0.2 C
New York
Rabu, Januari 19, 2022

Buy now

spot_img

Gunung Ibul Barat Masuk Nominasi Proklim Utama 2021 Tingkat Nasional

PRABUMULIH, KS – Program Kampung Iklim atau Proklim digagas Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) guna menguatkan kapasitas adaptasi dampak perubahan iklim dan penurunan emisi gas rumah kaca dengan melibatkan seluruh lapisan masyarakat.

Selain itu, program ini juga dihajatkan untuk menggairahkan partisipasi masyarakat dalam menjaga dan mencintai lingkungan.

Kelurahan Gunung Ibul Barat yang merupakan salah satu wilayah di Kecamatan Prabumulih Timur Kota Prabumulih, Sumatera Selatan (Sumsel), Indonesia, menjadi salah satu peserta Lomba Kampung Proklim dari 811 Lokasi se-Indonesia.

Gunung Ibul Barat sendiri masuk dalam Nominasi Proklim Utama Tingkat Nasional setelah kedatangan tim Verifikator Proklim 2021 dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI sebagai tindak lanjut penilaian Kelurahan Gunung Ibul Barat beberapa waktu yang lalu.

Diketahui pula, Gunung Ibul Barat yang merupakan satu-satunya Kelurahan di Kota Prabumulih yang memiliki sekitar 28 inovasi baru di Sumsel, sehingga membuatnya terpilih menjadi nominator untuk mengikuti Proklim Utama 2021 di tingkat Nasional.

“Kegiatan dan inovasi-inovasi yang kami miliki, tentunya tidak bersumber dari dana pemerintahan,” ucap Lurah Gunung Ibul Barat, Joko Arif Trianto Amd kepada KSdotcom, Jumat (10/9/2021).

Ia menyampaikan, capaian ini juga tidak terlepas dari kerjasama dan kekompakan bersama, mulai dari dukungan pihak swasta, hingga masyarakat dan tokoh-tokoh pelopor Proklim lainnya.

Selain itu, lanjutnya, juga tim Proklim Dinas Lingkungan Hidup Kota Prabumulih yang terus bekerja keras selama ini. “Tidak ada persiapan khusus yang dilakukan dalam pelaksanaan penilaian Lomba Proklim ini,” kata dia.

Lurah Gunung Ibul Barat inipun menyebutkan, jika seluruh tatanan dan beberapa program yang dilaksanakan di wilayah kerjanya tersebut, lebih dulu dilakukan sebagai upaya untuk menjaga kelestarian lingkungan, baik dari aspek pengairan, pertanian, irigasi, dan beberapa aspek lainnya.

Penanganan sampah serta budidaya ikan dengan sistem bioflok Kelompok Wanita Tani (KWT) Swadaya menjadi salah satu fokus utama yang dilakukan dalam menjaga kelestarian lingkungan.

Dengan pencapaian ini, banyak pihak berharap, terutama Pemerintah Kota Prabumulih kepada Kelurahan Gunung Ibul Barat bisa mengharumkan nama kota Prabumulih dan Provinsi Sumsel di tingkat Nasional. (dn)

KS.comhttps://kompassriwijaya.com
Menginspirasi Berita Menggugah Fakta

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

0FansSuka
3,122PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

Latest Articles