Menu

Mode Gelap
Bongkar Kotak Amal Masjid di Perumahan Arda Prabumulih, Dua Pemuda Ditangkap Miris! 3 Tahun Dianggarkan Milyaran Rupiah, Gedung Baru PDAM Tirta Prabujaya Belum juga Difungsikan Viral Aksi Ojol Prabumulih Gerak Cepat Tambal Jalan Berlubang, Warganet Ramai Sindir Pemerintah Diduga Pengedar Narkoba, Aji Malik Ditangkap BNNK Prabumulih Nyaris Dihakimi Warga, Maling Motor di Gunung Ibul Prabumulih Ini Diamankan Polisi

Lifestyle · 9 Apr 2022 WIB ·

Bau Mulut atau Halitosis?, Begini Cara Ampuh Mengatasinya


 (Foto: Ilustrasi/Net) Perbesar

(Foto: Ilustrasi/Net)

BAU MULUT dalam istilah kedokteran biasa disebut dengan HALITOSIS. Halitosis adalah keadaaan dimana seseorang mengeluarkan bau nafas tidak sedap yang berasal dari dalam mulutnya.

Biasanya ada beberapa kemungkinan penyebab bau mulut, bisa dari faktor luar maupun dalam tubuh. Faktor luar itu seperti adanya sisa makanan di dalam mulut. Sedangkan faktor dari dalam kebanyakan berasal dari masalah gigi dan mulut, di antaranya gigi berlubang, karang gigi, penyakit gusi, gigi retak, gigi palsu yang tidak dijaga kebersihannya dengan baik, dan berkurangnya air liur di dalam mulut (xerostomia).

Nah, ada yang pernah mengalami kasus-kasus seperti itu di dalam mulutnya? Kalau ternyata penyebabnya bukan berasal dari dalam mulut, kemungkinan bisa berasal dari bagian tubuh kamu yang lain seperti, kondisi alergi, radang kronis pada saluran pernapasan, gangguan pencernaan, dan beberapa penyakit dalam lainnya.

Berikut faktor pemicu dan langkah mengatasinya?

Kenali Faktor Pemicunya

Sebelum mengetahui bagaimana langkah mengatasi bau mulut, kamu perlu mengenali faktor pemicunya lebih dulu. Ada berbagai macam faktor yang menyebabkan bau mulut menjadi tidak sedap. Faktor utamanya adalah masalah pada gigi dan mulut, seperti gigi berlubang dan masalah gusi.

Selain itu, bau mulut juga bisa disebabkan oleh kondisi kesehatan tertentu, seperti:

✔️Diabetes.

✔️Gangguan hati.

✔️Infeksi saluran pernapasan seperti bronkitis kronis.

Kondisi mulut kering atau yang disebut juga dengan xerostomia, karena produksi air liur terganggu akibat bakteri menumpuk di rongga mulut.

✔️Gangguan saluran pencernaan.

Sinusitis yang memproduksi post nasal drip, yaitu aliran cairan kental yang terdapat dari rongga sinus ke tenggorokan.

Faktor lainnya adalah kebersihan mulut yang tidak dijaga dengan baik. Agar mulut tidak berbau, kamu juga perlu menghindari jenis makanan tertentu yang berbau menyengat, berhenti merokok dan konsumsi alkohol, serta konsumsi asupan karbohidrat yang cukup.

Kembali ke pertanyaan di atas, bagaimana sih cara ampuh menghilangkan bau mulut?

Tips Mengatasi Bau Mulut 

Aroma bau mulut sangat bervariasi, tergantung pada penyebab yang mendasari. Pada beberapa orang, mereka bahkan tidak menyadari akan hal tersebut. Pasalnya, memang agak sulit menilai bagaimana bau napas sendiri. Untuk mengatasi bau mulut, berikut ini beberapa langkah yang bisa dilakukan:

1. Menjaga Kebersihan Mulut dan Gigi

Langkah pertama dan yang paling penting adalah menjaga kebersihan mulut dan gigi dengan baik. Caranya dengan menggosok gigi minimal dua kali dalam sehari. Dilanjut dengan teknik flossing untuk menghilangkan sisa makanan disela gigi. Kemudian, berkumur dengan larutan mouthwash yang tidak mengandung alkohol.

Kamu juga disarankan untuk mengganti sikat gigi dua bulan sekali, serta memeriksa kesehatan gigi minimal 6 bulan sekali. Bagi orang tua yang menggunakan gigi palsu lepas pakai, sebaiknya dibersihkan secara rutin agar tidak terjadi penumpukan bakteri akibat sisa makanan yang terjebak di dalamnya.

2. Perbanyak Asupan Serat dan Air Putih

Konsumsi makanan tinggi serat baik untuk membantu menunjang metabolisme tubuh. Hal tersebut dapat mencegah bau mulut dan gangguan pencernaan, sekaligus mengatasinya. Sedangkan memperbanyak minum air putih dapat mencegah mulut menjadi kering yang merupakan penyebab bau mulut.

3. Hentikan Kebiasaan Tidak Sehat

Cara mengatasi bau mulut selanjutnya dilakukan dengan menghentikan kebiasaan tidak sehat. Beberapa kebiasaan tersebut, seperti merokok, konsumsi minuman beralkohol, dan kafein. Hindari juga beberapa jenis makanan yang memiliki bau menyengat, seperti jengkol, petai, bawang, dan terasi.

4. Mengunyah Permen Karet

Mengunyah permen karet menjadi salah satu cara mengatasi bau mulut. Agar dapat menunjang fungsinya, pilih permen karet bebas gula dan mengandung xylitol. Zat ini sangat ampuh melawan bau mulut dan menghambat pertumbuhan bakteri. Kunyah permen karet xylitol lima menit setelah makan.

5. Menggunakan Bahan-Bahan Alami

Mengatasi bau mulut juga dapat dilakukan dengan menggunakan bahan alami, seperti daun sirih. Jika kurang nyaman mengunyahnya, kamu dapat berkumur dengan air rebusan daun sirih. Selain daun sirih, kamu juga bisa menerapkan cara yang sama dengan menggunakan cengkeh, kayu manis dan daun peppermint.

6. Mengkonsumsi Yoghurt

Mengonsumsi 85 gram yoghurt bebas gula, sebanyak dua kali sehari dalam enam minggu dinilai ampuh dalam mengatasi bau mulut. Hal tersebut dikarenakan yoghurt dapat membantu menurunkan kadar senyawa sulfida yang menjadi penyebab bau mulut tidak sedap.

(*)

Artikel ini telah dibaca 15 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

Gerakan Berbagi Sarapan Demokrat Prabumulih, Bagi-bagi Kebahagiaan Dimulai dari Pagi Hari

25 November 2022 - 13:43 WIB

Tiga Komisioner Bawaslu Prabumulih Tersangka Korupsi Dana Hibah Pilkada Rp 5,7 M

23 November 2022 - 16:20 WIB

Wisuda Prabhatar TNI, Putra KSAD Dudung Dapat Acungan Jempol dari Jenderal Andika

1 November 2022 - 19:54 WIB

Eksekusi Harta Kekayaan Terpidana Korupsi KMK BRI Prabumulih, Jaksa Sita Uang Rp 727 Juta dan 5 Sertifikat Hak Milik

26 Oktober 2022 - 20:35 WIB

Memperkenalkan Diplomasi Santri di Negeri Paman Sam

24 Oktober 2022 - 11:53 WIB

Mengintip Hijaunya Kebun Sayur di Perkarangan Rumdin Kejari Prabumulih

21 Oktober 2022 - 10:34 WIB

Trending di Nasional