Menu

Mode Gelap
Bongkar Kotak Amal Masjid di Perumahan Arda Prabumulih, Dua Pemuda Ditangkap Miris! 3 Tahun Dianggarkan Milyaran Rupiah, Gedung Baru PDAM Tirta Prabujaya Belum juga Difungsikan Viral Aksi Ojol Prabumulih Gerak Cepat Tambal Jalan Berlubang, Warganet Ramai Sindir Pemerintah Diduga Pengedar Narkoba, Aji Malik Ditangkap BNNK Prabumulih Nyaris Dihakimi Warga, Maling Motor di Gunung Ibul Prabumulih Ini Diamankan Polisi

Palembang · 16 Okt 2022 WIB ·

Intensitas Hujan Meningkat, KAI Divre III Waspada 27 Titik Daerah Rawan


 Intensitas Hujan Meningkat, KAI Divre III Waspada 27 Titik Daerah Rawan (Foto: Ilustrasi/net/KSdotcom) Perbesar

Intensitas Hujan Meningkat, KAI Divre III Waspada 27 Titik Daerah Rawan (Foto: Ilustrasi/net/KSdotcom)

PALEMBANG, KS – Kondisi cuaca ekstrem dengan intensitas hujan yang diperkirakan berlangsung hingga akhir bulan ini, membuat PT Kereta Api Indonesia Divre III Palembang meningkatkan kewaspadaan terutama dilakukan di 27 titik rawan bencana.

Kabag Humas PTKAI Divre III Palembang Aida Suryanti menjelaskan potensi bencana di daerah rawan itu tidak hanya berupa banjir, namun juga pergerakan dan kontur tanah yang dapat menyebabkan longsor maupun amblas di sepanjang jalur kereta api di wilayah Divre III Palembang. Lebih lanjut Aida Suryanti menjelaskan dari hasil pemetaan ada beberapa jalur yang masuk dalam daerah rawan longsor. Di antaranya petak jalur Niru – Blimbing Pendopo – Gunung Megang (Muara Enim, Banjarsari – Sukacinta ( Lahat) , Saungnaga-Tebing Tinggi (Empat Lawang) dan titik-titik daerah rawan lainnya. “Daerah-daerah itu sudah kita petakan rawan longsor dan amblas, perlu diwaspadai saat musim hujan,” ungkap Aida,

Sebagai antisipasi,pihaknya telah menyiapkan beberapa langkah yang perlu dilakukan, seperti menyiapkan AMUS (alat material untuk siaga) di 7 titik lokasi AMUS yaitu Payakabung, Prabumulih, Niru, Ujan Mas, Muara Enim, Lahat dan Tebing Tinggi serta pemeriksaan rel secara rutin dengan cara manual berjalan kaki oleh petugas dari dan menuju setiap stasiun. “Pemeriksaan secara kontinyu, petugas di lapangan serta peralatan mekanik sebagai alat evakuasi sudah disiapkan sebagai antisipasi di jalur rawan apabila hal yang tidak diinginkan dampak dari kondisi cuaca, jelas Aida.

Selain itu, KAI Divre III Palembang juga melakukan pemasangan dinding penahan longsor/amblas di daerah yang memang secara geografis berada di wilayah rawan dampak hujan. Dampak longsor maupun amblas apabila mengenai rel otomatis akan menggangu operasional kereta, hal itu yang perlu kita minimalisir agar perjalanan kereta api berjalan aman dan lancar” tutup Aida. (*)

Artikel ini telah dibaca 11 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

KAI Divre III Siapkan 46.692 Tiket untuk Libur Nataru 2022/ 2023 dan Sudah Bisa Dibeli

16 November 2022 - 08:46 WIB

Mulai 7 November, Tiket KA untuk Libur Natal dan Tahun Baru 2022-2023 Sudah Bisa Dibeli

7 November 2022 - 08:42 WIB

Ucok Hidayat Kembali Pimpin PSSI Sumsel, Langsung Fokus Piala Dunia U-20

5 November 2022 - 18:43 WIB

Tingkatkan Keselamatan, PT KAI Divre III Tutup 7 Titik Perlintasan Sebidang

20 Oktober 2022 - 11:23 WIB

Donor Darah Dan Santunan Anak Yatim, Warnai HUT ke -77 KAI Divre III Palembang

28 September 2022 - 11:48 WIB

Mantan Kajari Jakarta Barat Siap Maju Pilwako Palembang

7 September 2022 - 15:30 WIB

Trending di Palembang