Menu

Mode Gelap
Bongkar Kotak Amal Masjid di Perumahan Arda Prabumulih, Dua Pemuda Ditangkap Miris! 3 Tahun Dianggarkan Milyaran Rupiah, Gedung Baru PDAM Tirta Prabujaya Belum juga Difungsikan Viral Aksi Ojol Prabumulih Gerak Cepat Tambal Jalan Berlubang, Warganet Ramai Sindir Pemerintah Diduga Pengedar Narkoba, Aji Malik Ditangkap BNNK Prabumulih Nyaris Dihakimi Warga, Maling Motor di Gunung Ibul Prabumulih Ini Diamankan Polisi

Nasional · 8 Okt 2021 WIB ·

Luar Biasa! Siswa SMANTI Prabumulih Ciptakan Mesin Pemecah Biji Karet dan Olahan Bekasam


 Luar Biasa! Siswa SMANTI Prabumulih Ciptakan Mesin Pemecah Biji Karet dan Olahan Bekasam (Foto: Ist/KSdotcom) Perbesar

Luar Biasa! Siswa SMANTI Prabumulih Ciptakan Mesin Pemecah Biji Karet dan Olahan Bekasam (Foto: Ist/KSdotcom)

PRABUMULIH, KS – Berbagai hasil riset yang telah dilakukan oleh siswa-siswi SMA Negeri 3 Kota Prabumulih, Sumatera Selatan (Sumsel), tampak berjajar rapi di salah satu ruang sekolah tersebut. Riset-riset itu, ada yang sedang diupayakan mengikuti kompetisi karya ilmiah dan ada juga yang sudah memenangkan kompetisi.

Satu di antaranya karya siswa-siswi kelas XIII sekolah tersebut, yang menciptakan mesin pemecah biji karet dan bekasam dari biji karet. Bekasam adalah panganan olahan yang dibuat dengan cara fermentasi dan umumnya dibuat dari ikan diawetkan yang memiliki rasa asam dan asin.

Bahkan, inovasi baru dari siswa-siswi SMANTI Prabumulih ini meraih prestasi di tingkat provinsi dan nasional dalam lomba Kita Harus Belajar (KiHaJar) Tahun 2021 yang diadakan oleh Perpusnas.

Wali Kota Prabumulih Ir H Ridho Yahya MM pun mengapresiasi dan akan memberikan reward kepada mereka yang berprestasi. Torehan ini agar bisa memotivasi sekolah lain untuk berprestasi serupa.

“Kemarin siswa dan guru melaporkan prestasi siswa SMA Negeri 3 Prabumulih ditingkat provinsi dan nasional. Alhamdulillah, dapat apresiasi dan akan diberikan rewards oleh bapak wali kota kita langsung,” ujar Kepala SMA Negeri 3 Prabumulih, Freni Listiyan SPd MSi kepada KSdotcom, Jumat (8/10/2021).

Ia menyatakan, sebagai kepala sekolah dirinya harus menumbuhkembangkan semangat anak didiknya untuk melakukan penelitian. Pada masa mendatang, kata Freni, riset ini sangat dibutuhkan karena memutuskan semua hal akan dilakukan riset terlebih dahulu.

Dirinya pun ikut berbangga atas prestasi yang telah diraih anak didiknya tersebut. Menurutnya, kegunaan lainnya riset adalah melatih anak-anak berpikir inovatif dan menggunakan logikanya. Selain kreatif memanfaatkan barang-barang yang ada di sekitarnya, terutama barang bekas sehingga mengurangi limbah yang menjadi masalah di masyarakat.

“Selaku kepala sekolah saya sangat berterimakasih kepada Pemerintah Kota Prabumulih terutama pak wali kota H Ridho Yahya yang sangat mengapresiasi prestasi yang telah diraih oleh siswa selama kurun waktu 6 bulan terakhir,” ungkapnya.

“Dan Alhamdulillah pak wali kota berjanji akan memberikan reward kepada siswa tersebut dengan mempertimbangkan anggaran yang ada, ini akan memacu semangat kami pihak sekolah untuk menghadirkan prestasi yang lebih dan memfasilitasi siswa untuk berkompetisi dan berinovasi baik di tingkat Provinsi, Nasional bahkan Internasional,” tandasnya. (dn)

Artikel ini telah dibaca 166 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

Menengok Warga Penderita Kanker Tulang, Demokrat Prabumulih Beri Motivasi dan Santunan

24 September 2022 - 10:42 WIB

Ambulance DPC Demokrat Prabumulih Siap Layani Masyarakat 24 Jam

23 September 2022 - 13:06 WIB

Partai Demokrat Mulai Buka Pendaftaran Bakal Caleg Kota Prabumulih pada Pemilu 2024

21 September 2022 - 17:08 WIB

Antusias Penonton Membludak Saksikan Final Voli AHY Cup DPC Demokrat Prabumulih

21 September 2022 - 13:58 WIB

Hello Kitty Jadi Jawara Turnamen Voli AHY Cup DPC Demokrat Prabumulih

20 September 2022 - 21:21 WIB

PLN Kenalkan Inovasi Mobil dan Motor Listrik ke Pemkot Prabumulih

20 September 2022 - 16:10 WIB

Trending di Nasional