Menu

Mode Gelap
Bongkar Kotak Amal Masjid di Perumahan Arda Prabumulih, Dua Pemuda Ditangkap Miris! 3 Tahun Dianggarkan Milyaran Rupiah, Gedung Baru PDAM Tirta Prabujaya Belum juga Difungsikan Viral Aksi Ojol Prabumulih Gerak Cepat Tambal Jalan Berlubang, Warganet Ramai Sindir Pemerintah Diduga Pengedar Narkoba, Aji Malik Ditangkap BNNK Prabumulih Nyaris Dihakimi Warga, Maling Motor di Gunung Ibul Prabumulih Ini Diamankan Polisi

Ogan Komering Ilir (OKI) · 18 Jun 2021 WIB ·

Lapas Kayuagung Diusulkan Raih Predikat WBK


 Lapas Kayuagung Diusulkan Raih Predikat WBK (Foto: Ist/KSdotcom) Perbesar

Lapas Kayuagung Diusulkan Raih Predikat WBK (Foto: Ist/KSdotcom)

KAYUAGUNG, KS – Tim Penilai Nasional mengusulkan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas III B Kayuagung meraih predikat Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM).

Ini diketahui dari kegiatan penguatan pemenuhan data dukung dan rekomendasi perbaikan TPI menuju WBK, serta pelaksanaan verifikasi hasil survey indeks prestasi korupsi dan indeks kepuasan masyarakat (IPK/IKM) oleh tim Balitbangham, Kamis (17/6/2021).

Kegiatan verifikasi diikuti oleh Kepala Sub Bidang Pengajian Balitbangham, Ilsoni Joniadi, SH, MSi bersama Tim Analisis Permasalahan Hak Asasi Manusia (HAM). Antara lain, wawancara, observasi lapangan dan pengumpulan data tentang kondisi lapas Kayuagung, data pegawai serta sarana dan prasarana penunjang lainnya.

Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Kalapas) Kelas III B Kayu Agung, Reza Mediansyah Purnama Amd IP SH menjelaskan penilaian yang dilakukan oleh tim survei Balitbangkumham di Lapas Kayuagung untuk melakukan penilaian sekaligus evaluasi kepada satuan kerja yang diusulkan untuk mendapatkan predikat WBK dan WBBM.

“Tim penilai internal inspektorat jendral kemenkumham melakukan penilaian sekaligus mengevaluasi satuan kerja yang diusulkan wilayah bebas dari korupsi. Kalau hasil evaluasi layak, maka akan diusulkan ke Menpan RB karena yang memberikan predikat itu nanti adalah Menpan RB dan tentu kami sangat optimis,” terangnya.

Reza pun sangat bersyukur atas diusulkannya Lapas Kayuagung untuk dapat meraih predikat WBK ini.

“Kami berupaya semaksimal mungkin menuju WBK,” tuturnya seraya mengatakan, dirinya bersama tim akan selalu meningkatkan kualitas pelayanan publik agar dapat meningkatkan kepuasan masyarakat maupun warga binaan.

Berdasar informasi yang diperoleh, untuk mendapatkan predikat WBK dan WBBM prosesnya tidak mudah, paska penilaian oleh tim internal Inpspektorat Kemenkumham, selanjutnya hasil akan dikirimkan ke Kemenkumhan dan ke Kemenpan-RB.

Selanjutnya Lapas yang layak akan memberikan paparan di Kemenkumham sebelum nantinya tim dari Menpan RB kembali turun untuk melakukan penilaian akhir sebelum pemberian predikat WBK dan WBBM. (*)

Artikel ini telah dibaca 42 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

HUT TNI ke 76, Dandim 0402/OKI-OI Terima Penghargaan Sahabat Pers dari SMSI

5 Oktober 2021 - 19:20 WIB

Sisi Lain Kuala 12, Desa Viral Bocah Naik Styrofoam Seberangi Sungai demi Sekolah di OKI

26 September 2021 - 17:46 WIB

Fakta Dibalik Video Viral Bocah Naik Styrofoam Seberangi Sungai demi Sekolah di OKI Sumsel

23 September 2021 - 21:38 WIB

Anjangsana Ke Purna Adhyaksa, Kejari OKI Berikan Sembako

19 Juli 2021 - 11:55 WIB

Desa Celikah OKI Terbaik Lomba Posko PPKM Mikro Covid-19

1 Juli 2021 - 21:38 WIB

Warga Somor Tuntut Hak Lahan yang Status Kepemilikan HGU

28 Juni 2021 - 08:02 WIB

Trending di Ogan Komering Ilir (OKI)