Home Daerah Prabumulih Jos! Ibu-ibu Perumahan Prabu Sejahtera Muara Dua Sulap Lahan Kosong Jadi Kebun...

Jos! Ibu-ibu Perumahan Prabu Sejahtera Muara Dua Sulap Lahan Kosong Jadi Kebun Sayur Secara Mandiri

0
32

PRABUMULIH – Masa pandemi Covid-19 yang melanda semua sektor kehidupan saat ini, tak membuat warga Perumahan Prabu Sejahtera RT 04 RW 04 Kelurahan Muara Dua Kecamatan Prabumulih Timur Kota Prabumulih hanya berpangku tangan.

Mereka justru bisa tetap kreatif dan produktif dengan cara menyulap lahan kosong menjadi kebun sayur untuk menunjang kebutuhan sehari-hari.

Selain kebun sayur kawasan tersebut menjadi tempat peternakan ikan lele, sebagai upaya untuk ketahanan pangan khususnya di wilayah Kelurahan Muara Dua Kecamatan Prabumulih Timur, Prabumulih.

Lahan yang semula terbengkalai dibuat menjadi lahan produktif dengan ditanami bermacam sayuran. Alhasil, RT 04 RW 04 di Perumahan Prabu Sejahtera, Muara Dua memiliki kebun sayur sendiri yang juga difungsikan sebagai ruang terbuka hijau bagi Kelompok Wanita Tani (KWT).

Ketua KWT Perumahan Prabu Sejahtera, Muara Dua, Sandi Mariza mengatakan, ide pemanfaatan lahan kosong menjadi lahan produktif ini didorong oleh kondisi Perumahan Prabu Sejahtera, yang tidak memiliki ruang terbuka hijau bagi ibu-ibu warga yang tergabung dalam Kelompok Wanita Tani (KWT).

“Dari situ saya dan ibu-ibu warga disini berinisiatif sendiri untuk memanfaatkan lahan kosong yang ada menjadi kebun sayuran,” kata Sandi seraya mengatakan, keberadaan kebun sayur tersebut juga bisa menjadi sarana edukasi anak-anak, mulai dari pengenalan macam-macam tanaman, sayuran bahkan buah-buahan, Minggu (7/3/2021).

Menurutnya, keberadaan kebun sayur KWT tersebut yang digarap sejak awal Januari 2021 lalu itu, juga untuk mendukung perekonomian warga di masa pandemi Covid-19. Sebab, sayuran yang ditanam seperti mentimun bisa dijual atau dikonsumsi warga.

“Kebun KWT ini kita garap sejak tiga bulan terakhir. Alhamdulillah untuk mentimun kita sudah panen sekitar tiga pikul. Dan hari ini panen timun yang keempat kalinya,” bebernya. (dn/as)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here