Menu

Mode Gelap
Bongkar Kotak Amal Masjid di Perumahan Arda Prabumulih, Dua Pemuda Ditangkap Miris! 3 Tahun Dianggarkan Milyaran Rupiah, Gedung Baru PDAM Tirta Prabujaya Belum juga Difungsikan Viral Aksi Ojol Prabumulih Gerak Cepat Tambal Jalan Berlubang, Warganet Ramai Sindir Pemerintah Diduga Pengedar Narkoba, Aji Malik Ditangkap BNNK Prabumulih Nyaris Dihakimi Warga, Maling Motor di Gunung Ibul Prabumulih Ini Diamankan Polisi

Opini · 17 Jul 2022 WIB ·

He he he.., Tiga Kali Paripurna DPRD Prabumulih Batal, FITRA Sumsel : Jangan hanya Pandai Habiskan Anggaran Semata


 He he he.., Tiga Kali Paripurna DPRD Prabumulih Batal, FITRA Sumsel : Jangan hanya Pandai Habiskan Anggaran Semata (Foto: Ist/KSdotcom) Perbesar

He he he.., Tiga Kali Paripurna DPRD Prabumulih Batal, FITRA Sumsel : Jangan hanya Pandai Habiskan Anggaran Semata (Foto: Ist/KSdotcom)

PRABUMULIH, KS – Rapat paripurna pengesahan jadwal pembahasan RAPBD TA 2023 dan penyampaian nota pengantar Wali Kota terhadap pembahasan Laporan Pertanggungjawaban (LPJ) pelaksanaan APBD TA 2021 kembali batal digelar, pada Rabu (13/7/2022).

Lagi-lagi penyebabnya tidak kuorum. Ini merupakan yang ketiga kalinya batal dilaksanakan sehingga kinerja wakil rakyat mendapat sorotan sejumlah kalangan.

“DPRD Prabumulih jangan hanya pandai menghabiskan anggaran semata dari APBD. Masak, rapat paripurna tentang pengesahan jadwal pembahasan RAPBD 2023 sudah tiga kali diagendakan batal dilaksanakan karena tidak kuroumnya kehadiran wakil rakyat,” ujar Koordinator Forum Indonesia untuk transparansi anggaran (FITRA) provinsi Sumatera Selatan (Sumsel), Nunik Handayani, Jumat (15/7/2022).

Aktivis Perempuan Sumsel ini sangat menyayangkan DPRD Prabumulih secara kelembagaan gagal melaksanakan tugas serta tanggung jawab kepada masyarakat.

Menurut Nunik, sikap mayoritas wakil rakyat yang tidak hadir-hadir pada rapat paripurna, menunjukan indikasi ketidakberpihakan mereka kepada kepentingan masyarakat.

Apalagi pembahasan RAPBD 2023 sangat penting, karena masukan-masukan yang disampaikan akan melengkapi kebijakan Kementerian Dalam Negeri dalam menyusun kebijakan Permendagri tentang penyusunan APBD.

”Kita tidak tahu apakah ini kelalaian atau unsur kesengajaan dari mayoritas kalangan wakil rakyat. Pansus bekerja menggunakan anggaran yang bersumber dari APBD, tetapi hasil kerjanya tidak bisa sampaikan karena sudah tiga kali rapat paripurna batal digelar,” jelas Nunik.

“Ini hanya akan menambah catatan buruk pada kinerja anggota dewan. Mereka secara tidak langsung sedang mempertontonkan ketidakpedulian dan tidak bertanggung jawab terhadap keputusan yang mereka buat sendiri,”

“Jadi jangan disalahkan rakyat kalau mereka menjadi tidak respek dan hilang kepercayaan pada anggota dewan yang terhormat itu,” tutupnya.

Seperti diketahui, rapat paripurna dengan agenda pengesahan jadwal kegiatan pembahasan rancangan peraturan daerah tentang pertanggungjawaban pelaksanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kota Prabumulih tahun anggaran 2021 sudah tiga kali digelar dan selalu batal.

Paripurna pertama digelar pada Rabu (15/6/2022) yang lalu, batal digelar karena hanya dihadiri 2 anggota dewan. Kemudian, rapat paripurna kedua kalinya digelar dengan agenda yang sama pada Rabu (6/7/2022) kemarin, kembali ditunda karena hanya 10 dewan yang hadir.

Dan untuk ketiga kalinya, paripurna digelar agenda sama pada Rabu (13/7/2022) kemarin kembali batal disebabkan hanya dihadiri 13 anggota DPRD Prabumulih. (dn)

Artikel ini telah dibaca 18 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

Insan Pers bersama Polres Prabumulih Gelar Bakti Sosial dan Donor Darah dalam rangka Hari Pers Nasional 2023

7 Februari 2023 - 11:00 WIB

Berkas Perkara Korupsi Dana Hibah Dilimpahkan ke Pengadilan, 3 Eks Pejabat Bawaslu Prabumulih Segera Diadili

2 Februari 2023 - 15:56 WIB

Penyuluhan Agama: Kemenag Prabumulih Sampaikan Amalan Di Bulan Rajab ke Warga Binaan Rutan

31 Januari 2023 - 17:50 WIB

Demokrat Prabumulih Buka Akses Jalan Kelurahan Anak Petai Menuju Gunung Kemala

29 Januari 2023 - 10:59 WIB

Ini Langkah Deni Victoria Usai Dilantik Jadi Ketua DPC Demokrat Prabumulih

21 Januari 2023 - 11:37 WIB

Bapas Palembang Lakukan Pendampingan Calon Asesor Asesmen Napi Rutan Kelas II B Prabumulih

20 Januari 2023 - 11:02 WIB

Trending di Hukum dan Kriminal