-7.1 C
New York
Sabtu, Januari 22, 2022

Buy now

spot_img

Ini 5 Penyebab Gigi Berlubang yang Sering Dianggap Remeh

GIGI Berlubang memang dapat dialami oleh siapa saja, baik anak-anak maupun dewasa. Banyak faktor yang dapat menyebabkan gigi berlubang tersebut, diantaranya adalah:

1. Cara menyikat gigi yang salah

Jarang kita sadari bahwa kita menyikat gigi dengan cara yang salah. Mungkin ada sebagian yang beranggapan, Yang penting sikat gigi supaya mulut nggak bau.

Hal ini tentu merupakan cara berpikir yang salah. Karena jika kamu asal-asalan menyikat gigi, maka sisa makanan yang ada pada gigi tidak akan terbasmi dengan sempurna.

Hal ini juga akan memicu kuman pada sisa makanan menyebabkan gigi berlubang. Maka dari itu, mulailah terapkan cara menyikat gigi dengan benar selama minimal 2 menit.

2. Jarang menyikat gigi

Penyebab gigi berlubang selanjutnya adalah jarang menggosok gigi. Ketika kamu jarang dan malas menggosok gigi, maka bakteri dan kuman dari sisa-sisa makanan akan berkembang biak dengan cepat dan menyebabkan gigi berlubang.

Rajinlah menyikat gigi 2 kali sehari. Setelah sarapan dan sebelum tidur.

3. Alat menyikat gigi salah

Memakai sikat gigi dan pasta gigi yang tidak sesuai ternyata dapat menyebabkan lubang pada gigi. Misalnya mulut kamu kecil namun memakai sikat gigi yang besar.

Hal ini tentu akan membuat sikat gigi tidak dapat menjangkau semua bagian gigi dengan sempurna sehingga sisa makan yang tertinggal dalam mulut tidak terbasmi dengan baik.

4. Terlalu banyak mengkonsumsi makanan manis

Rasanya hampir semua makanan mengandung gula atau perasa makanan manis. Ketika kamu terlalu banyak mengkonsumsi makanan dan minuman manis, bakteri justru semakin nyaman bersarang di mulut.

Bakteri yang berkembang akan mengubah zat-zat menjadi asam laktat yang kemudian mulai mengikis gigi secara perlahan.

5. Karies gigi

Penyebab gigi berlubang terakhir adalah karies gigi. Karies gigi merupakan penyakit infeksi pada gigi yang merusak struktur gigi.

Jika tidak segera ditangani maka bisa jadi gigi Anda berlubang atau parahnya harus dicabut agar infeksi tidak menyebar.

Karies gigi bisa disebabkan oleh enamel gigi yang tidak terbentuk sempurna, masuknya bakteri streptococcus mutans dan lactobacilli ke dalam mulut, dan faktor-faktor lainnya. (*)

 

 

 

 

Sumber: dari berbagai sumber
KS.comhttps://kompassriwijaya.com
Menginspirasi Berita Menggugah Fakta

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

0FansSuka
3,130PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

Latest Articles