Menu

Mode Gelap
Bongkar Kotak Amal Masjid di Perumahan Arda Prabumulih, Dua Pemuda Ditangkap Miris! 3 Tahun Dianggarkan Milyaran Rupiah, Gedung Baru PDAM Tirta Prabujaya Belum juga Difungsikan Viral Aksi Ojol Prabumulih Gerak Cepat Tambal Jalan Berlubang, Warganet Ramai Sindir Pemerintah Diduga Pengedar Narkoba, Aji Malik Ditangkap BNNK Prabumulih Nyaris Dihakimi Warga, Maling Motor di Gunung Ibul Prabumulih Ini Diamankan Polisi

Nasional · 5 Okt 2021 WIB ·

Antisipasi Penyalahgunaan, Senpi Anggota Polisi Prabumulih Diperiksa


 Antisipasi Penyalahgunaan, Senpi Anggota Polisi Prabumulih Diperiksa (Foto: Ist/KSdotcom) Perbesar

Antisipasi Penyalahgunaan, Senpi Anggota Polisi Prabumulih Diperiksa (Foto: Ist/KSdotcom)

PRABUMULIH, KS – Kepolisian Resor (Polres) Prabumulih menggelar pemeriksaan dan pengecekan berkala senjata api (senpi) dinas yang dipegang oleh anggota jajarannya. Para polisi dari berbagai satuan terlihat berbaris antri melakukan pemeriksaan senpi.

Secara bergantian senpi para personel diperiksa unit Propam di halaman depan Mapolres Prabumulih, Selasa (5/9/2021). Kegiatan dadakan ini dipimpin Wakapolres Prabumulih, Kompol Mario Ivanry SE, serta didampingi Bidang Propam Polres Prabumulih.

“Pemeriksaan senjata api anggota ini merupakan susulan, karena waktu itu mereka belum sempat diperiksa karena ada tugas,” ucap Kompol Mario kepada awak media, Selasa (5/9/2021).

Pemeriksaan meliputi kelengkapan surat izin pinjam pakai senpi bagi personel Polri, kelengkapan amunisi serta kelayakan dan kebersihan senpi pun juga tak luput dari pemeriksaan.

Kompol Mario juga menuturkan, tidak hanya fisik dari senjata api yang diperiksa, tapi juga psikologi para anggota yang memiliki senjata api diperiksa. Pemeriksaan senpi tersebut sebagian besar dilakukan kepada anggotanya yang bertugas di lapangan atau bagian operasional.

“Apabila izinnya sudah tidak berlaku lagi maka dilakukan penarikan dan personil yang bersangkutan disarankan untuk kembali mengikuti tes psikologi sebagai syarat awal pengajuan pinjam pakai senpi dinas,” kata dia.

Wakapolres Prabumulih ini menambahkan dengan pemeriksaan berkala ini, pihaknya berharap anggota Polres Prabumulih dan Polsek jajaran bisa lebih bertanggung jawab. Baik itu keamanan serta penyimpanannya. Dan tak kalah penting pelanggaran penyalahgunaan senpi bisa dihindari.

“Untuk kali ini dari hasil pemeriksaan, tidak ditemukan pelanggaran oleh personel dan semua senpi dan amunisi dinas dalam keadaan terawat dan layak pakai serta siap menunjang kerja anggota di lapangan. Hanya ada dua yang izinnya habis,” pungkasnya. (dn)

Artikel ini telah dibaca 338 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

Survei Algoritma: Mayoritas Publik Enggan Pilih Partai Baru di 2024

25 Januari 2023 - 08:53 WIB

Resmi Dilantik AHY, Perempuan Demokrat Luncurkan PDRI Digital

25 Januari 2023 - 08:37 WIB

PERTAHANAN: DPR Dukung Angkatan Darat Perkuat Satuan Siber

24 Januari 2023 - 09:30 WIB

Pembangunan Digital: Lembaga Desa Digital Gelar Musyawarah Nasional II di Cigondewah

23 Januari 2023 - 15:02 WIB

HPN 2023: Tapanuli Utara Siap Sambut Ekspedisi Toba

22 Januari 2023 - 17:55 WIB

Lantik DPC Demokrat se-Sumsel, AHY Ingatkan Para Kader Harus Lebih Dekat dengan Rakyat

19 Januari 2023 - 19:40 WIB

Trending di Nasional