2.7 C
New York
Kamis, Januari 20, 2022

Buy now

spot_img

Penjelasan BPN Prabumulih Soal Sengketa Ganti Rugi Lahan Tol

PRABUMULIH, KS – Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kota Prabumulih masih menunggu Pertimbangan Hukum Perdata meliputi pemberian Pendapat Hukum atau Legal Opinion (LO) dari Kejaksaan soal ganti rugi lahan warga yang terimbas pembangunan Tol di Kecamatan Rambang Kapak Tengah (RKT) yang merupakan lokasi Proyek Strategis Nasional (PSN).

Kepala BPN Prabumulih, Ahmad Sahabudin menuturkan, pihaknya sudah meminta Legal Opinion (LO) tersebut kepada pihak Kejaksaan Negeri (Kejari) Prabumulih sejak pekan lalu.

“Kami masih menunggu LO dari kejaksaan untuk melakukan pembayaran ganti rugi lahan tol tersebut,” kata Sahabudin saat dikonfirmasi KSdotcom melalui pesan singkat WhatsApp, Jumat (20/8/2021) malam.

Pada prinsipnya, kata dia, warga selaku pemilik tanah mendukung dan sudah merelakan tanahnya dibebaskan untuk pelaksanaan pembangunan jalan tol, sesuai ketentuan yang berlaku.

“Memang ada beberapa tahap sudah diselesaikan pembebasan tanah milik warga, namun ada juga yang belum diselesaikan. Jadi permintaan warga kepada BPN agar menindaklanjuti persoalan tanah yang belum selesai dilakukan pembayaran,” terangnya.

Menyangkut ada tanah yang masuk dalam lokasi PSN sebagaimana yang disampaikan masyarakat tersebut, Sahabudin menjelaskan, bahwa pihaknya sampai saat ini masih menunggu pertimbangan hukum atau Legal Opinion (LO) dari kejaksaan dalam membuat Surat Rekomendasi terkait pembayaran ganti rugi lahan.

“Kalau LO/Pertimbangan Hukum dari Kejaksaan sudah ada dan menyatakan dapat dibayarkan. BPN akan membuat rekomendasi kepada Ketua PN untuk dapat dibayarkan. Saya tidak mau mengambil resiko kalau tidak ada Dasar Hukumnya,” jelas dia.

“Jadi sekali lagi, BPN masih menunggu LO/Pertimbangan Hukum dari Pihak Kejaksaan Negeri Kota Prabumulih untuk membuat Surat Rekomendasi terkait pembayaran ganti rugi masyarakat tersebut yang telah dititipkan di Pengadilan Negeri Prabumulih,” tegasnya. (dn)

KS.comhttps://kompassriwijaya.com
Menginspirasi Berita Menggugah Fakta

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

0FansSuka
3,124PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

Latest Articles