Menu

Mode Gelap
Bongkar Kotak Amal Masjid di Perumahan Arda Prabumulih, Dua Pemuda Ditangkap Miris! 3 Tahun Dianggarkan Milyaran Rupiah, Gedung Baru PDAM Tirta Prabujaya Belum juga Difungsikan Viral Aksi Ojol Prabumulih Gerak Cepat Tambal Jalan Berlubang, Warganet Ramai Sindir Pemerintah Diduga Pengedar Narkoba, Aji Malik Ditangkap BNNK Prabumulih Nyaris Dihakimi Warga, Maling Motor di Gunung Ibul Prabumulih Ini Diamankan Polisi

Ekonomi · 27 Mei 2021 WIB ·

Giliran Pemulung, Tukang Becak, Disabilitas dan Kuli Panggul di Prabumulih Bakal Dibangunkan Rumah


 Wali Kota Prabumulih, Ir H Ridho Yahya MM saat audiensi dengan Dirjen Perumahan Kementerian PUPR, Dr Khalawi AH didampingi Direktur Sistem dan Strategi Penyelenggaraan Perumahan, Dwityo Akoro Susanto di Jakarta, Kamis (27/5/2021) siang tadi. (Foto : Ist/ FB Protokol Prabumulih) Perbesar

Wali Kota Prabumulih, Ir H Ridho Yahya MM saat audiensi dengan Dirjen Perumahan Kementerian PUPR, Dr Khalawi AH didampingi Direktur Sistem dan Strategi Penyelenggaraan Perumahan, Dwityo Akoro Susanto di Jakarta, Kamis (27/5/2021) siang tadi. (Foto : Ist/ FB Protokol Prabumulih)

PRABUMULIH, KS – Wali Kota Prabumulih, Ir H Ridho Yahya MM mengajukan usulan para pemulung, tukang becak, serta disabilitas dan kuli panggul kota nanas untuk mendapatkan bantuan program perumahan berbasis komunitas ke Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) RI.

Pembangunan rumah atau hunian yang layak (adequate housing) yang diusulkan itu disampaikan oleh Ir H Ridho Yahya MM saat audiensi langsung dengan Dirjen Perumahan Kementerian PUPR, Dr Khalawi AH didampingi Direktur Sistem dan Strategi Penyelenggaraan Perumahan, Dwityo Akoro Susanto di Jakarta, Kamis (27/5/2021) siang tadi.

Dikutip dari akun facebook Protokol Prabumulih yang resmi dikelola oleh pihak Humas Pemkot Prabumulih, setidaknya saat ini ada sebanyak 150 unit rumah atau hunian yang layak (adequate housing) diusulkan ke Kementerian PUPR.

Rencananya, perumahan berbasis komunitas bagi para pemulung, tukang becak, serta disabilitas dan kuli panggul tersebut akan dibangun di lahan lebih kurang seluas 4 hektar yang ada di wilayah Kelurahan Anak Petai dan Jalan Lingkar Timur Kelurahan Sukaraja Kota Prabumulih.

“Jumlah usulan ini adalah data valid yang telah disinkronkan melalui Dinas Sosial dan Dinas Perumahan dan Permukiman Kota Prabumulih,”

Di kesempatan itu, Wali Kota Prabumulih juga berharap agar usulan pembangunan rumah untuk masyarakat kurang mampu atau para pemulung, tukang becak, serta disabilitas dan kuli panggul di kota Prabumulih ini dapat segera terwujudkan di tahun ini.

Sementara menanggapi hal itu, Dirjen Perumahan Kementerian PUPR Republik Indonesia, Dr Khalawi AH menyambut baik program-program Wali Kota Prabumulih dalam mendukung kementerian PUPR melalui program pembangunan satu juta rumah.

Sebelumnya, kota Prabumulih tercatat 223 penyapu jalan yang setiap hari bekerja membersihkan jalanan. Perumahan bagi penyapu jalan ini menempati lahan yang seluas 4 Hektar.

Wali Kota Prabumulih, Ir H Ridho Yahya MM mengatakan, penyediaan rumah bagi komunitas penyapu jalan, bagian dari kepedulian Pemerintah Kota Prabumulih terhadap penyapu jalan. Ia berharap pemerintah pusat dapat menambah bantuan perumahan kepada komunitas penarik becak dan pemulung.

Gubernur Sumatera Selatan H Herman Deru meminta fasilitas umum di perumahan berbasis komunitas penyapu jalan ikut pula dibangun. Herman Deru juga meminta Pemerintah Kota Prabumulih memfasilitasi pemberdayaan ekonomi penyapu jalan. Di Pemerintah Provinsi, bantuan pemberdayaan ekonomi bisa diusulkan.

Direktur Jenderal Penyediaan Perumahan Kementerian PUPR DR Khalawi AH mengatakan pihaknya tetap konsisten tentang penyediaan berbasis komunitas. Soal permintaan Walikota Prabumulih tentang penambahan perumahan bagi komunitas penarik becak dan pemulung, dia meminta satuan kerjanya bergerak untuk memenuhi permintaan orang nomor satu di Prabumulih ini.

Diketahui pula, penyelenggaraan program perumahan berbasis komunitas oleh Kementerian PUPR RI ini adalah bertujuan untuk membangun dan menguatkan swadaya masyarakat dalam membangun perumahan yang partisipatif dan inklusif. (dn/ek)

Artikel ini telah dibaca 1,679 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

Peduli Kemanusiaan, Demokrat Prabumulih Kembali Berikan Kursi Roda Bagi Warga Membutuhkan

30 November 2022 - 23:06 WIB

Petugas Sensus Regsosek BPS Prabumulih Protes, Honor Belum Dibayar

29 November 2022 - 23:45 WIB

Gerakan Berbagi Sarapan Demokrat Prabumulih, Bagi-bagi Kebahagiaan Dimulai dari Pagi Hari

25 November 2022 - 13:43 WIB

Tiga Komisioner Bawaslu Prabumulih Tersangka Korupsi Dana Hibah Pilkada Rp 5,7 M

23 November 2022 - 16:20 WIB

Peduli dan Berbagi, Demokrat Prabumulih Salurkan Bantuan untuk Korban Kebakaran di Kelurahan Muara Dua

22 November 2022 - 19:10 WIB

Jumat Berbagi Door to Door, Demokrat Prabumulih Bersama Orsap Sasar Kelurahan Prabu Jaya

18 November 2022 - 21:29 WIB

Trending di Politik