Menu

Mode Gelap
Bongkar Kotak Amal Masjid di Perumahan Arda Prabumulih, Dua Pemuda Ditangkap Miris! 3 Tahun Dianggarkan Milyaran Rupiah, Gedung Baru PDAM Tirta Prabujaya Belum juga Difungsikan Viral Aksi Ojol Prabumulih Gerak Cepat Tambal Jalan Berlubang, Warganet Ramai Sindir Pemerintah Diduga Pengedar Narkoba, Aji Malik Ditangkap BNNK Prabumulih Nyaris Dihakimi Warga, Maling Motor di Gunung Ibul Prabumulih Ini Diamankan Polisi

Dokter Rissa · 11 Apr 2021 WIB ·

Ingat Pesan Dokter Rissa Disiplinkan 3M Bila Sekolah Tatap Muka Dimulai di Prabumulih


 Ingat Pesan Dokter Rissa Disiplinkan 3M Bila Sekolah Tatap Muka Dimulai di Prabumulih Perbesar

PRABUMULIH, KS – Keputusan pemerintah yang membuka kembali sekolah pada tahun ini, menjadi sebuah tantangan bagi para pihak pengelola sekolah. Sekolah harus mempersiapkan pembelajaran tatap muka yang aman dan bermakna.

Kebijakan untuk melakukan pembelajaran tatap muka di sekolah atau tidak ini pun sepenuhnya diputuskan oleh pemerintah daerah masing-masing yang ada di Indonesia.

dr. Murwani Emasrissa Latifah, dokter muda yang bekerja di RSUD Prabumulih pun memberikan pendapat mengenai rencana transisi pembelajaran tatap muka yang mulai akan diterapkan tahun ini.

Menurut dokter yang akrab disapa Rissa ini, pelaksanaan belajar tatap muka ini harus mematuhi berbagai protokol kesehatan yang ketat termasuk 3M yakni wajib memakai masker, mencuci tangan pakai sabun, dan menjaga jarak.

“Menteri Pendidikan dan Kebudayaan memang sudah memperbolehkan untuk pembelajaran tatap muka di sekolah, tapi dengan catatan pihak Dinas Pendidikan sendiri harus lebih dulu memiliki keyakinan seluruh sekolah telah mewajibkan untuk menerapkan protokol kesehatan secara ketat,” ujar Dokter Rissa dibincangi awak media belum lama ini.

Dokter milenial yang pernah berpengalaman di International Society Prenatal Diagnostics (ISPD) National University, Singapore ini juga menuturkan, bahwa tidak ada paksaan bagi para orangtua siswa yang tidak menghendaki anaknya untuk ikut pembelajaran tatap muka, khususnya bagi para wali murid sekolah yang ada di Prabumulih.

Sehingga, lanjut Rissa, keputusan tetap dikembalikan lagi kepada para orang tua murid masing-masing.

“Tidak ada paksaan. Bagi orang tua yang tidak mau anaknya ikut pembelajaran tatap muka di sekolah tidak ada masalah. Tapi bagi orangtua yang mau anaknya pembelajaran tatap muka di sekolah dipersilahkan juga, dan dikembalikan lagi kepada para orang tuanya,” terangnya.

Yang terpenting dalam pembelajaran tatap muka di sekolah ini, lanjut dia, ketersediaan sarana sanitasi dan kebersihan yang layak di sekolah, serta fasilitas layanan kesehatan yang ketat, dan pemetaan risiko perjalanan pulang-pergi, termasuk akses transportasi yang aman untuk siswa maupun guru dapat terpenuhi.

“Jadi jangan sampai orang tua murid sudah yakin melepaskan anaknya di sekolah tapi dari pihak Dinas Pendidikan ataupun Dinas Kesehatan sendiri tidak memfasilitasi hal tersebut sesuai anjuran 3 M (memakai masker, mencuci tangan pakai sabun, dan menjaga jarak),” tutupnya. (*)

Artikel ini telah dibaca 17 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

Masyarakat Prabumulih Diimbau Waspada DBD Memasuki Musim Hujan

30 September 2021 - 23:30 WIB

Kondisi Pandemi Covid-19 di Prabumulih Semakin Mengkhawatirkan!

3 Agustus 2021 - 15:22 WIB

Tips Mengobati Sakit Gigi Berlubang Paling Ampuh secara Alami dan Cepat

15 Juni 2021 - 02:32 WIB

Selain Menurunkan Kolesterol, Ternyata Ini Manfaat Buah Kesemek untuk Kesehatan

11 Juni 2021 - 01:25 WIB

Selain Menyembuhkan Jerawat, Ternyata Ini Manfaat Biji Adas bagi Kesehatan

24 Mei 2021 - 05:21 WIB

Wah! Ternyata Ini Manfaat Buah Pisang untuk Wanita, Nomor 4 Cewek Banget Tuh

22 Mei 2021 - 04:46 WIB

Trending di Dokter Rissa