PRABUMULIH, KS – Kelompok Wanita Tani (KWT) RW 03 Kelurahan Karang Jaya Kecamatan Prabumulih Timur Kota Prabumulih, memanfaatkan daerah aliran sungai (DAS) menjadi lokasi budidaya pertanian dan perikanan sekaligus taman rekreasi.

“Kami mencoba untuk memanfaatkan daerah aliran sungai (DAS) di Perumahan ini sebagai tempat yang lebih bermanfaat lagi khususnya bagi warga di sekitar sini,” kata Nur Asmarani, Ketua KWT CIMAI Karang Jaya Kecamatan Prabumulih Timur Kota Prabumulih.

Dia menjelaskan, pemanfaatan lahan seluas lebih kurang 200 meter persegi ini mulai digarap sejak satu bulan terakhir. Lahan itu dimanfaatkan untuk pengembangan pertanian, budidaya ikan lele sekaligus sebagai taman bermain anak-anak.

Beragam jenis sayuran ditanam, sambung Nur, seperti kangkung, kacang panjang, bayam merah dan bayam hijau. “Untuk budidaya ikan lele kami juga membuat produk olahan, seperti bekasam lele, kemplang kulit, dan lain sebagainya,” terangnya.  

Sementara itu, Lurah Karang Jaya Kecamatan Prabumulih Timur, Jacky Fernando SH juga mengatakan, sangat mendukung kreativitas warga sebagai ketahanan pangan di masa pandemi covid-19 seperti saat ini dalam memanfaatkan lahan DAS di wilayah kerjanya tersebut.

Disampaikan oleh Jacky,  bahwa di daerahnya sedang dikembangkan program ekonomi kreatif. Program ini bertujuan untuk menggerakan, mengembangkan, dan memelihara potensi dan kreatifitas masyarakat sehingga dapat menunjang ekonomi keluarga.

“Sudah hampir selesai, kalau di sore hari banyak warga sekitar dan warga lainnya mendatangi lokasi ini sebagai tempat bermain dan hiburan bagi anak-anak warga sekitar. Tidak jarang ada juga yang dari pagi datang ke lokasi ini,” terang Jacky seraya menambahkan, aliran sungai tersebut juga dimanfaatkan warga sebagai tempat memancing ikan. (*)

Tentang Penulis

Menginspirasi Berita Menggugah Fakta

Anda mungkin juga menyukai:

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *