Menu

Mode Gelap
Bongkar Kotak Amal Masjid di Perumahan Arda Prabumulih, Dua Pemuda Ditangkap Miris! 3 Tahun Dianggarkan Milyaran Rupiah, Gedung Baru PDAM Tirta Prabujaya Belum juga Difungsikan Viral Aksi Ojol Prabumulih Gerak Cepat Tambal Jalan Berlubang, Warganet Ramai Sindir Pemerintah Diduga Pengedar Narkoba, Aji Malik Ditangkap BNNK Prabumulih Nyaris Dihakimi Warga, Maling Motor di Gunung Ibul Prabumulih Ini Diamankan Polisi

Bisnis · 11 Sep 2021 WIB ·

Lakukan 4 Hal Ini Jika Listrik di Rumah Anda Mati Terlalu Lama


 (Foto : Ilustrasi/KSdotcom) Perbesar

(Foto : Ilustrasi/KSdotcom)

MUNGKIN Anda kaget jika tiba-tiba listrik di rumah Anda padam. Padamnya listrik tidak begitu masalah jika beberapa saat kemudian hidup kembali, namun apa jadinya jika padamnya memakan waktu lama hingga berjam-jam?

Nah, lalu apa yang harus Anda lakukan jika listrik di rumah Anda padam terlalu lama? Padahal Berikut adalah langkah yang harus dilakukan:

  1. Memastikan MCB dalam Keadaan On

Ada yang harus Anda ingat, bila listrik di rumah tiba–tiba mati yang ditandai dengan berubahnya posisi saklar MCB dari “ON” ke “OFF”, diamkanlah beberapa saat untuk memberi waktu komponen di dalam MCB menjadi dingin dulu, kemudian cobalah untuk menyalakannya kembali.

  1. Memastikan Tidak Ada Alat Elektronik yang Terbakar

Jika listrik di rumah Anda padam, namun Anda lihat tetangga di sekitar Anda listrik rumah mereka menyala, maka bisa jadi itu disebabkan adanya alat elektronik yang rusak atau terbakar.

Apalagi jika padam listrik itu disertai dengan bau kabel listrik yang terbakar. Jika sudah ditemukan, maka Anda bisa kembali menghidupkan listrik di rumah Anda dengan mengembalikan saklar ‘Off’ pada MCB menjadi ‘On’.

  1. Melakukan Pengaduan di Aplikasi PLN Mobile

Untuk memudahkan pelanggan dalam mendapatkan informasi tentang sistem kelistrikan, PLN menghadirkan aplikasi PLN Mobile yang bisa didownload melalui aplikasi Google Play di ponsel pintar Anda masing-masing.

Nah, jika Anda sudah memiliki aplikasi ini, Anda bisa login dengan memasukkan ID pelanggan Anda, kemudian langsung melakukan pengaduan pada PLN hanya melalui ponsel Anda dengan memilih fitur pengaduan.

Nantinya, pihak PLN akan memberikan respon atas apa yang Anda laporkan. Jadi Anda cukup melaporkan tentang listrik di rumah Anda yang padam setelah beberapa lama dengan aplikasi ini.

  1. Menghubungi PLN Center 123

Nah, jika langkah di atas telah Anda lakukan namun listrik tetap tidak menyala, sebaiknya Anda menghubungi pihak PLN center menggunakan telepon genggam Anda. Anda bisa menghubungi PLN ke nomor 123. 

Namun agar Anda berhasil menghubungi pihak PLN Center ini, masukkan terlebih dahulu kode wilayah telepon Anda. Untuk kode area Palembang, Anda bisa memasukkan kode area 0711 dan kemudian masukkan nomor 123. 

Untuk kode area Prabumulih, Anda juga bisa memasukkan kode 0713, lalu masukkan nomor 123, dan seterusnya.

Contoh: 0713123 

 

Editor: Dhino
Sumber : Klik Positif
Artikel ini telah dibaca 44 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

SKK Migas Selenggarakan Lokakarya Kehumasan 2022

7 Agustus 2022 - 17:31 WIB

Demokrat Prabumulih Wadahi Kaum Muda Kreatif dan Cerdas

25 Juli 2022 - 12:28 WIB

Izin Dicabut Kemensos, Kantor ACT Prabumulih Tutup Sementara

12 Juli 2022 - 14:41 WIB

Jaksa Agung ST Burhanuddin Meminta Media-media SMSI Bantu Kawal Kinerja Jaksa

7 Juli 2022 - 14:15 WIB

Sempat Tertunda 2 Jam, Ratusan Peserta Pelatihan Kerja ke PT Sritex asal Prabumulih Gelombang Kedua Akhirnya Diberangkatkan

4 Juli 2022 - 23:29 WIB

Progres Pengerjaan Flyover Patih Galung Prabumulih Capai 73,02 Persen

30 Juni 2022 - 18:03 WIB

Trending di Infrastruktur