Menu

Mode Gelap
Bongkar Kotak Amal Masjid di Perumahan Arda Prabumulih, Dua Pemuda Ditangkap Miris! 3 Tahun Dianggarkan Milyaran Rupiah, Gedung Baru PDAM Tirta Prabujaya Belum juga Difungsikan Viral Aksi Ojol Prabumulih Gerak Cepat Tambal Jalan Berlubang, Warganet Ramai Sindir Pemerintah Diduga Pengedar Narkoba, Aji Malik Ditangkap BNNK Prabumulih Nyaris Dihakimi Warga, Maling Motor di Gunung Ibul Prabumulih Ini Diamankan Polisi

Prabumulih · 7 Mar 2021 WIB ·

Jos! Ibu-ibu Perumahan Prabu Sejahtera Muara Dua Sulap Lahan Kosong Jadi Kebun Sayur Secara Mandiri


 Jos! Ibu-ibu Perumahan Prabu Sejahtera Muara Dua Sulap Lahan Kosong Jadi Kebun Sayur Secara Mandiri Perbesar

PRABUMULIH – Masa pandemi Covid-19 yang melanda semua sektor kehidupan saat ini, tak membuat warga Perumahan Prabu Sejahtera RT 04 RW 04 Kelurahan Muara Dua Kecamatan Prabumulih Timur Kota Prabumulih hanya berpangku tangan.

Mereka justru bisa tetap kreatif dan produktif dengan cara menyulap lahan kosong menjadi kebun sayur untuk menunjang kebutuhan sehari-hari.

Selain kebun sayur kawasan tersebut menjadi tempat peternakan ikan lele, sebagai upaya untuk ketahanan pangan khususnya di wilayah Kelurahan Muara Dua Kecamatan Prabumulih Timur, Prabumulih.

Lahan yang semula terbengkalai dibuat menjadi lahan produktif dengan ditanami bermacam sayuran. Alhasil, RT 04 RW 04 di Perumahan Prabu Sejahtera, Muara Dua memiliki kebun sayur sendiri yang juga difungsikan sebagai ruang terbuka hijau bagi Kelompok Wanita Tani (KWT).

Ketua KWT Perumahan Prabu Sejahtera, Muara Dua, Sandi Mariza mengatakan, ide pemanfaatan lahan kosong menjadi lahan produktif ini didorong oleh kondisi Perumahan Prabu Sejahtera, yang tidak memiliki ruang terbuka hijau bagi ibu-ibu warga yang tergabung dalam Kelompok Wanita Tani (KWT).

“Dari situ saya dan ibu-ibu warga disini berinisiatif sendiri untuk memanfaatkan lahan kosong yang ada menjadi kebun sayuran,” kata Sandi seraya mengatakan, keberadaan kebun sayur tersebut juga bisa menjadi sarana edukasi anak-anak, mulai dari pengenalan macam-macam tanaman, sayuran bahkan buah-buahan, Minggu (7/3/2021).

Menurutnya, keberadaan kebun sayur KWT tersebut yang digarap sejak awal Januari 2021 lalu itu, juga untuk mendukung perekonomian warga di masa pandemi Covid-19. Sebab, sayuran yang ditanam seperti mentimun bisa dijual atau dikonsumsi warga.

“Kebun KWT ini kita garap sejak tiga bulan terakhir. Alhamdulillah untuk mentimun kita sudah panen sekitar tiga pikul. Dan hari ini panen timun yang keempat kalinya,” bebernya. (dn/as)

Artikel ini telah dibaca 247 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

Pengedar 30 Paket Sabu di Prabumulih Ditangkap Tim Silent Wolf

1 Juli 2022 - 12:52 WIB

Usman Firiansyah: Akan Ada 50 Relawan Anies di Setiap Desa/Kelurahan di Kota Prabumulih

30 Juni 2022 - 21:09 WIB

Progres Pengerjaan Flyover Patih Galung Prabumulih Capai 73,02 Persen

30 Juni 2022 - 18:03 WIB

BNN Lakukan Tes Urine Dadakan di Pemkot Prabumulih

30 Juni 2022 - 16:17 WIB

Naik ke Penyidikan, Kejari Segera Tetapkan Tersangka Dugaan Mark Up Baju Olahraga Dinkes Prabumulih

27 Juni 2022 - 12:00 WIB

Naik Status, Dugaan Mark Up Baju Olahraga Dinkes Prabumulih Kini Tahap Penyidikan

26 Juni 2022 - 21:35 WIB

Trending di Hukum dan Kriminal