PRABUMULIH, KS – Warga di wilayah Kecamatan Rambang Kapak Tengah (RKT), Kota Prabumulih mengeluhkan kondisi jalan yang rusak parah akibat sering dilintasi truk besar berbeban material berat untuk pembangunan proyek tol.

Jalan beraspal yang menghubungkan jalan lintas Baturaja-Prabumulih dengan Desa Talang Batu, Prabumulih Selatan, Kota Prabumulih tersebut dikeluhkan warga sejak beberapa bulan terakhir.

Bagian-bagian badan jalan yang amblas tergenang air hujan yang mengguyur sehari sebelumnya. Sebagian lain badan jalan tertutup tanah basah dari proyek sehingga licin dan membahayakan pengendara motor.

Padahal jalur tersebut merupakan jalur utama warga Desa Talang Batu dan sekitarnya bila akan menuju kawasan utama kota Prabumulih.

“Kondisi jalan rusak parah sejak ada proyek tol pak, apalagi kalau habis hujan bahaya sekali karena kondisi jalan yang ambles tertutup tanah basah dan genangan air,” ungkap Evi, seorang warga saat melintas diwawancarai awak media di lokasi jalan tersebut, Rabu (12/1/2022).

Akan tetapi, ibu rumah tangga ini mengaku hanya bisa pasrah hingga pengerjaan proyek selesai. Dia berharap setelah proyek tol jalur tersebut langsung diperbaiki.

“Sebelum kendaraan proyek tol yang lewat jalan kami ini, jalan kami tidak ada yang rusak. Setelah kendaraan mereka mengangkut material proyek banyak melintasi, jalan kami ini jadi rusak parah,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Desa Talang Batu, Syahril Kanedi membenarkan, kondisi jalan Desa Talang Batu saat ini masih mengalami rusak parah akibat adanya proyek tol Indralaya-Prabumulih.

Kades juga mengaku pihak PT Hutama Karya Infrastruktur (HKI) selaku pelaksana proyek tol sudah melayangkan surat ke Wali Kota Prabumulih, Ir H Ridho Yahya MM.

“Memang pihak pelaksana proyek tol sudah menanggapinya, namun kondisi jalan saat ini di beberapa titik jalan masih mengalami kerusakan, ditambah lagi beberapa hari ini curah hujan terus turun,” tukasnya seraya menambahkan, warga yang melakukan aktivitasnya dengan menggunakan sepeda motor masih bisa melintasi jalan desa tersebut. (dn)

Tentang Penulis

Menginspirasi Berita Menggugah Fakta

Anda mungkin juga menyukai:

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *