Menu

Mode Gelap
Bongkar Kotak Amal Masjid di Perumahan Arda Prabumulih, Dua Pemuda Ditangkap Miris! 3 Tahun Dianggarkan Milyaran Rupiah, Gedung Baru PDAM Tirta Prabujaya Belum juga Difungsikan Viral Aksi Ojol Prabumulih Gerak Cepat Tambal Jalan Berlubang, Warganet Ramai Sindir Pemerintah Diduga Pengedar Narkoba, Aji Malik Ditangkap BNNK Prabumulih Nyaris Dihakimi Warga, Maling Motor di Gunung Ibul Prabumulih Ini Diamankan Polisi

Hukum dan Kriminal · 8 Feb 2022 WIB ·

Maraknya Aksi Pencurian Material Prasarana Kereta Api, Bahayakan Keselamatan Perjalanan


 Masa Mudik Lebaran, KA Sindang Marga Beroperasi Setiap Hari (Foto: Ist/KSdotcom) Perbesar

Masa Mudik Lebaran, KA Sindang Marga Beroperasi Setiap Hari (Foto: Ist/KSdotcom)

PALEMBANG, KS – Masih maraknya aksi pencurian material prasarana dan sarana kereta api khususnya di wilayah operasional Divre III Palembang, akan berdampak terganggunya keselamatan perjalanan kereta api.

Kabag Humas PT KAI Divre III Palembang, Aida Suryanti menjelaskan di Divre III Palembang masih sering terjadi pencurian material prasarana dan sarana kereta api diantaranya kabel/kawat sinyal, patok kabel, pandrol, rel, plat sambung, besi bantalan, semboyan 21, (tanda atau lampu berwarna merah pada kedua sisi kanan dan kiri suatu kereta/gerbong, menandakan bahwa kereta/gerbong ini mengakhiri rangkaian kereta api).

“Yang mana material-material tersebut sangat penting dalam operasional KA dan berpengaruh terhadap keselamatan perjalanan kereta api,” katanya.

Aida menjelaskan, di awal tahun 2022 ini telah terjadi 4 kali pencurian material prasarana kereta api, namun berkat kerjasama dan koordinasi yang baik dari unit Pengamanan PT KAI Divre III Palembang dan jajaran Polres Prabumulih telah ditangkap 4 orang yang diduga pelaku pencurian material prasarana kereta api.

“Saat ini sudah diamankan di Polres Prabumulih dan dalam pemeriksaan lebih lanjut untuk pengembangan kasus pencurian material prasarana sarana kereta api lainnya agar memberikan efek jera bagi pelaku pencurian,” tuturnya.

Material-material prasarana yang dicuri tersebut, kata Aida merupakan elemen-elemen penting untuk mendukung keselamatan perjalanan kereta api, seperti kabel/kawat sinyal berfungsi untuk komunikasi antar perangkat pengamanan sistem persinyalan kereta api yang berada di stasiun dan rumah sinyal.

“Hilangnya kabel ini memiliki resiko yang membahayakan perjalanan kereta api karena komunikasi antar perangkat persinyalan akan terganggu, atau seperti plat sambung rel, apabila hilang akan membuat rel bisa bergeser karena kedua ujungnya menjadi tidak presisi sehingga apabila rangkaian kereta api baik itu kereta barang maupun kereta penumpang berpotensi tidak aman dan fatalnya akan menyebabkan rangkaian KA anjlok,” jelas Aida.

Lebih lanjut Aida menyampaikan, banyaknya oknum yang tidak bertanggung jawab demi mendapatkan keuntungan pribadi secara sadar maupun tidak sadar telah membahayakan para penumpang yang diangkut dengan kereta api maupun barang yang diangkut untuk kebutuhan sehari-hari masyarakat, diantaranya KA BBM, KA semen, KA batubara untuk pasokan pembangkit listrik Suralaya.

“Untuk kerugian material pasti ada, tetapi kami lebih menyoroti soal bahaya yang lebih besar, ini terkait keselamatan perjalanan kereta api, terkait hajat hidup orang banyak, jadi kerugiannya tidak bisa hanya dinilai dengan uang,” tegas Aida.

PT KAI pun melakukan serangkaian langkah antisipasi agar kejadian serupa tidak terulang. Divre III Palembang dengan wilayah operasional yang sangat luas berada di sepanjang rel Kereta Api dari Kertapati sampai Lubuk Linggau, tentulah hal yang tidak mudah menjaga objek vital ini.

Dalam menjaga keselamatan perjalanan kereta api, lanjut dia PT KAI Divre III Palembang tidak dapat mengamankan sendiri.

“Selama ini pengamanan objek vital ini mendapatkan dukungan penuh dari Kepolisian Daerah Sumatera Selatan melalui polres-polres wilayah yang dilalui perjalanan kereta api serta informasi-informasi dari masyarakat yang berada di sekitar rel, kami sangat mengapresiasi dukungan ini, dan mengajak semua pihak dan stakeholder terkait untuk ikut membantu menjaga perjalanan kereta api,” tutup Aida. (*)

Artikel ini telah dibaca 32 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

Polres Prabumulih Raih Juara 3 Harkamtibmas dan Penanganan Covid-19

19 September 2022 - 18:03 WIB

Kejari dan Dinas PUPR Tandatangani Fakta Integritas PPS Wilayah Prabumulih

15 September 2022 - 17:53 WIB

Lakukan Pembinaan, Kemenag Ajarkan Tata Cara Shalat Jenazah ke WBP Rutan Prabumulih

9 September 2022 - 12:51 WIB

Mantan Kajari Jakarta Barat Siap Maju Pilwako Palembang

7 September 2022 - 15:30 WIB

KAI DIVRE III Palembang Jaga dan Selamatkan Aset Demi Kepentingan Negara

6 September 2022 - 12:01 WIB

2 Pencuri Spesialis Bongkar Toko di Sungai Medang Prabumulih Dibekuk Tim Elang Muara Polsek Cambai

5 September 2022 - 07:26 WIB

Trending di Hukum dan Kriminal