Menu

Mode Gelap
Bongkar Kotak Amal Masjid di Perumahan Arda Prabumulih, Dua Pemuda Ditangkap Miris! 3 Tahun Dianggarkan Milyaran Rupiah, Gedung Baru PDAM Tirta Prabujaya Belum juga Difungsikan Viral Aksi Ojol Prabumulih Gerak Cepat Tambal Jalan Berlubang, Warganet Ramai Sindir Pemerintah Diduga Pengedar Narkoba, Aji Malik Ditangkap BNNK Prabumulih Nyaris Dihakimi Warga, Maling Motor di Gunung Ibul Prabumulih Ini Diamankan Polisi

Lifestyle · 30 Jun 2021 WIB ·

Launching Kampung Bersinar, BNNK Tes Urine Camat, Lurah dan Kades se-Kota Prabumulih


 Kepala BNNK Prabumulih, AKBP Ridwan (Foto: DN/KSdotcom) Perbesar

Kepala BNNK Prabumulih, AKBP Ridwan (Foto: DN/KSdotcom)

PRABUMULIH, KS – Sebanyak 80 orang dari Kalangan Camat, Lurah, Kades, dan Warga yang tergabung sebagai Penggiat Anti Narkoba di Kota Prabumulih dites urine oleh pihak Badan Narkotika Nasional Kota (BNNK) Prabumulih.

Tes urine BNNK ini dilakukan sebagai bukti dalam launching Desa Pangkul dan Sungai Medang sebagai Kampung Bersinar yang diresmikan secara langsung oleh Kepala BNNP Sumsel Brigjen Pol Djoko Prihadi SH di Desa Pangkul, Prabumulih pada Rabu (30/6/2021).

“Iya kebetulan tadi diresmikannya Kampung Bersinar oleh Kepala BNNP Sumsel bersama Wali Kota di Desa Pangkul dan Sungai Medang, seluruh Camat, Lurah, dan Kades serta penggiat anti narkoba kita lakukan tes urine,” kata Kepala BNNK Prabumulih, AKBP Ridwan dibincangi awak media ini, siang tadi.

Dijelaskan AKBP Ridwan, kegiatan tes urine ini dilakukan oleh pihaknya ini juga mengacu pada Permendagri Nomor 12 Tahun 2019. Nah, dari hasil tes urine yang langsung dilakukan tersebut, lanjutnya dapat langsung terlihat mana oknum ASN ataupun Kades yang mengkonsumsi dan mana yang bersih.

“Jumlahnya tadi ada sekitar 80 orang dan Alhamdulillah hasil tes urine dari seluruhnya tadi semua negatif,” ungkapnya.

Lebih lanjut disampaikan Kepala BNNK Prabumulih, tes urine yang digelar dalam launching kampung bersinar ini juga dilakukan terhadap para penggiat anti narkoba yang merupakan kalangan warga masyarakat setempat.

“Masyarakat di situ banyak penggiat yang memang kita undang walaupun ada sekitar 200-an tapi kita tetap utamakan protokol kesehatan karena sekarang ini lagi naik-naiknya angka penyebaran Covid-19. Makanya ini kegiatan tadi juga kita tetap utamakan mereka yang hadir untuk menggunakan masker,” tukasnya.

Masih menurut Ridwan, para penggiat anti narkoba saat ini sudah terbentuk oleh BNNK Prabumulih di seluruh wilayah Kelurahan dan Desa yang ada. Ada 5 orang agen pemulihan yang dibentuk dan dibekali ilmu-ilmu tentang rehabilitasi pecandu narkotika.

“Jadi ibaratnya mereka itu mampu memberikan pertolongan pertama, seperti jika ada pecandu di wilayahnya bisa dirujuk ke BNN dan sebagainya, mereka ini adalah kepanjangan tangan dari kami,” paparnya. (dn/ek)

Artikel ini telah dibaca 79 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

Gerakan Berbagi Sarapan Demokrat Prabumulih, Bagi-bagi Kebahagiaan Dimulai dari Pagi Hari

25 November 2022 - 13:43 WIB

Tiga Komisioner Bawaslu Prabumulih Tersangka Korupsi Dana Hibah Pilkada Rp 5,7 M

23 November 2022 - 16:20 WIB

Peduli dan Berbagi, Demokrat Prabumulih Salurkan Bantuan untuk Korban Kebakaran di Kelurahan Muara Dua

22 November 2022 - 19:10 WIB

Jumat Berbagi Door to Door, Demokrat Prabumulih Bersama Orsap Sasar Kelurahan Prabu Jaya

18 November 2022 - 21:29 WIB

Kejari Prabumulih Luncurkan Mobil Keliling Bantuan Hukum, Ini Sasarannya

15 November 2022 - 09:14 WIB

Keluarga Terpidana Korupsi KMK BRI di Prabumulih Kembalikan Uang Pengganti Rp 497 Juta

14 November 2022 - 19:39 WIB

Trending di Hukum dan Kriminal