Menu

Mode Gelap
Bongkar Kotak Amal Masjid di Perumahan Arda Prabumulih, Dua Pemuda Ditangkap Miris! 3 Tahun Dianggarkan Milyaran Rupiah, Gedung Baru PDAM Tirta Prabujaya Belum juga Difungsikan Viral Aksi Ojol Prabumulih Gerak Cepat Tambal Jalan Berlubang, Warganet Ramai Sindir Pemerintah Diduga Pengedar Narkoba, Aji Malik Ditangkap BNNK Prabumulih Nyaris Dihakimi Warga, Maling Motor di Gunung Ibul Prabumulih Ini Diamankan Polisi

Lifestyle · 26 Des 2021 WIB ·

Anggota DPD RI Meninjau Eksotisme Taman EDAGI GIB Kota Prabumulih


 Anggota DPD RI Meninjau Eksotisme Taman EDAGI GIB Kota Prabumulih (Foto: Ist/KSdotcom) Perbesar

Anggota DPD RI Meninjau Eksotisme Taman EDAGI GIB Kota Prabumulih (Foto: Ist/KSdotcom)

PRABUMULIH, KS – Anggota Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD RI) Daerah Pemilihan (Dapil) Sumatera Selatan (Sumsel), Amaliah Sobli S.KG, M.B.A, mengunjungi Taman Edu Agro Ekologi Kelurahan Gunung Ibul Barat (GIB), Prabumulih Timur, Kota Prabumulih, Sabtu (25/12/2021).

Berbagai kegiatan mengedukasi masyarakat, khususnya warga sekitar sangat luar biasa nampak berada di taman EDAGI ini. Kunjungan dari pihak luar pun sangat diharapkan, hingga Road Map Program Kampung Iklim (Proklim) berkelanjutan dari pihak pusat diharapkan dapat menjadi panduan untuk lebih mengembangkan Proklim di Prabumulih.

Seperti halnya, kedatangan anggota DPD RI tersebut yang tentu menjadi kejutan tersendiri bagi pengurus taman maupun pihak pemerintah setempat. Hal ini diungkapkan oleh Joko Arif Trianto, Amd selaku Lurah Gunung Ibul Barat kepada awak media ini, Minggu (26/12/2021).

“Sangat luar biasa dan berterima kasih sekali dengan kedatangan ibu Amaliah Sobli, semoga dengan kedatangan beliau mampu mengangkat Taman EDAGI GIB agar lebih dikenal oleh masyarakat kalangan luas,” ungkapnya.

Menurutnya, saat situasi pandemi banyak membuat kegiatan menjadi terbatas. Tetapi dengan kreativitas dan inovasi yang terciptakan bersama masyarakat, memunculkan semangat gotong royong dan kebersamaan.

“Hasil tani warga sekitar juga dibeli oleh ibu Amaliah. Beliau juga sambil mengajak berbincang-bincang dengan warga, juga melihat-lihat aktivitas masyarakat di kebun-kebun sayuran disini,” ucap Arif sapaan akrabnya.

Hal inilah, sambung dia, mampu membangkitkan ekonomi di semua pihak, khususnya warga masyarakat Kelurahan GIB Kota Prabumulih dan harapannya hal ini dapat mendatangkan pengunjung dari luar.

“Kepada ibu Amaliah Sobli, kami juga sempatkan menitip pesan berharap kepada pihak kementerian yang dibidangi oleh ibu Amaliah bisa berkunjung ke Prabumulih khususnya kampung Proklim GIB,” imbuhnya.

Lebih jauh Arif menuturkan, dengan menyatukan seluruh elemen yang ada dan mau bekerja sama dalam pelestarian lingkungan hidup, taman ini mencerminkan kearifan lokal yang dikemas melalui berbagai tradisi, kreasi berinovasi, dan kebudayaan, sehingga sosial kemasyarakatan bisa terangkat.

“Pihak kementerian bisa melihat dulu kesini baru kita mapping bersama apa yang dibutuhkan masyarakat. Agar lebih berkembang lagi yang dapat meningkatkan ekonomi masyarakat,” harap Arif.

Sebelumnya, taman EDAGI GIB Kota Prabumulih telah menorehkan prestasi atas inisiatif, komitmen, dedikasi dan langkah nyata dalam upaya mitigasi perubahan iklim, berupa penghargaan Program Kampung Iklim (ProKlim) 2021 dari Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan. (dn)

Artikel ini telah dibaca 15 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

Penyuluhan Agama: Kemenag Prabumulih Sampaikan Amalan Di Bulan Rajab ke Warga Binaan Rutan

31 Januari 2023 - 17:50 WIB

Demokrat Prabumulih Buka Akses Jalan Kelurahan Anak Petai Menuju Gunung Kemala

29 Januari 2023 - 10:59 WIB

Besok! Podcast Perdana PWI BISA Hadirkan Pj Bupati Muba

24 Januari 2023 - 20:06 WIB

Ini Langkah Deni Victoria Usai Dilantik Jadi Ketua DPC Demokrat Prabumulih

21 Januari 2023 - 11:37 WIB

Bapas Palembang Lakukan Pendampingan Calon Asesor Asesmen Napi Rutan Kelas II B Prabumulih

20 Januari 2023 - 11:02 WIB

Berkas Dugaan Korupsi Dana Hibah Bawaslu Prabumulih P21, Tiga Tersangka Segera Diadili

19 Januari 2023 - 21:31 WIB

Trending di Hukum dan Kriminal