Menu

Mode Gelap
Bongkar Kotak Amal Masjid di Perumahan Arda Prabumulih, Dua Pemuda Ditangkap Miris! 3 Tahun Dianggarkan Milyaran Rupiah, Gedung Baru PDAM Tirta Prabujaya Belum juga Difungsikan Viral Aksi Ojol Prabumulih Gerak Cepat Tambal Jalan Berlubang, Warganet Ramai Sindir Pemerintah Diduga Pengedar Narkoba, Aji Malik Ditangkap BNNK Prabumulih Nyaris Dihakimi Warga, Maling Motor di Gunung Ibul Prabumulih Ini Diamankan Polisi

Prabumulih · 2 Apr 2021 WIB ·

KWT CIMAI Karang Jaya Membangun Ekonomi Kreatif Dalam Pemanfaatan Lahan DAS


 KWT CIMAI Karang Jaya Membangun Ekonomi Kreatif Dalam Pemanfaatan Lahan DAS Perbesar

PRABUMULIH, KS – Kelompok Wanita Tani (KWT) RW 03 Kelurahan Karang Jaya Kecamatan Prabumulih Timur Kota Prabumulih, memanfaatkan daerah aliran sungai (DAS) menjadi lokasi budidaya pertanian dan perikanan sekaligus taman rekreasi.

“Kami mencoba untuk memanfaatkan daerah aliran sungai (DAS) di Perumahan ini sebagai tempat yang lebih bermanfaat lagi khususnya bagi warga di sekitar sini,” kata Nur Asmarani, Ketua KWT CIMAI Karang Jaya Kecamatan Prabumulih Timur Kota Prabumulih.

Dia menjelaskan, pemanfaatan lahan seluas lebih kurang 200 meter persegi ini mulai digarap sejak satu bulan terakhir. Lahan itu dimanfaatkan untuk pengembangan pertanian, budidaya ikan lele sekaligus sebagai taman bermain anak-anak.

Beragam jenis sayuran ditanam, sambung Nur, seperti kangkung, kacang panjang, bayam merah dan bayam hijau. “Untuk budidaya ikan lele kami juga membuat produk olahan, seperti bekasam lele, kemplang kulit, dan lain sebagainya,” terangnya.  

Sementara itu, Lurah Karang Jaya Kecamatan Prabumulih Timur, Jacky Fernando SH juga mengatakan, sangat mendukung kreativitas warga sebagai ketahanan pangan di masa pandemi covid-19 seperti saat ini dalam memanfaatkan lahan DAS di wilayah kerjanya tersebut.

Disampaikan oleh Jacky,  bahwa di daerahnya sedang dikembangkan program ekonomi kreatif. Program ini bertujuan untuk menggerakan, mengembangkan, dan memelihara potensi dan kreatifitas masyarakat sehingga dapat menunjang ekonomi keluarga.

“Sudah hampir selesai, kalau di sore hari banyak warga sekitar dan warga lainnya mendatangi lokasi ini sebagai tempat bermain dan hiburan bagi anak-anak warga sekitar. Tidak jarang ada juga yang dari pagi datang ke lokasi ini,” terang Jacky seraya menambahkan, aliran sungai tersebut juga dimanfaatkan warga sebagai tempat memancing ikan. (*)

Artikel ini telah dibaca 84 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

Gerakan Berbagi Sarapan Demokrat Prabumulih, Bagi-bagi Kebahagiaan Dimulai dari Pagi Hari

25 November 2022 - 13:43 WIB

Tiga Komisioner Bawaslu Prabumulih Tersangka Korupsi Dana Hibah Pilkada Rp 5,7 M

23 November 2022 - 16:20 WIB

Peduli dan Berbagi, Demokrat Prabumulih Salurkan Bantuan untuk Korban Kebakaran di Kelurahan Muara Dua

22 November 2022 - 19:10 WIB

Jumat Berbagi Door to Door, Demokrat Prabumulih Bersama Orsap Sasar Kelurahan Prabu Jaya

18 November 2022 - 21:29 WIB

Kejari Prabumulih Luncurkan Mobil Keliling Bantuan Hukum, Ini Sasarannya

15 November 2022 - 09:14 WIB

Keluarga Terpidana Korupsi KMK BRI di Prabumulih Kembalikan Uang Pengganti Rp 497 Juta

14 November 2022 - 19:39 WIB

Trending di Hukum dan Kriminal