-2.3 C
New York
Minggu, Januari 23, 2022

Buy now

spot_img

Makna Hari Lahir Pancasila Menurut Komandan KOTI Mahatidana PP Prabumulih

PRABUMULIH, KS – Tepat hari ini Selasa 1 Juni 2021 merupakan hari yang bersejarah. Sebab, pada hari ini warga negara Indonesia memperingati hari lahir Pancasila. Apalagi bagi Komando Inti (KOTI) Mahatidana Pemuda Pancasila (PP) Kota Prabumulih Pancasila itu merupakan jiwa Indonesia.

“Pancasila tidak hanya sebagai dasar negara, melainkan juga falsafah hidup untuk seluruh warga negara Indonesia,” kata Komandan KOTI Mahatidana Pemuda Pancasila Kota Prabumulih, Inhar Kamaludin kepada KSdotcom, Selasa (1/6/2021).

Dikatakan pria kelahiran Prabumulih 43 tahun silam ini, peringatan Hari Lahir Pancasila juga perlu dimaknai secara khusus oleh masyarakat Indonesia. Sebab, kata dia momen ini merupakan peringatan bahwa para pahlawan berhasil menggali nilai-nilai luhur yang menjadi pedoman bangsa Indonesia hingga kini.

“Pancasila merupakan alat pemersatu bangsa. Dengan lahirnya lima sila tersebut, Pancasila dapat menyatukan masyarakat dengan segala perbedaan yang ada,” tuturnya.

Selain itu, Kamaludin menyampaikan bahwa Hari Lahir Pancasila merupakan momen untuk mengenang, menghormati, sekaligus menghargai perjuangan pendiri bangsa dalam merumuskan Pancasila.

Dengan demikian, sambung dia Pancasila bukan hanya untuk dibaca ataupun didengar, melainkan untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

“Pengamalan nilai-nilai Pancasila merupakan perwujudan rasa cinta kepada Tanah Air sehingga dapat membangun bangsa dan negara yang lebih baik. Nilai-nilai Pancasila dapat diamalkan dalam bentuk sederhana, seperti saling menghargai, kerjasama, dan saling menghormati,” tandasnya. (dn/ek)

KS.comhttps://kompassriwijaya.com
Menginspirasi Berita Menggugah Fakta

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

0FansSuka
3,134PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

Latest Articles