Kondisi Pandemi Covid-19 di Prabumulih Semakin Mengkhawatirkan!

0
9
Kondisi Pandemi Covid-19 di Prabumulih Semakin Mengkhawatirkan! (Foto: DN/KSdotcom)
PRABUMULIH, KS – Pandemi virus corona (Covid-19) di Prabumulih masih jauh dari kata usai mengingat jumlah kasus terkonfirmasi hingga angka kematian akibat severe acute respiratory syndrome coronavirus 2 (SARS-CoV-2) itu, kini kian meningkat.

Dalam sehari, jumlah penyebaran kasus terkonfirmasi Covid-19 mencapai 10 hingga 20 orang jiwa. Dinkes Prabumulih mencatat rekor tertinggi selama pandemi terjadi pada Juli 2021 kemarin.

Kualitas penanganan pandemi Covid-19 di Prabumulih pun menjadi salah satu faktor yang dinilai belum sesuai dengan ekspektasi. Hal ini dikarenakan, masih kurangnya jumlah tes PCR hingga Dinas Kesehatan (Dinkes) Prabumulih saat ini masih harus melakukan tes PCR di Palembang.

Tingkat kedisiplinan masyarakat untuk mematuhi protokol kesehatan pun masih rendah, serta terbatasnya fasilitas kesehatan untuk penanganan Covid-19.

Selain memperbaiki tiga hal kekurangan tadi, percepatan vaksinasi untuk mencapai kekebalan komunitas (herd immunity) harus segera dilakukan, termasuk vaksinasi mandiri.

“Yang biasanya mencapai 10 kasus, ini bisa sampai 20 kasus perhari. Yang jelas sekarang sudah ada pembatasan kegiatan masyarakat,” ungkap Kepala Dinkes Prabumulih, dr H Happy Tedjo saat dibincangi KSdotcom, Selasa (3/8/2021).

Jika dilihat dari laporan harian terkait data kasus Covid-19 yang tidak kunjung melandai, dapat dikatakan kondisi pandemi Covid-19 di Prabumulih makin mengkhawatirkan.

Kasus terkonfirmasi positif di Kota Prabumulih bertambah 10 orang hingga total menjadi 1745 orang, sedangkan yang sembuh bertambah 16 orang hingga total menjadi 1344 orang hingga Selasa (2/8/2021).

Berdasarkan laporan laju kasus COVID-19 yang diterima di Prabumulih, dilaporkan juga penambahan kasus kematian sebanyak 127 orang.

Angka suspek dilaporkan sebanyak 2570 jiwa dan spesimen yang diuji sebanyak 998 spesimen, sedangkan kasus aktif dilaporkan bertambah sebanyak 10 kasus, sehingga total menjadi 18 kasus aktif. (dn)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here