Menu

Mode Gelap
Bongkar Kotak Amal Masjid di Perumahan Arda Prabumulih, Dua Pemuda Ditangkap Miris! 3 Tahun Dianggarkan Milyaran Rupiah, Gedung Baru PDAM Tirta Prabujaya Belum juga Difungsikan Viral Aksi Ojol Prabumulih Gerak Cepat Tambal Jalan Berlubang, Warganet Ramai Sindir Pemerintah Diduga Pengedar Narkoba, Aji Malik Ditangkap BNNK Prabumulih Nyaris Dihakimi Warga, Maling Motor di Gunung Ibul Prabumulih Ini Diamankan Polisi

Lifestyle · 10 Sep 2021 WIB ·

Gunung Ibul Barat Masuk Nominasi Proklim Utama 2021 Tingkat Nasional


 Gunung Ibul Barat Masuk Nominasi Proklim Utama Tingkat Nasional (Foto: Ist/KSdotcom) Perbesar

Gunung Ibul Barat Masuk Nominasi Proklim Utama Tingkat Nasional (Foto: Ist/KSdotcom)

PRABUMULIH, KS – Program Kampung Iklim atau Proklim digagas Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) guna menguatkan kapasitas adaptasi dampak perubahan iklim dan penurunan emisi gas rumah kaca dengan melibatkan seluruh lapisan masyarakat.

Selain itu, program ini juga dihajatkan untuk menggairahkan partisipasi masyarakat dalam menjaga dan mencintai lingkungan.

Kelurahan Gunung Ibul Barat yang merupakan salah satu wilayah di Kecamatan Prabumulih Timur Kota Prabumulih, Sumatera Selatan (Sumsel), Indonesia, menjadi salah satu peserta Lomba Kampung Proklim dari 811 Lokasi se-Indonesia.

Gunung Ibul Barat sendiri masuk dalam Nominasi Proklim Utama Tingkat Nasional setelah kedatangan tim Verifikator Proklim 2021 dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI sebagai tindak lanjut penilaian Kelurahan Gunung Ibul Barat beberapa waktu yang lalu.

Diketahui pula, Gunung Ibul Barat yang merupakan satu-satunya Kelurahan di Kota Prabumulih yang memiliki sekitar 28 inovasi baru di Sumsel, sehingga membuatnya terpilih menjadi nominator untuk mengikuti Proklim Utama 2021 di tingkat Nasional.

“Kegiatan dan inovasi-inovasi yang kami miliki, tentunya tidak bersumber dari dana pemerintahan,” ucap Lurah Gunung Ibul Barat, Joko Arif Trianto Amd kepada KSdotcom, Jumat (10/9/2021).

Ia menyampaikan, capaian ini juga tidak terlepas dari kerjasama dan kekompakan bersama, mulai dari dukungan pihak swasta, hingga masyarakat dan tokoh-tokoh pelopor Proklim lainnya.

Selain itu, lanjutnya, juga tim Proklim Dinas Lingkungan Hidup Kota Prabumulih yang terus bekerja keras selama ini. “Tidak ada persiapan khusus yang dilakukan dalam pelaksanaan penilaian Lomba Proklim ini,” kata dia.

Lurah Gunung Ibul Barat inipun menyebutkan, jika seluruh tatanan dan beberapa program yang dilaksanakan di wilayah kerjanya tersebut, lebih dulu dilakukan sebagai upaya untuk menjaga kelestarian lingkungan, baik dari aspek pengairan, pertanian, irigasi, dan beberapa aspek lainnya.

Penanganan sampah serta budidaya ikan dengan sistem bioflok Kelompok Wanita Tani (KWT) Swadaya menjadi salah satu fokus utama yang dilakukan dalam menjaga kelestarian lingkungan.

Dengan pencapaian ini, banyak pihak berharap, terutama Pemerintah Kota Prabumulih kepada Kelurahan Gunung Ibul Barat bisa mengharumkan nama kota Prabumulih dan Provinsi Sumsel di tingkat Nasional. (dn)

Artikel ini telah dibaca 311 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

Harga Apel Jatuh, Petani Mengeluh, AHY: Kita perjuangkan Kepentingan Petani

7 Februari 2023 - 11:51 WIB

Insan Pers bersama Polres Prabumulih Gelar Bakti Sosial dan Donor Darah dalam rangka Hari Pers Nasional 2023

7 Februari 2023 - 11:00 WIB

Anies dan Tim Kecil Koalisi Perubahan Sambangi AHY di kantor Demokrat

2 Februari 2023 - 20:50 WIB

Berkas Perkara Korupsi Dana Hibah Dilimpahkan ke Pengadilan, 3 Eks Pejabat Bawaslu Prabumulih Segera Diadili

2 Februari 2023 - 15:56 WIB

Penyuluhan Agama: Kemenag Prabumulih Sampaikan Amalan Di Bulan Rajab ke Warga Binaan Rutan

31 Januari 2023 - 17:50 WIB

Demokrat Prabumulih Buka Akses Jalan Kelurahan Anak Petai Menuju Gunung Kemala

29 Januari 2023 - 10:59 WIB

Trending di Politik