-5.3 C
New York
Minggu, Januari 23, 2022

Buy now

spot_img

Cara Mudah Laporkan Konten Hoax ke Polres Prabumulih Via DM Instagram

PRABUMULIH, KS – Kepolisian Resort (Polres) Prabumulih melalui Satuan Reserse Kriminal (Satreskrim), mengimbau masyarakat untuk melaporkan jika melihat konten-konten negatif yang dianggap berpotensi memecah belah ataupun ada akun di media sosial yang menyebarkan berita hoax.

Konten-konten yang dimaksud diantaranya, mengandung ujaran kebencian, bermuatan provokasi, radikalisme, SARA, ataupun berita-berita bohong. Pihak kepolisian tersebut menyampaikan hal ini melalui akun Instagram resminya, @satreskrimpolresprabumulih_, pada Senin (24/5/2021).

Pelaporan ini bisa dilakukan dengan mengirim screen capture (tangkapan layar) atau alamat URL konten yang ingin dilaporkan melalui pesan atau DM ke akun Instagram resminya, @satreskrimpolresprabumulih_. Kiriman aduan segera ditanggapi dan diproses setelah melalui verifikasi, serta kerahasiaan pelapor dijamin.

Kapolres Prabumulih, AKBP Suwandi SH SIk MH melalui Kasat Reskrim, AKP Abdul Rahman SH mengimbau kepada masyarakat untuk aktif melaporkan kepada aparat penegak hukum apabila menemukan akun media sosial yang menyebarkan berita bohong (hoax).

“Apabila ada yang menanyakan atau konfirmasi berita apapun, kami persilahkan melaporkan langsung ke akun Instagram resmi @satreskrimpolresprabumulih_. Kami akan menjawab,” ujar AKP Abdul Rahman SH dikonfirmasi awak media ini, siang tadi.

Ia juga meminta masyarakat khususnya warga yang ada di Prabumulih saling mengingatkan dengan lingkungan sekitarnya untuk bersikap bijak dalam menerima informasi.

Guna mencegah terjadinya gangguan keamanan dan ketertiban akibat gerakan radikalisme, dia menjelaskan bahwa Polri melakukan berbagai upaya pencegahan, pembendungan, dan penegakan hukum.

Ia pun menambahkan bahwa penyebaran informasi hoax merupakan salah satu cara untuk menyebarkan paham radikal. Hal tersebut menurutnya bisa terjadi karena literasi (pemahaman) masyarakat tentang pengelolaan informasi masih sangat minim.

“Karena itu, masyarakat juga diminta agar turut serta dan aktif untuk memberantas cyber crime dengan melaporkan konten yang berbahaya dan tidak sehat,” tandasnya. (dn/ek)

KS.comhttps://kompassriwijaya.com
Menginspirasi Berita Menggugah Fakta

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

0FansSuka
3,134PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

Latest Articles