Menu

Mode Gelap
Bongkar Kotak Amal Masjid di Perumahan Arda Prabumulih, Dua Pemuda Ditangkap Miris! 3 Tahun Dianggarkan Milyaran Rupiah, Gedung Baru PDAM Tirta Prabujaya Belum juga Difungsikan Viral Aksi Ojol Prabumulih Gerak Cepat Tambal Jalan Berlubang, Warganet Ramai Sindir Pemerintah Diduga Pengedar Narkoba, Aji Malik Ditangkap BNNK Prabumulih Nyaris Dihakimi Warga, Maling Motor di Gunung Ibul Prabumulih Ini Diamankan Polisi

Empat Lawang · 12 Feb 2022 WIB

Front LSM Ungkap Temuan BPK RI Senilai Rp 3,6 Miliar di Kabupaten Empat Lawang


 Front LSM Ungkap Temuan BPK RI Senilai Rp 3,6 Miliar di Kabupaten Empat Lawang (Foto: Ist/KSdotcom) Perbesar

Front LSM Ungkap Temuan BPK RI Senilai Rp 3,6 Miliar di Kabupaten Empat Lawang (Foto: Ist/KSdotcom)

EMPAT LAWANG, KS – Front Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) yang terdiri dari NGO Revolusioner, Independen Corruption World (ICW 4L) dan Lembaga Komunitas Pengawas Korupsi (LKPK) Sumatera Selatan, menemukan Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia (BPK-RI) atas laporan keuangan pemerintah daerah (LKPD) Kabupaten Empat Lawang tahun anggaran 2010 – 2015.

Dalam laporan lembaga negara tersebut, ditemukan adanya beberapa pengerjaan proyek baik fisik maupun pengadaan yang diduga telah merugikan keuangan negara hingga miliaran rupiah.

“Anehnya kerugian negara ini, tidak dikembalikan atau ditindaklanjuti,” ungkap Windo, Ketua Independen Corruption Watch (ICW) kabupaten Empat Lawang, ketika melakukan konferensi pers di cyber cafe,kemarin (11/2/2022).

Diungkapkannya, beberapa pengerjaan proyek yang diduga menimbulkan kerugian negara berdasarkan LHP BPK RI tahun 2010 – 2015 diantaranya, penimbunan perkantoran talang Jawa, pembangunan pasar pendopo, pengaspalan jalan belakang rumah makan Surya kecamatan pendopo tahun 2010, pengadaan konstruksi peningkatan jalan Pajar bakti- Lawang agung, jasa konsultasi DPPKAD tahun 2011 dan beberapa proyek lainnya.

“Temuan dugaan korupsi yang menimbulkan kerugian negara ini, akan kami laporkan ke pihak kejaksaan,” tegasnya seraya berharap aparat penegak hukum agar dapat menindaklanjuti dan melakukan penyelidikan atas LHP BPK RI yang diduga telah menimbulkan kerugian negara tersebut.

Sementara itu, Achmad Zarkasih, Ketua LSM NGO Revolutioner ini juga menambahkan, dalam laporan audit BPK RI ini diketahui bahwa dugaan korupsi yang terjadi di Empat Lawang mengakibatkan kerugian negara sekitar Rp 3,6 miliar.

Untuk itulah, pihaknya akan segera melaporkannya ke kejaksaan negeri (Kejari), Kejati hingga Kejagung RI dalam waktu dekat ini.

“Ini perbuatan melawan hukum, yang harus diselesaikan aparat penegak hukum dan melakukan pemeriksaan menyeluruh terhadap semua pihak yang terkait dalam pengerjaan proyek tersebut,” kata Emet panggilan akrabnya didampingi oleh Yulazar dari LSM L-KPK.

Terpisah, Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Empat Lawang, Sigit Prabowo, SH MH ketika dikonfirmasi wartawan terkait perihal tersebut menjelaskan, pihaknya akan menerima apapun jenis laporan dan pengaduan masyarakat terkait dugaan tindak pidana korupsi.

“Silahkan ajukan laporan Pengaduan hasil temuan BPK tersebut dan bukti-bukti pendukung lainnya nanti akan saya teruskan ke bidang Pidana Khusus (Pidsus) untuk segera dilakukan penanganan lebih lanjut,” ucapnya.

Dia menerangkan, bahwa laporan dan pengaduan yang masuk ke pihaknya tersebut akan dilakukan penyelidikan dengan mengumpulkan data dan keterangan serta on the spot ke lokasi selama 30 hari.

“Jika dari penyelidikan tersebut ditemukan minimal 2 alat bukti yang cukup telah terjadinya dugaan tindak pidana korupsi atau peristiwa pidana, maka selanjutnya dilakukan expose internal atau eksternal di Aspidsus Kejati apakah kasus tersebut layak atau tidak jika ditingkatkan ke tahap penyidikan umum,” tukasnya. (*)

Artikel ini telah dibaca 40 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

Terungkap! Lokasi Video Pasangan Selingkuh Hello Kitty Direkam, Penyebar Diburu Polisi

19 Maret 2023 - 15:59 WIB

Polisi Sudah Kantongi Identitas Pemeran Video Mesum yang Diduga Pasangan Selingkuh di Prabumulih

18 Maret 2023 - 19:22 WIB

Polisi Selidiki Video Mesum Hello Kitty di Prabumulih, Diduga Diperankan Pasangan Selingkuh

18 Maret 2023 - 10:33 WIB

Sambut HBP Ke-59, Rutan Kelas IIB Prabumulih Gelar Aksi Donor Darah

18 Maret 2023 - 00:02 WIB

Nama Kasi Pidsus Kejari Prabumulih Rudi Firmansyah Dicatut

13 Maret 2023 - 20:45 WIB

Nenek di Prumnas Prabu Indah Ditemukan Tewas Gantung Diri, Diduga Depresi karena Sakit Tak Kunjung Sembuh

12 Maret 2023 - 20:12 WIB

Trending di Hukum dan Kriminal