan dari kami pihak PLN H-1 atau pun beberapa jam sebelum padam.

2. Padam tidak terencana, perihal padam yang disebabkan oleh gangguan.

“Nah di point kedua ini lah biasa masyarakat sering mengeluhkan padam listrik terus lama pula padamnya. Kenapa lama?, Yang namanya gangguan secara otomatis tim lapangan kita bergerak untuk mencari di mana gangguannya itupun bergerak dari pangkal nya jaringan sampai ujung jaringan berarti berdasarkan aspek panjang jaringan,” terangnya.

“Apabila gangguan itu sudah ditemukan otomatis petugas di lapangan meminta untuk penormalan listrik secara bertahap atau di potong2 jaringan itu untuk meminimalisirkan agar tidak ada lagi gangguan susulan,” tandas Dany. (dn)

Artikel ini telah dibaca 40 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

Gerakan Berbagi Sarapan Demokrat Prabumulih, Bagi-bagi Kebahagiaan Dimulai dari Pagi Hari

25 November 2022 - 13:43 WIB

Tiga Komisioner Bawaslu Prabumulih Tersangka Korupsi Dana Hibah Pilkada Rp 5,7 M

23 November 2022 - 16:20 WIB

Peduli dan Berbagi, Demokrat Prabumulih Salurkan Bantuan untuk Korban Kebakaran di Kelurahan Muara Dua

22 November 2022 - 19:10 WIB

Jumat Berbagi Door to Door, Demokrat Prabumulih Bersama Orsap Sasar Kelurahan Prabu Jaya

18 November 2022 - 21:29 WIB

Kejari Prabumulih Luncurkan Mobil Keliling Bantuan Hukum, Ini Sasarannya

15 November 2022 - 09:14 WIB

Keluarga Terpidana Korupsi KMK BRI di Prabumulih Kembalikan Uang Pengganti Rp 497 Juta

14 November 2022 - 19:39 WIB

Trending di Hukum dan Kriminal