-2.3 C
New York
Minggu, Januari 23, 2022

Buy now

spot_img

Eks Gubernur Sumsel Alex Noerdin Jadi Tersangka Korupsi Pembelian Gas Bumi!

JAKARTA, KS – Anggota DPR RI Fraksi Partai Golkar, Ir H Alex Noerdin ditetapkan Kejaksaan Agung (Kejagung) sebagai tersangka kasus dugaan korupsi pembelian gas bumi oleh BUMD Perusahaan Daerah Pertambangan dan Energi (PDPDE) Sumatera Selatan (Sumsel) periode 2010-2019.

Kejagung RI langsung melakukan penahanan terhadap Eks Gubernur Sumsel usai ditetapkan sebagai tersangka untuk 20 hari kedepan di Rutan Kelas I Cipinang cabang KPK.

“Untuk mempercepat penyidikan kedua tersangka dilakukan penahanan,” kata Kepala Pusat Penerangan Hukum (Kapuspenkum) Kejagung Leonard Eben Ezer Simanjuntak kepada wartawan, Kamis (16/9/2021).

Ia menyampaikan, dalam perkara ini pihaknya juga menetapkan Eks Komisaris Perusahaan Daerah Pertambangan dan Energi Sumatera Selatan, Muddai Madang sebagai tersangka dan akan dilakukan penahanannya di Rutan Salemba cabang Kejagung.

Diketahui sebelumnya, Alex Noerdin sudah dipanggil pada Senin (13/9/2021) lalu, namun yang bersangkutan tidak hadir dengan dalih sedang sidang di DPR.

Sekedar mengingatkan, dalam perkara PDPDE tersebut, Kejagung RI telah menetapkan dua orang tersangka, yakni inisial CISS selaku Direktur Utama PDPDE Sumatera Selatan periode 2008 dan Direktur PT Dika Karya Lintas Nusa berinisial AYH.

Berdasarkan audit Badan Pemeriksa Keuangan Negara perkara ini diduga merugikan keuangan negara sebesar 30.000.000 dolar Amerika Serikat yang berasal dari hasil penerimaan penjualan gas dikurangi biaya operasional selama kurun waktu 2010-2019. Kemudian, kerugian juga dihitung dari setoran modal yang seharusnya tidak dibayarkan PDPDE Sumsel. (dn/ak)

KS.comhttps://kompassriwijaya.com
Menginspirasi Berita Menggugah Fakta

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

0FansSuka
3,134PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

Latest Articles