Korsleting Listrik di Mesin Cuci, Rumah Honorer di Prabumulih Nyaris Ludes Terbakar

0
19
Korsleting Listrik di Mesin Cuci, Rumah Honorer Nyaris Ludes Terbakar (Foto: Ist/KSdotcom)
PRABUMULIH, KS – Sebuah rumah yang berada di Jalan Jenderal Sudirman tepat dibelakang Enggano Gang Melati Kelurahan Tugu Kecil Kecamatan Prabumulih Timur Kota Prabumulih, nyaris terbakar, Sabtu (28/8/2021) sekira pukul 22.30 WIB.

Si jago merah mulai melumat sebuah mesin cuci di ruang dapur rumah milik Dodi Afrizal (34), seorang honorer di Lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Prabumulih tersebut. Kuat dugaan, peristiwa yang membuat seisi ruangan rumah itu nyaris ludes akibat korsleting listrik pada kabel mesin cuci.

Beberapa menit usai dipadamkan dua unit mobil pemadam kebakaran (Damkar) Pemkot Prabumulih, petugas pemadam bersama pihak kepolisian dari Polsek Prabumulih Timur mulai mengidentifikasi benda-benda yang terbakar. 

Beruntung, dalam insiden terjadi tidak ada korban jiwa, hanya saja barang berupa mesin cuci milik korban hangus terbakar.

Kapolres Prabumulih AKBP Siswandi SH SIk MH melalui Kapolsek Prabumulih Timur AKP Herman Rozi SH MSi didampingi Kanit Reskrim IPDA Haryoni Amin SH saat dikonfirmasi KSdotcom, Minggu (29/8/2021), membenarkan adanya kejadian kebakaran tadi malam yang nyaris menghanguskan rumah milik honorer tersebut.

“Iya betul, mulanya pemilik rumah hendak mencuci menggunakan mesin cuci di ruang dapur, tiba-tiba kabel mesin cuci tersebut mengalami konsleting dan memicu timbulnya api yang langsung membesar dan membakar mesin cuci serta menyambar plafon rumah,” terang IPDA Haryoni.

Kanit Reskrim ini menjelaskan adanya insiden kebakaran tersebut diketahui berawal ketika warga sekitar lokasi TKP mendengar pemilik rumah meminta pertolongan, dikarenakan adanya api di dalam rumah korban.

“Mendengar adanya yang minta tolong tersebut, saksi bersama warga lainnya mencoba memadamkan api dan memanggil bantuan mobil pemadam kebakaran, tidak lama setelah itu 2 unit mobil pemadam datang ke lokasi dan berhasil memadamkan api,” katanya.

Pihak kepolisian pun mengimbau kepada masyarakat terutama warga Prabumulih untuk waspada kebakaran yang disebabkan oleh korsleting instalasi listrik.

“Alhamdulillah tidak ada korban jiwa atas kejadian itu. Di kesempatan ini, kami juga mengimbau masyarakat lebih waspada. Hendaknya dilakukan pengecekan berkala terhadap instalasi listrik di rumah untuk mencegah kebakaran,” imbuhnya. (dn)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here