Menu

Mode Gelap
Bongkar Kotak Amal Masjid di Perumahan Arda Prabumulih, Dua Pemuda Ditangkap Miris! 3 Tahun Dianggarkan Milyaran Rupiah, Gedung Baru PDAM Tirta Prabujaya Belum juga Difungsikan Viral Aksi Ojol Prabumulih Gerak Cepat Tambal Jalan Berlubang, Warganet Ramai Sindir Pemerintah Diduga Pengedar Narkoba, Aji Malik Ditangkap BNNK Prabumulih Nyaris Dihakimi Warga, Maling Motor di Gunung Ibul Prabumulih Ini Diamankan Polisi

Hukum dan Kriminal · 27 Apr 2021 WIB ·

Hari Bhakti Pemasyarakatan ke-57, Menkum HAM Ingatkan Jajarannya Mengedepankan Pendekatan yang Manusiawi


 Pelaksanaan upacara Hari Bhakti Pemasyarakatan ke 57 secara virtual oleh Lapas Kelas II A Lubuklinggau, Selasa (27/4/2021). (Foto: Ist/dok) Perbesar

Pelaksanaan upacara Hari Bhakti Pemasyarakatan ke 57 secara virtual oleh Lapas Kelas II A Lubuklinggau, Selasa (27/4/2021). (Foto: Ist/dok)

LUBUKLINGGAU, KS – Seluruh Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) melaksanakan upacara peringatan Hari Bhakti Pemasyarakatan ke 57 tahun 2021. Tak terkecuali di Kota Lubuklinggau yang dilaksanakan secara virtual di Aula Lapas Kelas II A Lubuklinggau, Selasa (27/4/2021).

Pelaksanaan upacara yang dipimpin Kalapas Imam Purwanto kali ini mengusung tema “Akselerasi Adaptasi, Pemasyarakatan Pasti Maju”.

Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan Mahfud MD berpesan kepada seluruh jajaran Pemasyarakatan pada khususnya dan jajaran Kementerian Hukum dan HAM pada umumnya bahwa Peringatan Hari Bhakti Pemasyarakatan ke-57 adalah momentum yang tepat untuk kita semua merefleksikan kembali apa yang menjadi nawaitu para pendahulu dan peletak dasar pemasyarakatan.

“Institusi Pemasyarakatan adalah sebuah simbol dari upaya pendobrakan warisan kolonial, yang tidak mencerminkan ideologi Pancasila. Semangat sistem pemasyarakatan membangun dengan mengedepankan pendekatan yang manusiawi dan mendekatkan mereka kepada masyarakat,”

“Pemasyarakatan kita yakini bersama sebagai sebuah tools Nation building dan character building sebagaimana yang telah diamanatkan oleh Presiden Soekarno pada Konferensi Lembang tahun 1964. Ini adalah semangat yang mengandung makna bahwa Pemasyarakatan dituntut untuk mampu membangun kapasitas pribadi para pelanggar hukum agar menjadi pribadi yang lebih baik,” ujarnya.

Diakhir amanatnya, Prof Mahfud MD juga mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada seluruh elemen masyarakat beserta instansi terkait, yang telah berpartisipasi mendukung pelaksanaan tugas Pemasyarakatan.

“Khusus kepada seluruh Unit Pelaksana Teknis Pemasyarakatan, Petugas Pemasyarakatan dan seluruh keluarga besar Pemasyarakatan, saya ucapkan Selamat Hari Bhakti Pemasyarakatan ke-57 ! Kobarkan Semangat Adaptasi Akselerasi, Pemasyarakatan Pasti Maju. Tetaplah menjadi pelayan masyarakat yang mempunyai semangat mengabdi dengan tulus dan ikhlas kepada bangsa dan negara. Semoga Allah SWT, Tuhan Yang Maha Kuasa senantiasa melindungi kita,” tutup Prof Mahfud MD.

Seusai Upacara, Kalapas Lubuklinggau, Imam Purwanto menyampaikan kepada seluruh petugas Lapas Lubuklinggau untuk tetap semangat dalam menjalankan tugas dan fungsi sehari-hari.

“Mari tetap bersemangat dan ikhlas dalam melaksanakan tugas, kita besar dan berbahagia karena Pemasyarakatan. Selamat Hari Bhakti Pemasyarakatan ke-57, Semangat Akselerasi Adaptasi, Pemasyarakatan Pasti Maju,” ujar Imam.(*)

Artikel ini telah dibaca 40 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

Pengedar 30 Paket Sabu di Prabumulih Ditangkap Tim Silent Wolf

1 Juli 2022 - 12:52 WIB

Progres Pengerjaan Flyover Patih Galung Prabumulih Capai 73,02 Persen

30 Juni 2022 - 18:03 WIB

BNN Lakukan Tes Urine Dadakan di Pemkot Prabumulih

30 Juni 2022 - 16:17 WIB

Kejari dan BPN Kota Prabumulih Teken MoU, Ini Tujuannya

29 Juni 2022 - 19:06 WIB

Naik ke Penyidikan, Kejari Segera Tetapkan Tersangka Dugaan Mark Up Baju Olahraga Dinkes Prabumulih

27 Juni 2022 - 12:00 WIB

Naik Status, Dugaan Mark Up Baju Olahraga Dinkes Prabumulih Kini Tahap Penyidikan

26 Juni 2022 - 21:35 WIB

Trending di Hukum dan Kriminal