PRABUMULIH, KS – Kehadiran teknologi terus memberikan kemudahan bagi masyarakat. Terutama untuk akses atau transaksi lebih cepat, efektif, dan gampang.

Seperti halnya, beramal melalui dompet elektronik atau mobile banking bernama QR Code Indonesian Standard (QRIS) yang lakukan oleh Bank Sumsel Babel (BSB) kota Prabumulih bekerjasama dengan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) untuk mengajak masyarakat melakukan pembayaran zakat, infaq dan shodaqoh.

Menurut Pimpinan Cabang Bank Sumsel Babel kota Prabumulih, Tian Kedaumpu Yamin ST MM saat mensosialisasikan sistem zakat, infaq dan shodaqoh melalui Q-RIS di Masjid Al Ikhwan Kelurahan Wonosari Kecamatan Prabumulih Utara, Senin (19/4/2021), dengan Q-RIS masyarakat bisa beramal lebih banyak dan aman. Baik di Baznas Prabumulih maupun ke Masjid Al Ikhwan, tanpa harus membawa uang tunai.

“Cara ini dinilai lebih tepat sasaran, dan bisa lebih banyak memberi manfaat.

“Sekarang semuanya bisa beramal lebih mudah, baik bayar zakat, infak, atau sedekah menggunakan QRIS. Lebih praktis, dan tanpa ribet,” katanya.

Disampaikan Tian, sejak 15 April kemarin, pihaknya bersama Baznas Prabumulih telah melakukan sosialisasi ke 89 masjid di Masjid Islamic Center kota Prabumulih.

“Hari kedua sebanyak 40 masjid di Kecamatan Prabumulih Barat dan Utara dan kemudian berapa hari lagi ada sosialisasi lagi di 37 masjid yang akan kita lakukan di Kecamatan Prabumulih Selatan dan RKT. Sosialisasi ini bertujuan mempermudah masyarakat kita untuk bayar zakat, infaq dan shodaqoh,” terang dia.

Lebih lanjut Tian menjelaskan, salah satu kelebihan Q-RIS ini, yakni memberikan kemudahan bertransaksi. Setelahnya, masyarakat bisa mengubah kebiasaan lama melakukan pembayaran secara tunai.

“Q-RIS diantaranya contoh mobile banking Bank Sumsel Babel mobile banking bank lain, OVO maupun Gopay. Kemudian mereka akan scan barcode tersebut tergantung 3 jenis infaq dan shodaqoh zakat mal maupun zakat profesi. Mereka yang menyalurkan apa mereka scan sebesar dana yang mereka inginkan nanti dana tersebut akan langsung masuk ke rekening masjid yang ada di Bank Sumsel Babel atau rekening Baznas,” bebernya.

Masih kata dia, pihaknya akan terus menyosialisasikan penggunaan Q-RIS untuk pembayaran zakat, infak, sedekah melalui telepon pintar di masjid yang ada di kota Prabumulih. Apalagi, selain jumlah nominal transaksi akan lebih besar, pembayaran nontunai dan Q-RIS juga aman.

Ketua Baznas Prabumulih, H Nazamudin SAg menambahkan, kegiatan ini dilaksanakan bersama Bank Sumsel Babel dalam rangka membantu petugas pengumpulan zakat dan shodaqoh. UPZ (Unit Pengumpul Zakat) berdasarkan undang-undang dibentuk untuk memberikan payung hukum dalam mengumpulkan zakat.

“Oleh karena itu bagi masjid yang belum membentuk UPZ maka baznas akan memberikan SK dan setelah itu silahkan mengumpulkan zakat. Kita gandeng Bank Sumsel Babel agar mempermudah kita mengumpulkan zakat, infaq dan shodaqoh dari masyarakat dengan hanya menggunakan aplikasi Q-RIS,” tuturnya.

Pada kesempatan tersebut, Wakil Wali Kota Prabumulih, H Andriansyah Fikri SH yang sempat hadir pun mengaku sangat menyambut baik dengan adanya sosialisasi sistem pembayaran non tunai (Q-RIS) ke masyarakat tersebut.

“Dan yakinkanlah dana yang kita sumbangkan ini akan kita gunakan dengan sebagaimana mestinya. Kepada seluruh masyarakat kota Prabumulih yang akan membayar zakat melalui sistem ini yang belum paham caranya pasti ada kendala. Jadi kepada pihak Bank Sumsel Babel giatkan sosialisasi, kalau bisa diperjelas lagi kepada masyarakat serta ke perusahaan kemudian dinas-dinas lainnya agar benar-benar memahami,” tandasnya. (dn/ak)

Tentang Penulis

Menginspirasi Berita Menggugah Fakta

Anda mungkin juga menyukai:

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *