Wacana Pembentukan Kabupaten Baru Mengemuka, 5 Kecamatan Ingin Pisah Dari Muara Enim

 

MUARA ENIM, KS – Wacana pembentukan Daerah Otonomi Baru (DOB) di wilayah Kabupaten Muara Enim, Sumatera Selatan (sumsel) selain dikemukakan oleh tokoh yang saat ini sedang melakukan penggodokan pemekaran kabupaten baru bernama Gelumbang, juga muncul ide untuk pemekaran lima kecamatan lainnya yakni, Rambang Niru, Empat Petulai Dangku, Rambang, Lubai, dan Lubai Ulu.

Wacana pembentukan DOB itu diketahui setelah ada rencana pertemuan yang akan digelar oleh sejumlah tokoh masyarakat dan tokoh pemuda yang dilakukan pada Rabu (4/12/2019) sekira pukul 14.00 WIB mendatang.

Kegiatan tersebut juga akan dihadiri oleh Tokoh Rambang diantaranya, Prof. Amin Rejo, H Amat Tajuddin, Prof. Bandi Hermawan, Usman Firiansyah SH, Trisno Marhadi, H. Abson, H Juhardi, Drs Aris Mawan, Aswandi, Sutrisno lubai Ulu, Santo Kumar, Apri Amrullah SH, Drs MIdian, Ponto, H Umam Fajri, Muslim J.H, Mukhlis Trijaya, Yendi Finatra, Yudi Suhandi, Hengki Triansyah, Umar Salam, Feri Yanto, Indera Gerinam serta sejumlah tokoh pemuda lainnya.

“Insyaallah akan diadakan Urun Rembuk Awal. Kegiatan ini nanti akan mengkaji potensi Kabupaten Baru yang terdiri 5 Kecamatan yaitu Kecamatan Rambang Niru, Empat Petulai Dangku, Rambang, Lubai, dan Lubai Ulu. Untuk rencana pertemuan jam 14.00 hari Rabu tanggal 4 Des 2019 nanti, tentang tempat akan disampaikan H-1,” ungkap Usman Firiansyah SH, Minggu (1/12/2019).

Ia juga menyebutkan bahwa kelayakan pemekaran kabupaten baru tersebut sudah sepantasnya, mengingat semua potensi yang ada di lima kecamatan tersebut sudah memenuhi untuk menjadi sebuah Daerah Otonomi Baru (DOB).

“Demi percepatan kemakmuran masyarakat di lima kecamatan tersebut, kami berjuang dan berdoa untuk terbentuknya kabupaten baru. Sumber daya alam yang luar biasa banyak dan besar seperti; minyak bumi, gas, batubara, lahan perkebunan yang luas, potensi perikanan sungai dan potensi besar lainnya serta didukung oleh sumber daya manusia yang unggul,” katanya.

“Insyaallah juga ini bagian strategi dan langkah mengurangi kemiskinan. Pemerintah jauh akan lebih fokus mengurus masyarakat dalam bingkai Kabupaten Baru. Mari bersatu, berjuang tanpa lelah diiringi doa dengan mengedepankan taat aturan, demi kebaikan kita dan keturunan. Kabupaten Baru Go head,” tandasnya. (din)

2 thoughts on “Wacana Pembentukan Kabupaten Baru Mengemuka, 5 Kecamatan Ingin Pisah Dari Muara Enim

Tinggalkan Balasan