Menu

Mode Gelap
Bongkar Kotak Amal Masjid di Perumahan Arda Prabumulih, Dua Pemuda Ditangkap Miris! 3 Tahun Dianggarkan Milyaran Rupiah, Gedung Baru PDAM Tirta Prabujaya Belum juga Difungsikan Viral Aksi Ojol Prabumulih Gerak Cepat Tambal Jalan Berlubang, Warganet Ramai Sindir Pemerintah Diduga Pengedar Narkoba, Aji Malik Ditangkap BNNK Prabumulih Nyaris Dihakimi Warga, Maling Motor di Gunung Ibul Prabumulih Ini Diamankan Polisi

Daerah · 28 Apr 2021 WIB ·

Ganti Rugi Lahan Warga di PALI oleh Seismik BGP Berjalan Lancar


 Ganti Rugi Lahan Warga di PALI oleh Seismik BGP Berjalan Lancar Perbesar

PALI, KS – Kegiatan seismik 3D Blok Chrysant PT Pertamina EP yang dikerjakan oleh PT Bureau Geophysical Prospecting (BGP) Indonesia yang melintasi tiga daerah di wilayah provinsi Sumatera Selatan yaitu kota Prabumulih, PALI dan Muara Enim sudah memasuki tahap akhir.

Untuk di wilayah Kabupaten PALI, yang meliputi beberapa desa dalam kecamatan Tanah Abang sudah tahap penyaluran ganti rugi lahan dan hari Ini dimulai di Desa Tanah Abang Selatan yang di bayarakan oleh PT Pertamina EP melalui Kontraktor Pelaksana PT BGP Indonesia berjalan dengan kondusif.

Hal itu terpantau di kantor desa Tanah Abang Selatan Kecamatan, pembayaran di lakukan secara transparan dan langsung kepada pemilik dan disaksikan oleh tripika serta pemerintah desa kemudian tidak ada penitipan pembayaran kepada pemerintah setempat pada Rabu (28/4/21), puluhan warga setempat yang lahannya dilintasi atau menjadi titik perekaman tampak semringah karena mendapat ganti rugi dari PT Pertamina EP melalui kontraktor pelaksana kegiatan Seismik 3D.

Dari beberapa sumber pemilik lahan yang telah menerima kompensasi berucap bahwa

“Dari awal kami dapat pemberitahuan dari perangkat desa bahwa lahan kami akan dilalui kegiatan pengeboran dan perekaman pencarian sumber minyak dan gas. Dan pada hari ini kami mendapat ganti rugi. Tentunya atas pembayaran ini, tidak ada warga yang mempunyai lahan terdampak aktivitas seismik dirugikan,” katanya.

Sementara itu, Erwadi kepala desa Tanah Abang Selatan mengharapkan di desanya ditemukan sumber minyak atau gas pasca kegiatan seismik.

“Kami berharap bukan hanya pengeboran dan perekaman saja, tapi setelah kegiatan itu, di desa kami ditemukan sumber minyak sehingga ada harapan warga desa kami untuk bisa mendapatkan lebih dari adanya sumber minyak itu. Juga kami berharap kepada pihak perusahaan agar dapat memberikan kontribusi kepada masyarakat sehingga tercipta kerjasama yang baik antara perusahaan dan masyarakat. Untuk itu kami dari pemerintah desa akan terus menjalin komunikasi dengan pihak perusahaan yang selama ini sudah tercipta, meski kegiatan seismik telah berakhir,” ucap Kades.

Terpisah, Jumadi Achmad, Kepala Humas PT BGP Indonesia membenarkan kegiatan seismik di wilayah kecamatan Tanah Abang kabupaten PALI telah berakhir.

“Alhamdulillah dengan pembayaran ganti rugi atas lahan milik warga yang dilalui atau menjadi titik pemboran maupun ganti rugi atas rumah yang terdampak kegiatan seismik menandakan kegiatan kami telah berakhir. Kami sampaikan apresiasi kepada seluruh masyarakat dan pemerintah desa yang telah membantu kegiatan seismik dari awal hingga akhir. Untuk nominal ganti rugi kita mengacu pada aturan yang berlaku. Sedangkan pemilik lahan yang menerima ganti rugi telah didata sebelumnya melalui pemerintah desa,” terang Jumadi. (*)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Artikel ini telah dibaca 107 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

Truk Tangki BBM Pertamina Kecelakaan Tunggal Hingga Terbakar di PALI

12 Mei 2022 - 20:50 WIB

Hari Pertama Kerja, ASN dan Honorer di PALI Masih Ditemukan Bolos

9 Mei 2022 - 22:04 WIB

50 Anggota PWI Sumsel Ikuti Vaksinasi Booster

15 Februari 2022 - 11:14 WIB

Usut Dugaan Penyimpangan Retribusi IMB, Kejari Prabumulih Panggil 2 Orang untuk Dimintai Keterangan

7 Februari 2022 - 21:29 WIB

ACT Prabumulih Bagikan Ratusan Sandal Wudhu Baru untuk Masjid dan Musholla

6 Februari 2022 - 11:42 WIB

Tim Buser Polsek Prabumulih Barat Tangkap DPO Pencuri Mesin Genset Masjid

5 Februari 2022 - 10:44 WIB

Trending di Daerah