Menu

Mode Gelap
Bongkar Kotak Amal Masjid di Perumahan Arda Prabumulih, Dua Pemuda Ditangkap Miris! 3 Tahun Dianggarkan Milyaran Rupiah, Gedung Baru PDAM Tirta Prabujaya Belum juga Difungsikan Viral Aksi Ojol Prabumulih Gerak Cepat Tambal Jalan Berlubang, Warganet Ramai Sindir Pemerintah Diduga Pengedar Narkoba, Aji Malik Ditangkap BNNK Prabumulih Nyaris Dihakimi Warga, Maling Motor di Gunung Ibul Prabumulih Ini Diamankan Polisi

Politik · 5 Jan 2023 WIB ·

Buka Posko Pemilu, Kejari Prabumulih Ingatkan Tupoksi Penyelenggara dan Caleg Tak Lakukan Praktik Politik Uang


 Kejari Pastikan Penanganan Kasus Dugaan Korupsi Bawaslu Prabumulih Berlanjut (Foto: Ist/KSdotcom) Perbesar

Kejari Pastikan Penanganan Kasus Dugaan Korupsi Bawaslu Prabumulih Berlanjut (Foto: Ist/KSdotcom)

PRABUMULIH, KS – Kejaksaan Negeri (Kejari) Prabumulih tidak main-main untuk melakukan tindakan baik itu secara administratif maupun ke ranah hukum pidana bila ditemukan adanya pelanggaran-pelanggaran dalam masa Pemilu mendatang.

Kepala Kejari Prabumulih, Roy Riyadi SH MH melalui Kepala Seksi (Kasi) Intelijen, Anjasra Karya SH MH Kembali mengingatkan, tugas dan fungsi bagi para komisioner KPU serta meminta para calon legislatif (Caleg) DPRD Kabupaten/kota/Provinsi/ Pusat dan DPD harus berhati-hati dalam melakukan aksi kampanye di masyarakat dengan tidak melakukan politik uang (money politic).

“Kami juga berpesan bagi penyelenggara Pemilu nanti ataupun para komisioner KPU agar tetap bekerja sesuai tupoksi saja,” tutur Mantan Kasi Tindak pidana khusus (Pidsus) Kejari Lahat ini menginginkan.

Menurutnya, bila sampai ketahuan atau dilaporkan, para caleg akan dikenakan dengan sanksi yang berat. Sanksi tersebut misalnya, dibatalkan sebagai caleg, dan hukuman penjara selama 2 tahun dengan denda 24 juta. Begitu pun sanksi bagi para penyelenggara Pemilu 2024.

“Contoh sebelumnya juga kan sudah ada. Iya kalau terbukti dan masuk dalam ranah pidana, tentunya sanksi berat, seperti dibatalkan sebagai Caleg serta hukuman penjara dan bahkan denda yang harus dibayar. Makanya caleg harus berhati-hati jangan sampai melakukan money politik,” tegasnya.

Lembaga Adhyaksa kota nanas tersebut juga melontarkan harapan dalam pelaksanaan tahapan Pemilu hingga hari pencoblosan tidak terdapat temuan potensi pelanggaran pada Pemilu 2024.

“Tentunya harapan kami, pada pelaksanaan tahapan Pemilu dari awal hingga selesai tidak ditemukan pelanggaran. Juga, masyarakat bisa menyalurkan hak suaranya dengan tertib, aman dan lancar,” tutupnya. (dn)

Artikel ini telah dibaca 90 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

Insan Pers bersama Polres Prabumulih Gelar Bakti Sosial dan Donor Darah dalam rangka Hari Pers Nasional 2023

7 Februari 2023 - 11:00 WIB

Anies dan Tim Kecil Koalisi Perubahan Sambangi AHY di kantor Demokrat

2 Februari 2023 - 20:50 WIB

Berkas Perkara Korupsi Dana Hibah Dilimpahkan ke Pengadilan, 3 Eks Pejabat Bawaslu Prabumulih Segera Diadili

2 Februari 2023 - 15:56 WIB

Penyuluhan Agama: Kemenag Prabumulih Sampaikan Amalan Di Bulan Rajab ke Warga Binaan Rutan

31 Januari 2023 - 17:50 WIB

Demokrat Prabumulih Buka Akses Jalan Kelurahan Anak Petai Menuju Gunung Kemala

29 Januari 2023 - 10:59 WIB

Survei Algoritma: Mayoritas Publik Enggan Pilih Partai Baru di 2024

25 Januari 2023 - 08:53 WIB

Trending di Nasional