Home Energi Arti Eid Mubarak dan Balasan Ucapan Selamat Hari Raya Idul Fitri yang...

Arti Eid Mubarak dan Balasan Ucapan Selamat Hari Raya Idul Fitri yang Tepat

0
38
Arti Eid Mubarak dan Balasan Ucapan Selamat Hari Raya Idul Fitri yang Tepat. (Foto : Ist/net)
KSdotcom – Seluruh umat muslim di Indonesia hari ini tepat pada Kamis, 13 Mei 2021 merayakan Hari Raya Idul Fitri 1442 H.

Berbagai ucapan selamat Idul Fitri 2021 pun saling terucapkan oleh umat muslim pada hari penuh berkah tersebut.

Tak hanya ucapan selamat Idul Fitri 2021 atau 1442 H, memberikan balasan atau jawaban juga harus diberikan sebagai timbal balik.

Begitupun ‘Eid Mubarak’ sering diucapkan saat perayaan Idul Fitri maupun Idul Adha.

Tak dapat dipungkiri, istilah ‘Eid Mubarak’ kian populer di kalangan kaum muslim sebagai bentuk ucapan selamat menyambut hari besar, seperti perayaan Idul Fitri maupun Idul Adha.

Istilah ini juga banyak menghiasi timeline sosial media, baik itu Instagram, Facebook, Line, maupun story Whatsapp. Hanya saja, masih ada sejumlah umat muslim yang belum tahu arti Eid Mubarak?

Namun, tidak seluruh umat muslim mengetahui apa arti dari Eid Mubarak ini. Lantas, apa artinya? Simak berikut ini penjelasannya.

Secara bahasa, Eid Mubarak adalah kata serapan dari bahasa Arab yang terdiri dari dua kosa kata yaitu ‘Aid- Yuaidu’ yang artinya merayakan.

Sedangkan ‘Mubarak’ diambil dari kata dasar ‘baraka’ yang artinya diberkati, suci keberuntungan, semoga diberkati, semoga berkah, memberi selamat.

Pengertian Eid Mubarak secara etimologis yakni selamat merayakan hari raya yang diberkahi atau selamat hari raya Idul Fitri untukmu.

Jadi, apabila ada orang yang mengucapkan Eid Mubarak kepadamu, maka kamu bisa menjawabnya dengan ucapan ‘Eid saeed lakum ‘aydaan’. Arti “Eid saeed lakum ‘aydaan’ ini adalah Selamat Hari Raya Idul Fitri juga untukmu.

Selain itu juga, membalas ucapan selamat Hari Raya Idul Fitri umumnya terkadang dibalas atau dijawab dengan kata-kata yang sama.

Dasar pengucapan dan balasan yang sama ini sesuai dengan salah satu surat Al-Quran An-Nisa ayat 86 yang bunyinya:

وَإِذَا حُيِّيتُم بِتَحِيَّةٍ فَحَيُّوا۟ بِأَحْسَنَ مِنْهَآ أَوْ رُدُّوهَآ ۗ إِنَّ ٱللَّهَ كَانَ عَلَىٰ كُلِّ شَىْءٍ حَسِيبًا

Artinya: Apabila kamu diberi penghormatan dengan sesuatu penghormatan, maka balaslah penghormatan itu dengan yang lebih baik dari padanya, atau balaslah penghormatan itu (dengan yang serupa). Sesungguhnya Allah memperhitungkan segala sesuatu.

Lantas, bagaimana balasan ucapan dari selamat Hari Raya Idul Fitri 1442 H atau 2021? Berikut ini balasan ucapan lebaran yang bisa dijadikan referensi sebagaimana dikutip KabarLumajang.com dari YouTube Zainal Fikri Ibrahim.

1. Taqabbalallah Minna Wa Minkum

Balasan: Taqabbalallah Minna Wa Minkum (Semoga Allah menerima ibadah puasa dari kami dan darimu)

Atau dibalas dengan kalimat Allahumma Aamiin Minna Wa Minkum (Amin Ya Allah, semoga Allah menerima ibadah puasa dari kami dan darimu).

2. Ied Mubarak (Semoga hari rayanya penuh keberkahan)

Balasan: Allahu Yubariku Fiik (Semoga Allah Memberkatimu).

3. Minal Aidin Wal Faizin

Balasan: Minal Aidin Wal Faizin (Semoga termasuk orang-orang yang kembali dan menang).

Atau dibalas dengan kalimat Minas Salimiin Wal Gharimiin (Semoga termasuk orang yang sehat dan sukses).

4. Kullu ‘Aamin Wa Antum Bikhair (Semoga setiap tahun anda dalam keadaan baik).

Balasan: Wa Antum Bikhair Wa Bisihah Wa Bisalamah (Semoga Anda juga baik, sehat dan selamat).***

 

 

 

 

Editor : dhino

Sumber : dari berbagai sumber

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here