Menu

Mode Gelap
Bongkar Kotak Amal Masjid di Perumahan Arda Prabumulih, Dua Pemuda Ditangkap Miris! 3 Tahun Dianggarkan Milyaran Rupiah, Gedung Baru PDAM Tirta Prabujaya Belum juga Difungsikan Viral Aksi Ojol Prabumulih Gerak Cepat Tambal Jalan Berlubang, Warganet Ramai Sindir Pemerintah Diduga Pengedar Narkoba, Aji Malik Ditangkap BNNK Prabumulih Nyaris Dihakimi Warga, Maling Motor di Gunung Ibul Prabumulih Ini Diamankan Polisi

Infografis · 1 Jun 2021 WIB ·

Makna Hari Lahir Pancasila Menurut Komandan KOTI Mahatidana PP Prabumulih


 Makna Hari Lahir Pancasila Menurut Komandan KOTI Mahatidana PP Prabumulih. (Foto : KSdotcom) Perbesar

Makna Hari Lahir Pancasila Menurut Komandan KOTI Mahatidana PP Prabumulih. (Foto : KSdotcom)

PRABUMULIH, KS – Tepat hari ini Selasa 1 Juni 2021 merupakan hari yang bersejarah. Sebab, pada hari ini warga negara Indonesia memperingati hari lahir Pancasila. Apalagi bagi Komando Inti (KOTI) Mahatidana Pemuda Pancasila (PP) Kota Prabumulih Pancasila itu merupakan jiwa Indonesia.

“Pancasila tidak hanya sebagai dasar negara, melainkan juga falsafah hidup untuk seluruh warga negara Indonesia,” kata Komandan KOTI Mahatidana Pemuda Pancasila Kota Prabumulih, Inhar Kamaludin kepada KSdotcom, Selasa (1/6/2021).

Dikatakan pria kelahiran Prabumulih 43 tahun silam ini, peringatan Hari Lahir Pancasila juga perlu dimaknai secara khusus oleh masyarakat Indonesia. Sebab, kata dia momen ini merupakan peringatan bahwa para pahlawan berhasil menggali nilai-nilai luhur yang menjadi pedoman bangsa Indonesia hingga kini.

“Pancasila merupakan alat pemersatu bangsa. Dengan lahirnya lima sila tersebut, Pancasila dapat menyatukan masyarakat dengan segala perbedaan yang ada,” tuturnya.

Selain itu, Kamaludin menyampaikan bahwa Hari Lahir Pancasila merupakan momen untuk mengenang, menghormati, sekaligus menghargai perjuangan pendiri bangsa dalam merumuskan Pancasila.

Dengan demikian, sambung dia Pancasila bukan hanya untuk dibaca ataupun didengar, melainkan untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

“Pengamalan nilai-nilai Pancasila merupakan perwujudan rasa cinta kepada Tanah Air sehingga dapat membangun bangsa dan negara yang lebih baik. Nilai-nilai Pancasila dapat diamalkan dalam bentuk sederhana, seperti saling menghargai, kerjasama, dan saling menghormati,” tandasnya. (dn/ek)

Artikel ini telah dibaca 199 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

Pengedar 30 Paket Sabu di Prabumulih Ditangkap Tim Silent Wolf

1 Juli 2022 - 12:52 WIB

Usman Firiansyah: Akan Ada 50 Relawan Anies di Setiap Desa/Kelurahan di Kota Prabumulih

30 Juni 2022 - 21:09 WIB

Progres Pengerjaan Flyover Patih Galung Prabumulih Capai 73,02 Persen

30 Juni 2022 - 18:03 WIB

BNN Lakukan Tes Urine Dadakan di Pemkot Prabumulih

30 Juni 2022 - 16:17 WIB

Kejari dan BPN Kota Prabumulih Teken MoU, Ini Tujuannya

29 Juni 2022 - 19:06 WIB

Naik ke Penyidikan, Kejari Segera Tetapkan Tersangka Dugaan Mark Up Baju Olahraga Dinkes Prabumulih

27 Juni 2022 - 12:00 WIB

Trending di Hukum dan Kriminal