Menu

Mode Gelap
Bongkar Kotak Amal Masjid di Perumahan Arda Prabumulih, Dua Pemuda Ditangkap Miris! 3 Tahun Dianggarkan Milyaran Rupiah, Gedung Baru PDAM Tirta Prabujaya Belum juga Difungsikan Viral Aksi Ojol Prabumulih Gerak Cepat Tambal Jalan Berlubang, Warganet Ramai Sindir Pemerintah Diduga Pengedar Narkoba, Aji Malik Ditangkap BNNK Prabumulih Nyaris Dihakimi Warga, Maling Motor di Gunung Ibul Prabumulih Ini Diamankan Polisi

Hukum dan Kriminal · 27 Apr 2021 WIB ·

Ini Alasan Polres Muratara Bentuk Tim Beruang


 Kasat Reskrim Polres Muratara AKP Dedi Rahmad Hidayat. (Foto: Ist/dok) Perbesar

Kasat Reskrim Polres Muratara AKP Dedi Rahmad Hidayat. (Foto: Ist/dok)

MURATARA, KS – Sudah 1,5 Tahun atau 16 Oktober 2019 sampai sekarang, Polres Musi Rawas Utara berdiri untuk melayani, mengayomi dan melindungi masyarakat. Lantas apa yang diperbuat khususnya bidang Satreskrim. Berikut tanggapan Kasat Reskrim Polres Muratara AKP Dedi Rahmad Hidayat.

AKP Dedi sapaan Dedi Rahmad Hidayat mengatakan, sejak terbentuknya Polres Muratara, Kapolres membentuk tim Beruang, yang memiliki arti Bersama Polres Muratara Bangkit.

Menurutnya, tujuan dibentuknya tim ini adalah untuk penegakkan hukum dan lebih memberikan rasa aman atau perlindungan pada masyarakat.

“Tim ini juga untuk meyakinkan bahwa setiap pelaku pelanggaran hukum akan dihadapkan pada proses penegakan hukum,” ungkap Dedi Rahmad.

Sesuai motonya, Tim Beruang bangkit mengajak masyarakat untuk memberikan informasi sekiranya ada gangguan-gangguan, baik dari sekelompok masyarakat atau ancaman dari siapapun juga.

“Masyarakat diminta aktif melaporkan apabila di lingkungannya ada indikasi pelanggaran hukum. Mungkin selama ini mereka tak memiliki keberanian untuk melapor, sekarang silahkan lapor. Tim ini dengan cepat akan mendatangi lokasi pengaduan,” lanjutnya.

“Tujuannya sama, yang tadinya tidak ada jadi ada, tadinya tidak aman jadi aman, tadi tidak tertib jadi tertib, tadi diharapkan sampai hukum belum sampai lapisan bawah, jadi bisa sampai ke bawah,” tutur pria yang hobi memelihara ikan cupang.

Lanjut mantan Kapolsek Muara Kelingi ini, satrekrim pastinya menjadi tugas utama yakni memberantas 3 C (Curas, Curat dan Curanmor). Dalam mengungkap suatu kasus pidana, sambung mantan Kapolsek Gandus ini, Tim Beruang melakukan baik secara persuasif hingga preventif.

“Ya, pelan-pelan mengungkap kasus yang dilaporkan, dan ini sudah dirasakan masyarakat Muratara, terkait kinerja Tim Beruang dalam melayani masyarakat,” ungkapnya.

Selain 3 C, Satreskrim Polres Muratara juga menangani pidana khusus. Betapa tidak,  Muratara memiliki banyak sumber daya alam (SDA) dan lokasi luas, yang tentu saja, dimungkinkan ada melakukan tindak pidana. “Kita tidak pungkiri hal itu,” ucapnya.

Ditambahkan Perwira yang dekat dengan wartawan ini, pada April 2021, Polres Muratara memiliki satuan tugas (Satgas) Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutlah). Baru baru ini, kata dia, Satgas berhasil mengungkap kasus karhutlah di Karang Jaya.

“Kita berikan apresiasi pada anggota yang berhasil mengungkap kasus yang perdana se-Sumsel dan menjadi atensi Kapolres, Kapolda hingga bapak Presiden RI. Kedepan, bukan berarti tidak lagi mengungkap kasus karhutla bila ada, ya diharapkan warga Muratara tidak lagi bakar hutan dan lahan,” terangnya. (*)

Artikel ini telah dibaca 97 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

KPK Pantau Investasi Telkomsel ke GOTO

4 Desember 2022 - 11:17 WIB

Tiga Komisioner Bawaslu Prabumulih Tersangka Korupsi Dana Hibah Pilkada Rp 5,7 M

23 November 2022 - 16:20 WIB

Keluarga Terpidana Korupsi KMK BRI di Prabumulih Kembalikan Uang Pengganti Rp 497 Juta

14 November 2022 - 19:39 WIB

Warga Sugihan Muara Enim Terdampak Endapan Lumpur PT ME Minta Komnas HAM Datang

9 November 2022 - 06:04 WIB

Strong Point Polres Prabumulih Sebagai Wujud Nyata Keberadaan Polisi di Tengah Masyarakat

2 November 2022 - 18:14 WIB

Polres Prabumulih Buka Posko Layanan Pengaduan dan Bantuan Di Setiap Desa dan Kelurahan, Begini Cara Kerjanya

2 November 2022 - 17:35 WIB

Trending di Hukum dan Kriminal