Menu

Mode Gelap
Bongkar Kotak Amal Masjid di Perumahan Arda Prabumulih, Dua Pemuda Ditangkap Miris! 3 Tahun Dianggarkan Milyaran Rupiah, Gedung Baru PDAM Tirta Prabujaya Belum juga Difungsikan Viral Aksi Ojol Prabumulih Gerak Cepat Tambal Jalan Berlubang, Warganet Ramai Sindir Pemerintah Diduga Pengedar Narkoba, Aji Malik Ditangkap BNNK Prabumulih Nyaris Dihakimi Warga, Maling Motor di Gunung Ibul Prabumulih Ini Diamankan Polisi

Lifestyle · 4 Okt 2021 WIB ·

Hebat! Bukan hanya MICE dan Sport, Sumsel kini Andalkan Health Tourism


 Hebat ! Bukan hanya MICE dan Sport, Sumsel kini Andalkan Health Tourism (Foto: Ist/KSdotcom) Perbesar

Hebat ! Bukan hanya MICE dan Sport, Sumsel kini Andalkan Health Tourism (Foto: Ist/KSdotcom)

PALEMBANG, KS – Perlahan tapi pasti. Pasca pandemi covid-19, geliat sektor pariwisata di Sumatera Selatan khususnya Kota Palembang mulai bangkit dari keterpurukan kurang lebih dua tahun belakangan ini.

Betapa tidak, kalau selama ini propinsi Sumsel menjadi tujuan wisata dengan mengandalkan paket MICE (meeting, incentive, convention and exhibition) dan sport tourism, kini Sumsel terus berbenah dan melakukan terobosan melalui Health Tourism ( Wisata Kesehatan).

Hal ini pula yang sudah dan sedang digebrak asosiasi pelaku pariwisata Indonesia (Asppi) Sumsel melalui programnya yang dikemas dengan paket-paket wisata kesehatan dengan bekerjasama dengan stake holder di sumsel seperti Pemprov Sumsel, Pemkot Palembang, RSMH Palembang, dan melibatakan pelaku pariwisata lainnya.

“Kita menyambut baik apa yang sedang dan sudah dilakukan Asppi Sumsel dengan mendorong percepatan dan pemulihan pariwisata di Sumsel melalui program health tourismnya,” ungkap Herlan Aspiudin selaku penasehat Asspi Sumsel yang juga staff ahli gubernur Sumsel, Senin (4/10/2021).

Dengan begitu, lanjutnya, Sumsel saat ini bukan hanya mengandalkan MICE, Sport Tourism saja, tapi juga ada Health Tourism yang menjadi andalan dan makin dilirik wisatawan baik itu wisatawan nusantara maupun mancanegara.

“Untuk itu, kita perlu siapkan semua, baik itu edukasi SDM, infrastruktur maupun strategi promosi wisata,”ungkap Herlan yang kerap disapa Babe ini sembari menyebutkan bahwa Sumsel memang sangat representatif dan memiliki banyak fasilitas kesehatan berkelas.

Ditambahkan Ruda Ermansyah, Ketua Asppi Sumsel, saat ini pihaknya memang gencar melakukan health tourism. “Ini mungkin hikmah dari pandemi selama ini, berawal dari ngobrol dengan kawan-kawan dan para pelaku pariwisata di Sumsel, timbulah ide untuk menggagas program wisata kesehatan,” jelasnya didamping Bambang Darsono selaku sekretaris Asppi Sumsel

Salah satunya, menurut Ruda, Asppi melakukan kerjasama dengan pihak kementerian kesehatan melalui RSMH Palembang.

Ada program vaksin massal, program Medical Check up (MCU), dan even lainnya yang dikemas melalui program Asppi Sumsel Fair (ASF).

“Alhamdulillah sudah berjalan lancar dan ada mou dengan mitra Asspi dan mereka menyambut baik. Intinya, kita siap membangkitkan pariwisata di Sumsel melalui program anyar Health Tourism,” semangat Ruda.

(*)

Artikel ini telah dibaca 12 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

Donor Darah Dan Santunan Anak Yatim, Warnai HUT ke -77 KAI Divre III Palembang

28 September 2022 - 11:48 WIB

Mantan Kajari Jakarta Barat Siap Maju Pilwako Palembang

7 September 2022 - 15:30 WIB

KAI DIVRE III Palembang Jaga dan Selamatkan Aset Demi Kepentingan Negara

6 September 2022 - 12:01 WIB

USS Gelar Pembekalan Magang Mahasiswa 2022

4 September 2022 - 06:08 WIB

Demokrat Gelar Rakor Bappilu se-Sumsel, Selaraskan Strategi Jelang Pemilu 2024

28 Agustus 2022 - 21:55 WIB

Kapolres Prabumulih Bersama Forkopimda dan Insan Pers Nobar Film Sayap-Sayap Patah di Cinepolis Citimall

28 Agustus 2022 - 05:41 WIB

Trending di Lifestyle