Menu

Mode Gelap
Bongkar Kotak Amal Masjid di Perumahan Arda Prabumulih, Dua Pemuda Ditangkap Miris! 3 Tahun Dianggarkan Milyaran Rupiah, Gedung Baru PDAM Tirta Prabujaya Belum juga Difungsikan Viral Aksi Ojol Prabumulih Gerak Cepat Tambal Jalan Berlubang, Warganet Ramai Sindir Pemerintah Diduga Pengedar Narkoba, Aji Malik Ditangkap BNNK Prabumulih Nyaris Dihakimi Warga, Maling Motor di Gunung Ibul Prabumulih Ini Diamankan Polisi

Hukum dan Kriminal · 4 Jul 2022 WIB ·

Kejari Prabumulih Kantongi Identitas Tersangka Korupsi Mark Up Pakaian Olahraga Lansia


 Kepala Seksi (Kasi) Intelijen, Anjasra Karya SH MH (Foto: Ist/KSdotcom) Perbesar

Kepala Seksi (Kasi) Intelijen, Anjasra Karya SH MH (Foto: Ist/KSdotcom)

PRABUMULIH, KS – Kejaksaan Negeri (Kejari) Prabumulih mengaku telah mengantongi identitas tersangka korupsi dugaan mark up di Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Prabumulih. Untuk tersangka tersebut akan diumumkan setelah penyidik memegang hasil audit penghitungan kerugian keuangan negara.

Adapun perkara rasuah tersebut berkenaan dengan kegiatan pengadaan belanja Pakaian Olahraga Pelayanan Kesehatan Usia Lanjut (Lansia) menggunakan dana APBD Prabumulih 2021 dengan nilai pagu sebesar Rp1.053.000.000,00. Perkara tersebut diketahui telah ditingkatkan ke tahap penyidikan berdasarkan gelar perkara yang dilakukan belum lama.

Dalam tahap penyidikan, Jaksa telah memeriksa sejumlah saksi. Langkah serupa masih dilakukan untuk pihak-pihak yang lainnya. Sembari itu, Korps Adhyaksa ini akan menggandeng tim auditor guna melakukan penghitungan kerugian keuangan negara yang terjadi dalam perkara ini.

“Untuk tahap penyidikan saat ini, kita sudah melakukan pemanggilan beberapa saksi, lebih kurang 12 saksi yang sudah dipanggil. Dalam dalam waktu dekat ini kita akan sounding juga ke ahli untuk penghitungan kerugian negara,” ujar Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Prabumulih, Roy Riady SH MH melalui Kepala Seksi (Kasi) Intelijen, Anjasra Karya SH MH dibincangi awak media, Senin (4/7/2022).

Jika hasil audit nantinya telah dipegang, penyidik kata Anjasra, akan melakukan gelar perkara untuk penetapan tersangka. Kendati begitu, dia meyakini untuk identitas tersangka utama telah dikantongi.

“Sebetulnya tinggal menunggu waktu saja penetapan tersangka. Bahwa untuk calon tersangkanya, dari hasil penyidikan kami sudah terbayang dan sudah ada dalam catatan kami. Akan tetapi, nanti pada waktunya akan kami umumkan siapa saja pihak yang lebih bertanggung jawab dalam perkara ini,” sambung pria yang pernah menjabat Kasi Pidana Khusus (Pidsus) Kejari Lahat ini.

Saat ditanyakan, jumlah tersangka ada berapa banyak yang akan ditetapkan dalam kasus dugaan Mark Up pengadaan pakaian olahraga lansia Dinkes Prabumulih, Anjasra belum bersedia menyampaikannya. Menurut dia, hal itu akan diumumkan secepat mungkin.

“Kalau untuk orangnya belum bisa kita sebut, jumlahnya juga belum bisa sebutkan, nanti akan kita umumkan pihak-pihak mana saja yang lebih bertanggung jawab dalam perkara ini, salah satunya menunggu hasil audit,” tegasnya seraya menambahkan salah satunya masih akan melakukan penghitungan kerugian negara oleh tim audit.

Sementara berdasarkan penelusuran dari laman resmi LPSE Kota Prabumulih, bahwa hasil evaluasi dari sebanyak 28 peserta lelang yang mengikuti tahapan tender, diketahui CV Hutama Mukti merupakan sebagai pemenang tender untuk pelaksanaan proyek pengadaan Belanja Pakaian Olahraga Pelayanan Kesehatan Usia Lanjut (Lansia) yang menggunakan APBD Prabumulih 2021 dengan pagu anggaran sebesar Rp1.053.000.000,00. Dan nilai HPS sebesar Rp. 1.049.062.500,00. (dn)

Artikel ini telah dibaca 125 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

Menengok Warga Penderita Kanker Tulang, Demokrat Prabumulih Beri Motivasi dan Santunan

24 September 2022 - 10:42 WIB

Ambulance DPC Demokrat Prabumulih Siap Layani Masyarakat 24 Jam

23 September 2022 - 13:06 WIB

Partai Demokrat Mulai Buka Pendaftaran Bakal Caleg Kota Prabumulih pada Pemilu 2024

21 September 2022 - 17:08 WIB

Antusias Penonton Membludak Saksikan Final Voli AHY Cup DPC Demokrat Prabumulih

21 September 2022 - 13:58 WIB

Hello Kitty Jadi Jawara Turnamen Voli AHY Cup DPC Demokrat Prabumulih

20 September 2022 - 21:21 WIB

PLN Kenalkan Inovasi Mobil dan Motor Listrik ke Pemkot Prabumulih

20 September 2022 - 16:10 WIB

Trending di Nasional