Menu

Mode Gelap
Bongkar Kotak Amal Masjid di Perumahan Arda Prabumulih, Dua Pemuda Ditangkap Miris! 3 Tahun Dianggarkan Milyaran Rupiah, Gedung Baru PDAM Tirta Prabujaya Belum juga Difungsikan Viral Aksi Ojol Prabumulih Gerak Cepat Tambal Jalan Berlubang, Warganet Ramai Sindir Pemerintah Diduga Pengedar Narkoba, Aji Malik Ditangkap BNNK Prabumulih Nyaris Dihakimi Warga, Maling Motor di Gunung Ibul Prabumulih Ini Diamankan Polisi

Bisnis · 22 Jun 2021 WIB ·

Ini 8 Aplikasi Berbahaya yang Bisa Curi Data, Segera Hapus!


 Ilustrasi 8 aplikasi android berbahaya yang bisa curi data (Foto: Ist/KSdotcom) Perbesar

Ilustrasi 8 aplikasi android berbahaya yang bisa curi data (Foto: Ist/KSdotcom)

JAKARTA, KS – Malware Joker sudah menghantui pengguna Android selama tiga tahun belakangan. Kini ada delapan aplikasi Android yang ditemukan membawa malware Joker dan berpotensi mencuri data pribadi pengguna secara diam-diam.

Laporan dari Quick Heal Security Labs mengatakan delapan aplikasi nakal ini ditemukan di Google Play Store. Untungnya, delapan aplikasi ini sudah dilaporkan ke Google dan telah dihapus dari Play Store.

Malware Joker bisa mencuri informasi pribadi dari perangkat korban lewat SMS, daftar kontak, dan informasi perangkat. Malware ini juga bisa berinteraksi dengan situs iklan secara diam-diam.

Parahnya lagi, malware ini bisa mendaftarkan korban ke situs berlangganan premium tanpa sepengetahuan mereka. Akibatnya, korban tidak hanya kehilangan data pribadinya tapi juga uangnya.

Berdasarkan laporan dari Quick Heal, delapan aplikasi nakal yang membawa malware Joket ini saat pertama kali dibuka akan meminta akses untuk notifikasi. Aplikasi ini kemudian mengambil data SMS dari notifikasi dan meminta akses kontak.

Ketika aksesnya sudah diberikan, aplikasi ini juga akan mengatur izin untuk membuat panggilan telepon. Aplikasi nakal ini kemudian akan memonitor semua data ini dan berfungsi secara normal tanpa memperlihatkan aktivitas yang mencurigakan.

Delapan aplikasi nakal ini sudah dihapus dari Play Store, tapi pengguna yang sudah terlanjur mengunduhnya diwajibkan untuk segera menghapus aplikasi-aplikasi ini dari perangkat mereka. Delapan aplikasi yang ketahuan membawa malware Joker adalah:

– Auxiliary Message

– Fast Magic SMS

– Free CamScanner

– Super Message

– Element Scanner

– Go Messages

– Travel Wallpapers

– Super SMS

Quick Heal mengatakan malware ini biasanya disebarkan di Play Store lewat aplikasi scanner, wallpaper dan messaging. Aplikasi jenis ini biasanya cepat populer karena fungsinya yang banyak dicari pengguna.

Pengguna Android pun diimbau berhati-hati saat mengunduh aplikasi baru di Play Store, dan hanya mengunduh aplikasi dari developer yang sudah dipercayai.

(*)

 

 

 

 

Sumber: detikcom

Artikel ini telah dibaca 41 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

Resmikan Pojok Baca Percha Leanpuri, Gubernur Sumsel : Harapan Kedepan Danau Shuji juga Ada Pocadi

4 Juni 2022 - 20:29 WIB

Danau Shuji Lembak Kembali Buka Saat Libur Lebaran

1 Mei 2022 - 14:45 WIB

Toko Tembakau Varians Rasa Modern Hadir di Kota Prabumulih

13 April 2022 - 09:29 WIB

Bau Mulut atau Halitosis?, Begini Cara Ampuh Mengatasinya

9 April 2022 - 16:52 WIB

Ketua DPRD: Komisi III Akan Tinjau Langsung Kondisi Tiang Gedung Kesenian Prabumulih yang Amblas

23 Maret 2022 - 22:21 WIB

Mulai Hari Ini, Pelanggan KA Jarak Jauh yang Sudah Vaksin Lengkap Tidak Perlu Antigen dan PCR

9 Maret 2022 - 11:49 WIB

Trending di Lifestyle